Gagasan Kurikulum Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali
Abstract
Kurikulum merupakan salah satu komponen yang sangat menentukan dalam suatu sistem pendidikan, karena itu kurikulum merupakan alat untuk mencapai tujuan pendidikan dan sekaligus sebagai pedoman dalam pelaksanaan pengajaran pada semua jenis dan tingkat pendidikan. Pembahasan pada artikel ini adalah bertujuan untuk mengetahui gagasan-gagasan kurikulum pendidikan Islam perspektif al-Ghazali. Pembahasan dalam artikel ini menggunakan metode penelitian kualitatif melalui penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan analisis isi untuk memperoleh sebuah kesimpulan. Pembahasan pada makalah ini memaparkan hasil deskriptif tentang gagasan kurikulum pendidikan Islam perspektif al-Ghazali. Gagasan kurikulum pendidikan Islam perspektif al-Ghazali yang di paparkan pada artikel ini adalah berkaitan dengan pengertian kurikulum pendidikan Islam, tujuan kurikulum pendidikan Islam, materi kurikulum pendidikan Islam, organisasi kurikulum, dan sistem pelaksanaan kurikulum.
Full Text:
PDF (239 - 255)References
Abu Hamid Muhammad al-Ghazali, Ihya’ Ulum al-Din, juz I (Beirut: Badawi Thaba’ah)
Alwan Suban, Konsep Pendidikan Islam Persfektif Al-Ghazali, (Jurnal Idaarah, Vol. IV, No. 1, Juni 2020)
Imam Al-Ghazali, Ihya Ulumuddin : Menghidupkan Ilmu-Ilmu Agama, Terjemahan Jilid 1
Noorzanah, Konsep Kurikulum dalam Pendidikan Islam, (Ijtihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, Vol. 15, No. 28, Oktober 2017)
Syaifuddin Sabda, Konsep Kurikulum Pendidikan Islam Persfektif Al-Ghazali, cet.ke-1, (Kalimantan Selatan: Antasari Press, 2008)
Syaik Az-Zarnuji, Terjemahan Ta’lim Muta’allim cet.Ke-1, (Surabaya: Mutiara Ilmu, 2009)
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/af.v19i2.11344
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office Board
Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. KH. Ahmad Dahlan, No. 94 Kode Pos : 28129.
Contact Person :
Khairunnas Jamal
khairunnasjamal@uin-suska.ac.id
0823 6130 7171
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats