Kontribusi Pemikiran Ibnu Jinni dalam Epistemologi Ilmu Nahwu: Studi Kitab Al-Khasa’is
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Afandi, Z. (2009). IBNU JINNĪ MENEMBUS SEKAT MAZHAB LINGUISTIK (Memadukan Aspek Logis dan Sosiologis). Adabiyyāt: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 8(1), 49. https://doi.org/10.14421/ajbs.2009.08103
Arifuddin. (2013). Pemikiran-Pemikiran Fonetik Ibnu Jinni. Cmes, VI(2), 146–163.
Bariyyah, I. K., & Aan, M. (2020). Linguistik di Dunia Arab (Studi Pemikiran Ibnu Jinni). Munasba : Multaqo Nasional Bahasa Arab, VI, 538–551.
Gani, S. (2016). Al-Qiyas Dalam Usul Al-Nahwi. Al-‘AJAMI,Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 05(1), 1–12.
Hakim, A. R. (2013). Jurnal al-Maqoyis, vol. 1 No. 1, Jan-Juli 2013 Mempermudah Pembelajaran Ilmu Nahwu pada abad 20 Oleh: Arif Rahman Hakim. 1(1).
Husein Mahmud, D. M. (n.d.). Al-Madrasah Al-Baghdadiyyah fii Tarikh An-Nahw Al-‘Araby. Dar ’Ummar.
Ibnu, J. (2008). Al-Khasa’is. Daarul Hadist.
Jinni, I. (1952). Al-Khasa’is (Muhammad ’Ali Najjar, Ed.).
Kamal, M. (2021). Mazhab- Mazhab Sintaksis Bahasa Arab “ Nahwu ” (Basrah, Kufah, Bagdad, Andalusia, Mesir). Bina Ilmu Cendekia, 3(1), 172–176.
Mashlahi, R. (2022). IJTIHAADAAT IBNU JINNI FII USHUL AL-NAHWI FII AL-KHASA’IS (1st ed.). Markaz Fatimah Al-Fahriyyah lil Abhaast wa ad-diraasat.
Muhyiddin, L. (2013). Konsep Al-Qiyas Ibn Jinny. At-Ta’dib, 8(1). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v8i1.516
Ponny, M. R. (2022). Linguistik Dalam Perspektif Ibnu Jinni Dan Ferdinand De Saussure. Al-Mashadir, 2(01), 40–56. https://doi.org/10.30984/almashadir.v2i01.251
Rini, R. (2019). Ushul al-Nahwi al-Arabi: Kajian Tentang Landasan Ilmu Nahwu. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 3(1), 145. https://doi.org/10.29240/jba.v3i1.773
Sharari, K. S. A.-. (2022). Predilection of Grammarians: An analytical study. 63(6), 63–80.
Susiawati, W. (2015). Lafazh Dan Makna Dalam Perspektif Pemikiran Linguistik Ibn Jinni. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(2), 167–177. https://doi.org/10.15408/a.v2i2.2133
Taufik, S. Ag., M.A, T. S. Ag. , M. A. (2020). Mazhab-Mazhab Ilmu Nahwu Dalam Sastra Arab Klasik. AL-AF’IDAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Pengajarannya, 4(1), 65–87. https://doi.org/10.52266/al-afidah.v4i1.498
Thoriqussu’ud, M. (2015). Al- Sama’: Kajian Epistemologi Ilmu Nahwu. Jurnal Pusaka, 3(1), 49–64.
Wahyudi, H., Hidayat, H., & Hakim, S. W. (2020). Pemikiran Gramatikal Bahasa Arab Oleh Linguistik Arab (Studi Tokoh Lintas Madzhab Nahwu). Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman, 19(1), 113–128. https://doi.org/10.24014/af.v19i1.10235
Giantara, F., & Astuti, A. (2020). Kemampuan Guru Matematika Mempertahankan Substansi Materi Melalui Proses Pembelajaran Online. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 787-796.
Nahwiyah, S., Mualif, A., Haironi, R., Mailani, I., & Wismanto, W. (2023). Peran Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an pada Mahasiswa Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Riau. Journal on Education, 5(3), 9573-9583.
Mujtahid, I. M., Berlian, M., Vebrianto, R., Thahir, M., & Irawan, D. (2021). The development of digital age literacy: A case study in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 1169-1179.
Nopriyanti, W. (2020). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 001 Pasar Baru Pangean. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 2(2), 184-201.
Giantara, F., Yanti, N., Handayani, S., & Anis, Y. (2020). Pola Pendidikan keluarga Saat Bencana Kabut Asap di Kota Pekanbaru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 778-786.
Giantara, F. (2020). Analisis Data (Kualitatif, Kuantitatif, Metode Campuran, dan Penelitian Tindakan). Pekanbaru: LPPM STAI Diniyah Pekanbaru.
Berlian, M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Development of Webtoon Non-Test Instrument as Education Media. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 185-192.
Amiliya, R., & Giantara, F. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 4(2), 116-125.
Giantara, F., & Amiliya, R. (2021). Urgensi Kebijakan Pendidikan Islam sebagai bagian dari Kebijakan Publik (Analisis Teoretis). Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 86-96.
Radeswandri, R., Budiawan, A., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Developing instrument to measure the use of online comic as educational media. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(1), 119-126.
Berlian, M., Mujtahid, I. M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Profil Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Era Covid-19: Studi Kasus di Universitas Terbuka. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 77-84.
Syahbudin, Z., Ahmad, R. R. M. R., Zein, N., & Thahir, M. (2023). Developing Students’religious Moderation Through Group Counseling at Islamic Higher Education. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 15-28.
Amri, K., Riyantini, S., Hasri, S., & Sohiron, S. (2022). Starategi Pengembangan Mutu dan Akreditasi Di Madrasah Dalam Menghadapi Revolusi 5.0. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 172-182.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/af.v22i2.23357
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office Board
Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. KH. Ahmad Dahlan, No. 94 Kode Pos : 28129.
Contact Person :
Khairunnas Jamal
khairunnasjamal@uin-suska.ac.id
0823 6130 7171
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats