Pemikiran Ibn Hazm tentang Al-Takaful Al-Ijtima’i sebagai Sarana Kesejahteraan Ekonomi

Syafi’ah Syafi’ah, Muh. Said

Abstract


Abstrak:  Ibn Hazm (994-1064 M) dalam sejarah adalah salah seorang ulama besar dan ilmuwan cerdas, dan sangat produktif dalam menorehkan berbagai karya tulis ilmiah, menyebabkan kontribusi dan warisan pemikiran-pemikiran keislamannya, hangat menjadi perbincangan di dunia Islam pada masanya, terutama sejak pada abad ke-10 Masehi. Pada mulanya femiliar  sebagai sosok ulama menguasai debat bidang pemikiran muqaran al-Adyan (Perbandingan Agama), namun dalam perkembangan seiring  pengembaraannya di bidang keillmuan, pada gilirannya menguasai multi disiplin keilmuan, di antaranya bidang kajian-kajian fikih (hukum Islam) dan ushul al-Fiqh ( metodologi hukum Islam), termasuk dalam hal ini pemikiran yang berhubungan dengan substansi hukum-hukum sosial ekonomi syariah. Khazanah pemikiran-pemikiran pada masanya, senantiasa ditulis dalam bentuk artikel untuk didiskusikan dan mayoritas dalam bentuk berbagai kitab-kitab klasik. Hal tersebut memberikan isyarat, bahwa kreasi dan inovasi serta sumbangsih multi keilmuan dan warisan pemikiran-pemikiran keislaman Ibn Hazm, tidak dapat dinafikan dalam kajian akademisi bahwa merupakan kontribusi besar dalam mengiringi disatu sisi perkembangan pemikiran hukum-hukum sosial ekonomi syariah itu sendiri.                                                       

            Kata kunci:  Pemikiran Ibn Hazm, al-Takaful al-Ijtima’i dan Kesejahteraan Ekonomi.

 

    This page is in Indonesian Translate to English    
  • Afrikaans
  • Albanian
  • Amharic
  • Arabic
  • Armenian
  • Azerbaijani
  • Bengali
  • Bulgarian
  • Catalan
  • Croatian
  • Czech
  • Danish
  • Dutch
  • English
  • Estonian
  • Finnish
  • French
  • German
  • Greek
  • Gujarati
  • Haitian Creole
  • Hebrew
  • Hindi
  • Hungarian
  • Icelandic
  • Indonesian
  • Italian
  • Japanese
  • Kannada
  • Kazakh
  • Khmer
  • Korean
  • Kurdish (Kurmanji)
  • Lao
  • Latvian
  • Lithuanian
  • Malagasy
  • Malay
  • Malayalam
  • Maltese
  • Maori
  • Marathi
  • Myanmar (Burmese)
  • Nepali
  • Norwegian
  • Pashto
  • Persian
  • Polish
  • Portuguese
  • Punjabi
  • Romanian
  • Russian
  • Samoan
  • Simplified Chinese
  • Slovak
  • Slovenian
  • Spanish
  • Swedish
  • Tamil
  • Telugu
  • Thai
  • Traditional Chinese
  • Turkish
  • Ukrainian
  • Urdu
  • Vietnamese
  • Welsh
 Always translate Indonesian to EnglishPRO
Never translate Indonesian
Never translate ejournal.uin-suska.ac.idTRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

References


Al-Qardawi, Y. (1987). Ijtihad Dalam Hukum Islam, terjemahan Ahmad Syathari, Jakarta: Bulan Bintang.

Amin, A. (1977). Etika, terjemahan Farid Ma’ruf, edisi 2, Jakarta: Bulan Bintang.

Azizy, A, (2002), Pendidikan Agama Untuk Membangun Etika Sosial, Semarang: CV. Aneka Ilmu.

Bardansyah, Y. (2008). Pembentukan Karakter (Ringkasan Penelitian), Pekanbaru: LPP Fakutas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau.

Dewan Redaksi, (1994), Ensiklopedi Islam, edisi 3. Jakarta: Iktiar Baru Van Hoeve.

Harahap, Syahrin, 2005, Penegakan Moral Akademik di Dalam dan di Luar Kampus, edisi 1, Jakarta: PT. GrafindoPersada.

Halim, Abdul (ed), (2001), Teologi Islam Rasional, edisi 1, Jakarta: Ciputat Press.

Harian Riau Pos, 27 Desember 2007, Pekanbaru.

Ibn Miskawaih, (1977), Tahzib al-Akhlak, terjemahan Helmi Hidayat, edisi 3, Bandung: Mizan.

