Penggunaan Personalized Laerning dalam Pembelajaran PAI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Penggunaan Personalized Learning Dalam Pembelajaran PAI. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam tulisan ini adalah studi kepustakaan (libraryresearch), yaitu dengan mengumpulkan data dari artikel- artikel dan buku-buku yang berkaitan dengan Penggunaan Personalized Learning Dalam Pembelajaran PAI. Metode Analisis yang digunakan analisis deskriptif. Analisis deskriptif merupakan sebuah bentuk analisis yang berupa penjelasan dan mengeksplorasi ide-ide utama yang berkenan dengan topik yang dibahas. Adapun hasil penelitian ini adalah Personalized Learning Dalam Pembelajaran PAI bukanlah sebuah ancaman, melainkan ia bisa diintegrasikan kedalam praktik pembelajaran pendidikan agama Islam sehingga pembelajaran pendidikan agama Islam tidak monoton dan membosankan. Praktik pembelajaran pendidikan agama Islam yang keratif dan inovatif akan sangat berdampak pada pembentukan pemahaman peserta didik tentang iman Islam. Jika pemahaman atau insight ini sudah terbentuk dengan baik, maka tentu hal ini akan berdampak pada pembentukan spritualitasnya. Personalized Learning sangat berpengaruh besar dalam pengembangan teknologi pembelajaran. Berkat Personalized Learning, pekerjaan guru menjadi lebih mudah dan siswa semakin interaktif dalam pembelajaran. Dalam praktik pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dibutuhkan Personalized Learning untuk membantu guru-guru agama Islam dalam mengembangkan kegiatan belajar mengajarnya. Guru-guru agama Islam harus berusaha menguasai teknologi pembelajaran agar pembelajarannya inovatif dan kreatif. Jadi guru Islam tidak hanya mengajar dengan metode ceramah saja, melainkan guru juga harus mengajar dengan menggunakan berbagai perangkat teknologi sebagai media dalam pembelajarannya. Pembelajaran yang menarik dan kreatif akan setimpal dengan hasil belajar murid.
TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBackFull Text:
PDFReferences
Andrian, Y., & Rusman, R. (2019). Implementasi pembelajaran abad 21 dalam kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1), 14–23. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20116
Aziz, A. (2022). Strategi Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam di Era Industri 4.0 dan Society 5.0. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(1), 20–35. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i1.597
Beauchamp, G. A. (1975). George A. Beauchamp - Curriculum Theory (1975, The Kagg Press).pdf (p. 216216). The KAGG Pres.
Dani, Hasan, R. (2022). Studi Literature terhadap Personalized System of Instruction dan Media 3d Sketchup dalam Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Konstruksi. Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 8(1), 5122.
Diah Rusmala Dewi. (2019). Pengembangan Kurikulum Di Indonesia Dalam Menghadapi Tuntutan Abad Ke-21. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 1–22. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.123
Education, F. O. F. E., Supervisor, T., & Supervisor, S. (2018). The Future of E-Learning in Higher Education.
Erham Budi Wiranto, S. S. U. (2022). Artificial Intelligence and …. Mind, Machine, and Metaphor, 64–87. https://doi.org/10.4324/9780429038075-2
Gultom, U. A., & Yogyakarta, U. N. (2021). Adaptasi Kurikulum di Era Perkembangan Teknologi Informasi. Prosiding Seminar Nasional Salingdidik, June, 17.
Imawan, M., Pettalongi, A., & Nurdin, N. (2023). Pengaruh Teknologi Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik Di Era. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society 5.0 (KIIIES 5.0) Pascasarjana Universitas Islam Negeri Datokarama Palu 2023, 0, 323–328.
Koesnandar, A. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Sesuai Kurikulum 2013. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 33. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p33--61
Kulik, J. A., Kulik, C. C., Cohen, P. A., Kulik, J. A., Kulik, C. C., & Cohen, P. A. (2010). Effectiveness of Computer-based College Teaching : A Meta-analysis of Findings. 50(4), 525–544.
Lestari, A. S. (2014). PemanfaatanTeknologi Informasi dalam Pendidikan Karakter. Shautut Tarbiyah, XX(November), 1–20.
Mufdalifah. (2014). Personalized Learning Dan Multimedia Berbasis Komputer Masih Perlukah Guru. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 50–57.
Mulianingsih, F., Anwar, K., Shintasiwi, F. A., & Rahma, A. J. (2020). Artificial Intellegence Dengan Pembentukan Nilai Dan Karakter Di Bidang Pendidikan. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 4(2), 148. https://doi.org/10.21043/ji.v4i2.8625
Muslimin, N. (2016). Inovasi kurikulum dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Ta’allum, 04(01), 43–61. http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/taalum/article/view/365
Myende, P. E., Samuel, M. A., & Pillay, A. (2018). Novice rural principals’ successful leadership practices in financial management: Multiple accountabilities. South African Journal of Education, 38(2), 1–11. https://doi.org/10.15700/saje.v38n2a1447
Nurdyansyah, & Riananda, L. (2016). Developing ICT-Based Learning Model to Improve Learning Outcomes IPA of SD Fish Market in Sidoarjo. Proceedings of International Research Clinic & Scientific Publications of Educational Technology, 1(2), 929–940. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jtp/article/view/1137/781
Ridwan, A. (2023). Isu Kontemporer Pendidikan Agama Islam Di Era Digitalisasi. Proceeding International Seminar on Islamic Studies, 4, 9.
Rofiq, M. N., Model, M., Melalui, P., Tetap, D., Tinggi, S., Islam, A., & Jember, A. A. K. (2011). MENGGAGAS MODEL PEMBELAJARAN. Jurnal Falasifa, 2(2), 97–106.
Sawaluddin, Koiy Syahbudin, Imran Rido, S. R. (2022). Creativity on Student Learning Outcomes in Al-Quran Hadith Subjects. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(2), 257–263. https://doi.org/10.46843/jiecr.v3i2.106
Suciati, S., Faridi, A., Mujiyanto, J., & Arifani, Y. (2023). Artificial Intelligence Application dalam Pembelajaran Speaking: Persepsi dan Solusi. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 1111–1115. http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes
Suhadak. (2021). Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam di Era Society 5.0. Proceeding International Seminar on Islamic Education and Peace, 1, 507–512. https://doi.org/10.2307/2320356
Sutjipto, Nf. (2016). Pengembangan Kurikulum Dengan Memanfaatkan Teknologi Informasi Dan Kumunikasi, Suatu Gagasan. Jurnal Kwangsan, 4(2), 119. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v4i2.90
Syarifuddin, S. (2020). Bimbingan Penggunaan Google Form Untuk Pembelajaran IPS Pada Madrasah di Banua Enam. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 9(1), 45–58. https://journal.iainbengkulu.ac.id/index.php/manhaj/article/view/3002
Tugino, Munadi, M., & Khuriyah. (2023). Pengaplikasian Teknologi Digital dalam Pembelajaran PAI dan Bahasa Arab. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 78.
Wilkin, P., & Boudeau, C. (2015). Public participation and public services in British liberal democracy: Colin Ward’s anarchist critique. Environment and Planning C: Government and Policy, 33(6), 1325–1343. https://doi.org/10.1068/c1367
Yuliana, Y. (2019). Inovasi Pembelajaran Melalui Teknologi Informasi: Pengembangan Model Pembelajaran Melalui Internet. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(1), 119–132. https://doi.org/10.15575/isema.v4i1.5179
Zubairi. (2022). Sistem Pendidikan Agama Islam. International Conference and Visiting Scholars 2022 INSURI Ponorogo > Universiti Sains Malaysia, 1–20.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/af.v23i2.27692
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office Board
Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. KH. Ahmad Dahlan, No. 94 Kode Pos : 28129.
Contact Person :
Khairunnas Jamal
khairunnasjamal@uin-suska.ac.id
0823 6130 7171
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats