Relevansi Konsep Metode Pembelajaran Ibnu Sina pada Pembelajaran PAI di Era Modern

Herlini Puspika Sari, Yuliharti Yuliharti, Zaitun Zaitun

Abstract


Penelitian ini membahas bidang pendidikan yakni tentang konsep metode pembelajaran Ibnu Sina dan relevansinya pada pembelajaran PAI di era modern. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaaan dengan metode pengumpulan data melalui literatur-literatur dan bacaan yang terkait dengan pembahasan beserta metode analisis data dengan analisis isi. Metode analisis yang dipakai untuk pengkajian tulisan ini ialah kualitatif melalui teknik analisis mendalami yang kemudian karya atau hasilnya disajikan dalam bentuk deskripsi. Hasil dari pengkajian ini adalah konsep pendidikan Ibnu Sina memiliki beberapa metode pembelajaran, antara lain metode talqin, demonstrasi, pembiasaan serta keteladanan, diskusi, magang, penugasan, tarhib dan targhib. Pemikiran tentang konsep metode pembelajaran dari Filsuf ini sesuai terhadap pendidikan Islam terkhusus dalam ranah metode pembelajaran PAI di era modern ini, yang mana pada dasarnya dengan metode yang baik terdebut maka tujuan dari pendidikan Islam dapat lebih mudah dicapai.TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Full Text:

PDF

References


Abuddin Nata. (2004). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Al-Abrasyi, M. A. (1994). Al-Tarbiyah AlIslamiyah wa Falasifatuna. Sumbagsih Offset.

Ali, Y. (1991). Perkembangan Pemikiran Bumi, Falsafi dalam Islam. Aksara.

Dea Tara Ningtyas & dkk. (2017). Perkembangan Pendidikan Islam dari Masa Klasik hingga Kontemporer. Diandra Kreatif.

Islam, U., & Sunan, N. (2019). RELEVANSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN IBNU SINA PADA PENDIDIKAN MASA KINI. 6(2), 142–156. https://doi.org/10.17509/t.v6i2.

Islamic, C. (2022). Konsep Pembelajaran Pendidikan Islam Prespektif Pemikiran Ibnu Sina.

Mahmud. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Pustaka Setia.

Maragustam. (2016). Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter Menghadapi Arus Global. Kurnia Alam Semesta.

Maragustam Siregar. (2020). Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter. Pascasarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.

Nasution, H. (2002). Filsafat Islam. Gaya Media Pratama.

Noorzanah. (2017). Konsep Kurikulum Dalam Pendidikan Islam. Konsep Kurikulum Dalam Pendidikan Islam, 15(28), 68–74.

Rahman, F., & Wahyuningtyas, A. (2023). Konsep dan Tujuan Pendidikan Islam Menurut Ibnu Sina dalam Membangun Karakter Siswa di Era Digitalisasi. 05(02), 2353–2368.

Rasyid, I. (2019). Konsep Pendidikan Ibnu Sina tentang Tujuan Pendidikan , Kurikulum , Metode Pembelajaran , dan Guru Ibn Sina ’ s Educational Concept of Educational Objectives , Curriculum , Learning Methods , and Teachers. 18(1), 779–790.

Rohman, M. (n.d.). KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT IBN SINA DAN RELEVANSINYA DENGAN.

S Kurniawan, E. M. (2011). Jejak Pemikiran Tokoh Pemikiran Islam. Ar-Ruzz Media.

Stit, A., Nusantara, P., & Ntb, L. (2020). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI. 2, 206–229.

Sugiono. (2008). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.

Supriyadi, D. (2009). Pengantar Filsafat Islam (Pustaka Se).

Syamsul Kurniawan & Erwin Mahrus. (2011). Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. Ar-Ruzz Media.

Udayani, R. (2021). Relevansi Pemikiran Ibnu Sina Terhadap Pendidikan di Era Modern. 79–94.

Zainal Arifin & Moh. Hasyim Afandi. (2019). Reformasi Pendidikan Islam dan Implikasinya Prespektif Pemikiran Pendidikan Filsuf Islam. Ats-Tsaqofi, 1(2).

Zar, S. (2007). Filsafat Islam: Filosof dan Filsafatnya. PT Rajagrafindo Persada.

http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tsaqofi/article/view/3786

Giantara, F., & Astuti, A. (2020). Kemampuan Guru Matematika Mempertahankan Substansi Materi Melalui Proses Pembelajaran Online. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 787-796.

Nahwiyah, S., Mualif, A., Haironi, R., Mailani, I., & Wismanto, W. (2023). Peran Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an pada Mahasiswa Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Riau. Journal on Education, 5(3), 9573-9583.

Mujtahid, I. M., Berlian, M., Vebrianto, R., Thahir, M., & Irawan, D. (2021). The development of digital age literacy: A case study in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 1169-1179.

Nopriyanti, W. (2020). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 001 Pasar Baru Pangean. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 2(2), 184-201.

Giantara, F., Yanti, N., Handayani, S., & Anis, Y. (2020). Pola Pendidikan keluarga Saat Bencana Kabut Asap di Kota Pekanbaru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 778-786.

Giantara, F. (2020). Analisis Data (Kualitatif, Kuantitatif, Metode Campuran, dan Penelitian Tindakan). Pekanbaru: LPPM STAI Diniyah Pekanbaru.

Berlian, M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Development of Webtoon Non-Test Instrument as Education Media. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 185-192.

Amiliya, R., & Giantara, F. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 4(2), 116-125.

Giantara, F., & Amiliya, R. (2021). Urgensi Kebijakan Pendidikan Islam sebagai bagian dari Kebijakan Publik (Analisis Teoretis). Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 86-96.

Radeswandri, R., Budiawan, A., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Developing instrument to measure the use of online comic as educational media. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(1), 119-126.

Berlian, M., Mujtahid, I. M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Profil Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Era Covid-19: Studi Kasus di Universitas Terbuka. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 77-84.

Syahbudin, Z., Ahmad, R. R. M. R., Zein, N., & Thahir, M. (2023). Developing Students’religious Moderation Through Group Counseling at Islamic Higher Education. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 15-28.

Amri, K., Riyantini, S., Hasri, S., & Sohiron, S. (2022). Starategi Pengembangan Mutu dan Akreditasi Di Madrasah Dalam Menghadapi Revolusi 5.0. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 172-182.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/af.v22i2.25806

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office Board

Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. KH. Ahmad Dahlan, No. 94 Kode Pos : 28129.

 

Contact Person :

Khairunnas Jamal

khairunnasjamal@uin-suska.ac.id

0823 6130 7171

  

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats