Pembelajaran Ekstrakurikuler Rebana Untuk Merangsang Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini di RA PSM Kanigoro Kras Kediri

irfatul lailiyah

Abstract


Setiap anak yang lahir tentu membawa potensi tertentu yang perlu dikembangkan melalui pembelajaran. Pembelajaran reguler waktunya sangat terbatas maka diperlukan pembelajaran ekstrakurikuler. Penelitian ini berusaha mengkaji bagaimana kualifikasi pembelajaran ekstrakurikuler rebana dapat merangsang kecerdasan musikal anak usia dini?. Bagaimana kualifikasi kekayaan kodrati yang dibawa anak sejak lahir itu akan berkembang secara lebih meningkat melalui pembelajaran ekstrakurikuler rebana?.Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan peran pembelajaran ekstrakurikuler rebana untuk merangsang kecerdasan musikal anak usia dini di Raudlatul Athfal PSM Kanigoro Kras Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif, sehingga penyajiannya lebih detail dan mendalam. Data penelitian diperoleh dengan teknik observasi dan wawancara, uji validitasnya dengan triangulasi dan pemeriksaan sejawat. Sampel penelitian ini diperoleh dengan teknik purposive snowball sampling difokuskan kepada tiga orang anak dan tiga orang pembimbing sebagai narasumber utama. Hasil penelitianinimenunjukkan bahwa pembelajaran ekstrakurikuler rebana mempunyai kontribusi untuk merangsang kecerdasan musikal anak usia dini karena sifat pembelajarannya yang lebih menekankan kebebasan, berdasarkan pilihan anak, adanya dukungan bakat dan frekwensi pembelajaran/pelatihan yang cukup.


Full Text:

PDF

References


Departemen Agama republic Indonesia, 2000, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Surabaya, UD Mekar.

Nata, Abudin, 2013, Pemikiran Pendidikan Islam & Barat, Jakarta, PT RajaGrafindo Persada.

Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa, Surakarta; tp.

Musfiroh, Tadzkirotun Multiple Intelligences, PAUD lemlit-UNY, PBSI FBS-UNY

-------, 2003. Kecerdasan Musikal dan Stimulasinya pada Anak usia 0-5 Tahun, Yogyakarta: Makalah disampaikan di hadapan pendidik dan pengasuh Taman Penitipan Anak dan Kelompok Bermain Kamis, 7 Agustus, di BPKB.

-------, 2008. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rahardjo, M. Dawam, 1989, Islam Indonesia Menatap Masa Depan, Jakarta, P3M.

Saripudin, Aip. Strategi Pengembangan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usia Dini (AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, Vol.3, No.1, Maret 2017)

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekata Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Suharto, Toto, 2014, Filsafat pendidikan Islam Menguatkan Epistimologi Islam dalam Pendidikan, Yogyakarta, Ar-Ruzz Media.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pndidikan Nasional (Sisdiknas), Bandung: Citra Umbara.

Widhiawati, Nana. Pengaruh Pembelajaran Gerak dan Lagu Dalam Meningkatkan Kecerdasan Musikal Dan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini: Studi Eksprerimen Kuasi Pada Anak Kelompok Bermain Mandiri SKB Sumedang (Academia.edu, Edisi Khusus, no.2, Agustus, ISSN. 1412-565X: 2011)

Widiastuti, Siwi. Pembelajaran Proyek Berbasis Budaya Lokal Untuk Menstimulasi Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini(Jurnal Pendidikan Anak, Vol.1, Edisi.1, Juni 2012).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.