Asesmen Aspek Perkembangan Nilai Agama dan Moral Menggunakan Teknik Penilaian Penugasan (Unjuk Kerja) di TK Al-Fadillah Kelompok (B) Usia 5-6 Tahun Sleman DIY

Sri Wahyuni

Abstract


            Penelitian ini merupakan penelitian langsung di lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan implementasi asesmen aspek perkembangan nilai agama dan moral di TK Al-Fadlillah, Sleman, DIY (2) Mendeskripsikan teknik penilaian berupa penugasan (unjuk kerja) dan instrumen penilaian yang digunakan di TK Al-Fadlillah, Sleman, DIY (3) mendeskripsikan tindak lanjut yang dilakukan guru setelah penilaian berlangsung. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik Miles dan Hubberman melalui proses reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari analisis data yang dilakukan menunjukkan bahwa asesmen aspek perkembangan nilai agama dan moral melalui melalui teknik penilaian unjuk kerja dilakukan setiap hari contoh kegiatannya adalah anak berdoa, memberi salam, dan berbagi, setiap minggu contoh kegiatannya adalah mempraktekkan gerakan beribadah, membacakan doa-doa pendek, dan lain sebagainya, setiap bulan, dan setiap semester. Untuk penilaian menggunakan teknik penugasan (unjuk kerja) dalam melihat aspek perkembangan nilai agama dan moral di TK Al-Fadlillah, Sleman, DIY guru menggunakan instrumen penilaian berupa ceklis dan portofolio.


Full Text:

PDF

References


Ai Sulastri. (2014). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia. Garut: tp.

Anik Lestariningrum. (2014). “Pengaruh Penggunaan Media VCD Terhadap Nilai-Nilai Agama dan Moral Anak”. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Vol. 8. No. 2.

Anita Yus. (2012). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana.

Emzir. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data Ke-2. Jakarta Utara: Raja Grafindo Persada.

H. E. Mulyasa. (2012). Managemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Khoirul Bariyyah. (2016). “Asesmen Perkembangan Moral Agama pada AUD”. Jurnal Pendidikan Anak. Vol. 2. No. 1.

Lara Fridani. (2008). Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Martini Jamaris. (2006). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Gramedia.

N. M. Gufron dan Risnawita. (2010). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

NS. Yuliani. (2013). Asesmen Perkembangan Anak Berbasis Kecerdasan Jamak. Bandung.

Rohita, & Nurfadilah, (2017). “Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak (Studi Deskripif pada Taman Kanak-Kanak di Jakarta)”. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniroh. Vol. 4. No.1.

Siti Nurjannah. (2018). “Perkembangan Nilai Agama dan Moral (STPPA Tercapai)”. Jurnal Paramurobi. Vol. 1. No. 1.

Sjarkawi. (2006). Pembentukan Kepribadian Anak : Peran Moral, Intelektual, Emosional, dan Sosial sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyadi. “Perencanaan dan Asesmen Perkembangan pada Anak Usia Dini”. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Vol. 1. No. 1.

Zurqoni. (2013). Menakar Akhlak Siswa: Konsep dan Strategi Penilaian Akhlak Mulia Siswa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.9062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.