Ibn Hazm, (1978), Al-Ihkam Fi Ushul al-Ahkam, Jilid I, tahkik Muhammad Ahmad Abdul Aziz, Cairo: Maktabah ‘Athif.

Muhmidayeli, (2007), Teori-teori Pengembangan Sumber Daya Manusia, edisi 1, Pekanbaru: Program Pascasarjana UIN Suska dan LSFK2P.

Muhaimin, (2009), Rekonstruksi Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nasution, Harun, (1996), Islam Rasional Gagasan dan Pemikiran, edisi 4, Bandung: Mizan.

Nasution, Harun, (1986), Teologi Islam Aliran-aliran Sejarah Analisa Perbandingan, edisi 5, Jakarta: UI Press.

Nasution, Harun, (1979), Akal dan Wahyu Dalam Islam, edisi 2, Jakarta: UI Press.

Nasution, Harun, (1979), Islam Ditinjau Dari Berbagai Aspeknya, Jilid 2, Jakarta: UI Press.

Nata, Abuddin, (2000), Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, edisi 1, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nata, Abuddin, (1995), Ilmu Kalam, Filsafat dan Tasawuf, edisi 3, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rachman, Budhy Munawar (penyunting), (2019), Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Living Values Education, edisi 1, Jakarta; the Asia Foundation.

Rusyan, A.Tabrani, dkk, tt, Pendidikan Budi Pekerti, Jakarta: PT. Intimedia Cipta Nusantara.

Suminto, Aquib, dkk, (1989), Refleksi Pebaharuan Pemikiran Islam, edisi 1, Jakarta: Guna Aksara.

Salam, Burhanuddin, (2000), Etika Individual Pola Dasar Filsafat Moral, edisi 1, Jakarta: Rineka Cipta.

Syaukani, Ahmad, (2001), Perkembangan Pemikiran Modern di Dunia Islam, Bandung: Pustaka Setia.

Umar, H.M. Hasbi, (2007), Nalar Fiqih Kontemporer, edisi 1, Jakarta: Gaung Persada Press.

Undang-undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan, (2006), Jakarta: Dirjend. Pendidikan Islam Depag. RI.

Zuriah, Nurul, (2007), Pendidikan Moral & Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan, edisi 1, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Giantara, F., & Astuti, A. (2020). Kemampuan Guru Matematika Mempertahankan Substansi Materi Melalui Proses Pembelajaran Online. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 787-796.

Nahwiyah, S., Mualif, A., Haironi, R., Mailani, I., & Wismanto, W. (2023). Peran Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an pada Mahasiswa Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Riau. Journal on Education, 5(3), 9573-9583.

Mujtahid, I. M., Berlian, M., Vebrianto, R., Thahir, M., & Irawan, D. (2021). The development of digital age literacy: A case study in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 1169-1179.

Nopriyanti, W. (2020). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 001 Pasar Baru Pangean. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 2(2), 184-201.

Giantara, F., Yanti, N., Handayani, S., & Anis, Y. (2020). Pola Pendidikan keluarga Saat Bencana Kabut Asap di Kota Pekanbaru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 778-786.

Giantara, F. (2020). Analisis Data (Kualitatif, Kuantitatif, Metode Campuran, dan Penelitian Tindakan). Pekanbaru: LPPM STAI Diniyah Pekanbaru.

Berlian, M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Development of Webtoon Non-Test Instrument as Education Media. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 185-192.

Amiliya, R., & Giantara, F. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 4(2), 116-125.

Giantara, F., & Amiliya, R. (2021). Urgensi Kebijakan Pendidikan Islam sebagai bagian dari Kebijakan Publik (Analisis Teoretis). Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 86-96.

Radeswandri, R., Budiawan, A., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Developing instrument to measure the use of online comic as educational media. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(1), 119-126.

Berlian, M., Mujtahid, I. M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Profil Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Era Covid-19: Studi Kasus di Universitas Terbuka. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 77-84.

Syahbudin, Z., Ahmad, R. R. M. R., Zein, N., & Thahir, M. (2023). Developing Students’religious Moderation Through Group Counseling at Islamic Higher Education. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 15-28.

Amri, K., Riyantini, S., Hasri, S., & Sohiron, S. (2022). Starategi Pengembangan Mutu dan Akreditasi Di Madrasah Dalam Menghadapi Revolusi 5.0. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 172-182.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/af.v21i2.16318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office Board

Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. KH. Ahmad Dahlan, No. 94 Kode Pos : 28129.

 

Contact Person :

Khairunnas Jamal

khairunnasjamal@uin-suska.ac.id

0823 6130 7171

  

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats