Pemikiran Ibn Hazm tentang Al-Takaful Al-Ijtima’i sebagai Sarana Kesejahteraan Ekonomi
Abstract
Abstrak: Ibn Hazm (994-1064 M) dalam sejarah adalah salah seorang ulama besar dan ilmuwan cerdas, dan sangat produktif dalam menorehkan berbagai karya tulis ilmiah, menyebabkan kontribusi dan warisan pemikiran-pemikiran keislamannya, hangat menjadi perbincangan di dunia Islam pada masanya, terutama sejak pada abad ke-10 Masehi. Pada mulanya femiliar sebagai sosok ulama menguasai debat bidang pemikiran muqaran al-Adyan (Perbandingan Agama), namun dalam perkembangan seiring pengembaraannya di bidang keillmuan, pada gilirannya menguasai multi disiplin keilmuan, di antaranya bidang kajian-kajian fikih (hukum Islam) dan ushul al-Fiqh ( metodologi hukum Islam), termasuk dalam hal ini pemikiran yang berhubungan dengan substansi hukum-hukum sosial ekonomi syariah. Khazanah pemikiran-pemikiran pada masanya, senantiasa ditulis dalam bentuk artikel untuk didiskusikan dan mayoritas dalam bentuk berbagai kitab-kitab klasik. Hal tersebut memberikan isyarat, bahwa kreasi dan inovasi serta sumbangsih multi keilmuan dan warisan pemikiran-pemikiran keislaman Ibn Hazm, tidak dapat dinafikan dalam kajian akademisi bahwa merupakan kontribusi besar dalam mengiringi disatu sisi perkembangan pemikiran hukum-hukum sosial ekonomi syariah itu sendiri.
Kata kunci: Pemikiran Ibn Hazm, al-Takaful al-Ijtima’i dan Kesejahteraan Ekonomi.
This page is in Indonesian Translate to English
- Afrikaans
- Albanian
- Amharic
- Arabic
- Armenian
- Azerbaijani
- Bengali
- Bulgarian
- Catalan
- Croatian
- Czech
- Danish
- Dutch
- English
- Estonian
- Finnish
- French
- German
- Greek
- Gujarati
- Haitian Creole
- Hebrew
- Hindi
- Hungarian
- Icelandic
- Indonesian
- Italian
- Japanese
- Kannada
- Kazakh
- Khmer
- Korean
- Kurdish (Kurmanji)
- Lao
- Latvian
- Lithuanian
- Malagasy
- Malay
- Malayalam
- Maltese
- Maori
- Marathi
- Myanmar (Burmese)
- Nepali
- Norwegian
- Pashto
- Persian
- Polish
- Portuguese
- Punjabi
- Romanian
- Russian
- Samoan
- Simplified Chinese
- Slovak
- Slovenian
- Spanish
- Swedish
- Tamil
- Telugu
- Thai
- Traditional Chinese
- Turkish
- Ukrainian
- Urdu
- Vietnamese
- Welsh
Never translate Indonesian
Never translate ejournal.uin-suska.ac.idTRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Al-Qardawi, Y. (1987). Ijtihad Dalam Hukum Islam, terjemahan Ahmad Syathari, Jakarta: Bulan Bintang.
Amin, A. (1977). Etika, terjemahan Farid Ma’ruf, edisi 2, Jakarta: Bulan Bintang.
Azizy, A, (2002), Pendidikan Agama Untuk Membangun Etika Sosial, Semarang: CV. Aneka Ilmu.
Bardansyah, Y. (2008). Pembentukan Karakter (Ringkasan Penelitian), Pekanbaru: LPP Fakutas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau.
Dewan Redaksi, (1994), Ensiklopedi Islam, edisi 3. Jakarta: Iktiar Baru Van Hoeve.
Harahap, Syahrin, 2005, Penegakan Moral Akademik di Dalam dan di Luar Kampus, edisi 1, Jakarta: PT. GrafindoPersada.
Halim, Abdul (ed), (2001), Teologi Islam Rasional, edisi 1, Jakarta: Ciputat Press.
Harian Riau Pos, 27 Desember 2007, Pekanbaru.
Ibn Miskawaih, (1977), Tahzib al-Akhlak, terjemahan Helmi Hidayat, edisi 3, Bandung: Mizan.
Ibn Hazm, (1978), Al-Ihkam Fi Ushul al-Ahkam, Jilid I, tahkik Muhammad Ahmad Abdul Aziz, Cairo: Maktabah ‘Athif.
Muhmidayeli, (2007), Teori-teori Pengembangan Sumber Daya Manusia, edisi 1, Pekanbaru: Program Pascasarjana UIN Suska dan LSFK2P.
Muhaimin, (2009), Rekonstruksi Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nasution, Harun, (1996), Islam Rasional Gagasan dan Pemikiran, edisi 4, Bandung: Mizan.
Nasution, Harun, (1986), Teologi Islam Aliran-aliran Sejarah Analisa Perbandingan, edisi 5, Jakarta: UI Press.
Nasution, Harun, (1979), Akal dan Wahyu Dalam Islam, edisi 2, Jakarta: UI Press.
Nasution, Harun, (1979), Islam Ditinjau Dari Berbagai Aspeknya, Jilid 2, Jakarta: UI Press.
Nata, Abuddin, (2000), Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, edisi 1, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Nata, Abuddin, (1995), Ilmu Kalam, Filsafat dan Tasawuf, edisi 3, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Rachman, Budhy Munawar (penyunting), (2019), Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Living Values Education, edisi 1, Jakarta; the Asia Foundation.
Rusyan, A.Tabrani, dkk, tt, Pendidikan Budi Pekerti, Jakarta: PT. Intimedia Cipta Nusantara.
Suminto, Aquib, dkk, (1989), Refleksi Pebaharuan Pemikiran Islam, edisi 1, Jakarta: Guna Aksara.
Salam, Burhanuddin, (2000), Etika Individual Pola Dasar Filsafat Moral, edisi 1, Jakarta: Rineka Cipta.
Syaukani, Ahmad, (2001), Perkembangan Pemikiran Modern di Dunia Islam, Bandung: Pustaka Setia.
Umar, H.M. Hasbi, (2007), Nalar Fiqih Kontemporer, edisi 1, Jakarta: Gaung Persada Press.
Undang-undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan, (2006), Jakarta: Dirjend. Pendidikan Islam Depag. RI.
Zuriah, Nurul, (2007), Pendidikan Moral & Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan, edisi 1, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Giantara, F., & Astuti, A. (2020). Kemampuan Guru Matematika Mempertahankan Substansi Materi Melalui Proses Pembelajaran Online. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 787-796.
Nahwiyah, S., Mualif, A., Haironi, R., Mailani, I., & Wismanto, W. (2023). Peran Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an pada Mahasiswa Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Riau. Journal on Education, 5(3), 9573-9583.
Mujtahid, I. M., Berlian, M., Vebrianto, R., Thahir, M., & Irawan, D. (2021). The development of digital age literacy: A case study in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 1169-1179.
Nopriyanti, W. (2020). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 001 Pasar Baru Pangean. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 2(2), 184-201.
Giantara, F., Yanti, N., Handayani, S., & Anis, Y. (2020). Pola Pendidikan keluarga Saat Bencana Kabut Asap di Kota Pekanbaru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 778-786.
Giantara, F. (2020). Analisis Data (Kualitatif, Kuantitatif, Metode Campuran, dan Penelitian Tindakan). Pekanbaru: LPPM STAI Diniyah Pekanbaru.
Berlian, M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Development of Webtoon Non-Test Instrument as Education Media. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 185-192.
Amiliya, R., & Giantara, F. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 4(2), 116-125.
Giantara, F., & Amiliya, R. (2021). Urgensi Kebijakan Pendidikan Islam sebagai bagian dari Kebijakan Publik (Analisis Teoretis). Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 86-96.
Radeswandri, R., Budiawan, A., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Developing instrument to measure the use of online comic as educational media. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(1), 119-126.
Berlian, M., Mujtahid, I. M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Profil Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Era Covid-19: Studi Kasus di Universitas Terbuka. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 77-84.
Syahbudin, Z., Ahmad, R. R. M. R., Zein, N., & Thahir, M. (2023). Developing Students’religious Moderation Through Group Counseling at Islamic Higher Education. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 15-28.
Amri, K., Riyantini, S., Hasri, S., & Sohiron, S. (2022). Starategi Pengembangan Mutu dan Akreditasi Di Madrasah Dalam Menghadapi Revolusi 5.0. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 172-182.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/af.v21i2.16318
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office Board
Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. KH. Ahmad Dahlan, No. 94 Kode Pos : 28129.
Contact Person :
Khairunnas Jamal
khairunnasjamal@uin-suska.ac.id
0823 6130 7171
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats