Language Acquisition Through Kitab Mabadi Fiqh in Pesantren Learning Across Traditional and Modern Eras
Abstract
References
Abadi, M. M. R. (2025). Pendekatan Cepat Memahami Kitab Ikhtisor Nahwiyyah: Dari Menghafal Menuju Pemahaman di Madrasah Diniyyah Al-Amiriyyah. Akhlak: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Filsafat, 2(1), 167–174.
Ahyar, H., Andriani, H., Sukmana, D. J., Hardani, S. P., MS, N. H. A., GC, B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., & Utami, E. F. (2020). Buku metode penelitian kualitatif & kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.
Aidil, P. (2024). PENERAPAN METODE HALAQAH DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN SUMATERA THAWALIB PARABEK. Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Aimah, S. (2020). PMA Muadalah sebagai Tantangan dan Peluang Meningkatkan Standar Pendidikan Pesantren. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 12(1), 58–71.
Al Ghifari, F. H. (2024). Guru dalam Pembelajaran di Era Digital. AN-NIBRAAS, 3(01), 32–44.
Aldzakhiroh, N., Nopriansyah, B., & Arifa, Z. (2024). Idārah Tanfīdz Barnāmaj Ta’līm Al Lughah Al-‘Arabiyah Litarqiyah Kafāah Al Lughah. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 7(2), 643–656.
Anwar, Khairul, Fahmi, K., & Hidayat, A. (2024). Implementasi Sistem Pembelajaran Kitab Kuning di Madrasah Aliyah Muallimin UNIVA Medan. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 98–112.
Anwar, Khoirul. (2021). Implementasi Nilai Nilai Pendidikan Islam Multikultural (Studi Multisitus tentang Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Pelita Hati Jember dan Sekolah Dasar Katolik Santo Yusuf Sukoreno).
Bahruddin, U., Ramadhan, M. F., & Bahruddin, W. (2021). Improvement of speaking skills through the use of Arabic as an introduction language. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(8), 2760–2768.
Dongoran, F. R. (2024). PARADIGMA PENDIDIKAN DI ERA DISRUPSI TEKNOLOGI Kajian tentang Perkembangan Teknologi, Tuntutan Kompetensi, Pergeseran Nilai-Nilai terhadap Pendidikan. umsu press.
Emzir, E. (2019). Metodologi penelitian pendidikan: kuantitatif dan kualitatif (Vol. 28). Rajawali Pers.
Fakhiroh, N., & Hikmah, K. (2023). Enhancing Arabic Language Proficiency in Islamic Boarding Schools: A Comprehensive Study. Indonesian Journal of Islamic Studies, 11(3).
Haris, M. A. (2023). Urgensi Digitalisasi Pendidikan Pesantren di Era Society 5.0 (Peluang dan Tantangannya di Pondok Pesantren Al-Amin Indramayu). Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(01), 49–64.
Hayuti, R., Mustar, S., & Putra, A. (2023). Implementasi Pembelajaran Fiqih dengan Menggunakan Kitab Kuning (Studi Kasus di Pondok Pesantren Miftahul Jannah Karang Jaya Selupu Rejang). Institut Agama Islam Negeri Curup.
Heryatun, Y., & Septiana, T. I. (2021). PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PROGRAM LITERASI DIGITAL BAGI USTADZ/USTADZAH Di Pondok Pesantren Modern Di Provinsi Banten.
Ikhsanudin, M., Millah, S., & Machali, I. (2013). Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi Pesantren: Studi pada Al-Ma’had Al-Aly Pondok Pesantren Situbondo, al-Munawwir Krapyak dan Wahid Hasyim Sleman. Jurnal An Nur, 5(2), 262–289.
Ilyas, I., Rasmi, M., & Rusydi, M. (2024). Improving Modern Pondok Students’ Arabic Language Skills in Indonesia: Language Institutions as Language Improvement Central. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(2), 1303–1313.
Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif: Teori, penerapan, dan riset nyata. Anak Hebat Indonesia.
Jundi, M., & Hasibuan, R. (2023). Enhancing Arabic language proficiency among students: A case study of language matriculation strategies at Al-Hasyimiyah Darul Ulum Sipaho Islamic Boarding School. Kilmatuna: Journal Of Arabic Education, 3(2), 114–129.
Kholifah, A. (2022). Strategi pendidikan pesantren menjawab tantangan sosial di era digital. Jurnal Basicedu, 6(3), 4967–4978.
Kholik, M. N. (2023). Learning Management System Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Madrasah Diniyah Wustho Darul Falah Sukorejo Ponorogo. IAIN Ponorogo.
Lubis, L., & OK, A. H. (2024). Pendidikan Islam Tradisional Dalam Transisi Dan Modernisasi Menurut Azyumardi Azra. Jurnal Sains Dan Teknologi, 6(1), 136–141.
Maghfurin, A., Husna, M. A., Cholid, N., & Mazlan, N. A. (2023). Enhancing Arabic Speaking Skills In Traditional Pesantren. Alsinatuna, 9(1), 16–28.
Malik, A. I. (2018). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Digital Maktabah Syâmilah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Kitab Turats Peserta Didik Kelas XII IPA-2 di SMA Rahmatul Asri Enrekang. IAIN Parepare.
Mohamad, J. (2023). PEMBELAJARAN AKHLAK BERBASIS KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM DI MTS BUSTHOMIYYAH BANTARSARI CILACAP. UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri Purwokerto.
Mubaligh, A., Sari, R. R., & Novitasari, E. D. (2022). Strategies to Improve Arabic Speaking Skills for Islamic Boarding School Students. Izdihar: Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 5(3), 251–264.
Nafisatur, R. (2023). Implementasi Pembelajaran Fiqih Menggunakan Terjemahan Kitab al-Mabadiul Fiqhiyah TPQ Khoirunnas Perumnas Way Kandis Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.
Nursya’ban, M. S. (2024). Transformasi Pembelajaran dari Metode Konvensional ke Metode Modern: Tantangan dan Peluang di Era Digital. Karimah Tauhid, 3(12).
Purwono, F. H., Ulya, A. U., Purnasari, N., & Juniatmoko, R. (2019). Metodologi Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan Mix Method). Guepedia.
Rahmawati, A., Hidayat, M. Y., & Nasution, S. (2025). Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab: Analisis Metode Tarkib Terjemah di Pondok Pesantren Tahfidz Al Habibi. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 6(1), 608–616.
Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.
Ratipah, R. (2024). IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN MENURUT IBNU KHALDUN DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS X MA YAJRI 2 PAKIS TAHUN PELAJARAN 2023/2024. UNDARIS.
Ritonga, M., Nurdianto, T., & Rahmawati, R. (2021). Strategies for improving Arabic language ability through language Environment: Phenomenology studies in Islamic boarding schools. Journal of Language and Linguistic Studies, 18(1).
Rizki, M. (n.d.). Implementasi Program Madrasah Diniyah Takmiliyah Manbaul Ulum dalam Menumbuhkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Jakarta. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Rohayana, A. D. (2019). Tantangan dan peluang pesantren: pasca undang-undang pesantren.
Romli, S. (2022). Pengembangan model pembelajaran aktif melalui metode small group discussion untuk meningkatkan pemahaman santri pada mata pelajaran kitab fathul mu’in di pondok pesantren Provinsi Riau. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Santika, D. M. (2023). Penerapan Syawir Dalam Pembelajaran Fikih Dengan Menggunakan Kitab Mabadi Fikih Di Pondok Pesantren Putri Al-Amin Hudatul Muna Jenes Brotonegaran Ponorogo. IAIN Ponorogo.
Satiadharmanto, D. F., & Rahman, Z. A. (2024). Transformasi Literasi Dalam Pesantren; Perspektif Pemikiran Islam Di Pesantren Al Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 190–212.
Setiyadi, A. C., Hidayah, N., Wahyudi, M., & Br Maha, M. (2023). Bī’ah Lughawiyah Programs in Arabic Language Learning to Improve Student’s Arabic Speaking Skills. Ta’lim Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 7(1), 29–46.
Suryani, K. (2022). Tantangan Dan Peluang Pendidikan Islam Di Pesantren Pada Era Disrupsi. Journal Multicultural of Islamic Education, 6(1), 23–35.
Taubah, M. (2023). Pendidikan Kitab Kuning: Jalan Menuju Karakter Moderat dan Menghadang Radikalisme. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 7(1), 587–596.
Tjendani, E. N., & Afandi, R. (2023). Teaching English Speaking Skill from Traditional Arabic Teaching Adaptation at Pesantren. Linguapedia, 7(2), 51–62.
Umam, R., & Quthny, A. Y. A. (2023). Bacaan Basmalah Dalam Sholat Perspektif Ulama Madzhab Empat. AL-MUQARANAH, 1(2), 95–106.
Vebri, L. (2021). Pengaruh Kemampuan Membaca Kitab Kuning Terhadap Hasil Belajar Fiqih Santri Kelas Tiga (Ibtida’Tsalits) Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum. IAIN Metro.
Wahyuni, I. (2018). Tantangan dan Peluang Pengembangan Keterampilan Bahasa Arab Komunikatif di Pesantren Modern Gontor Putri 4 Sulawesi Tenggara. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 6(1), 67–84.
Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media.
ZAHRA, N. U. R. A. (2024). PEMBELAJARAN FIQIH MENGGUNAKAN KITAB AL-MABADI’AL-FIQHIYAH DI KELAS ULYA MADRASAH DINIYAH ALBASYAR SUMBERAGUNG KECAMATAN AMBARAWA KABUPATEN PRINGSEWU. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
Zulaihah, D. (2020). NILAI-NILAI PENDIDIKAN PESANTREN MELALUI TRADISI “RO’AN” DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM BLOKAGUNG BANYUWANGI SKRIPSI.
Mardhotillah, F. R. M. (2021). Penerapan Metode Sorogan Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Gramatikal Bahasa Arab. In International Conference of Students on Arabic Language (Vol. 5, pp. 53-60).
Sutarjo, J., Rahmi, N., Ekawati, D., & Wulandari, N. (2021). Akuisisi Bahasa Arab Santri Pondok Pesantren Madinah Karya Tani Lampung Timur. An Nabighoh, 23(2), 209-222.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/af.v24i1.36534
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office Board
Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. KH. Ahmad Dahlan, No. 94 Kode Pos : 28129.
Contact Person :
Khairunnas Jamal
khairunnasjamal@uin-suska.ac.id
0823 6130 7171

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats