Penggunaan Media Wayang Godong Dalam Menanamkan Karakter Menghargai Pada Anak Usia 5-6 Tahun

Anik Lestaningrum, Ratna Dewi Jayanti

Abstract


Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penanaman karakter menghargai pada anak usia 5-6 tahun menggunakan media wayang godong. Metode penelitian yang digunakan dengan menggunakan siklus spiral dari Kemmis dan Taggart yang terdiri dari: (a) Perencanaan; (b) Tindakan; (c) Observasi; dan (d) Refleksi. Data penelitian ini diambil dari 16 orang kelompok usia 5-6 tahun TK Sinar Pagi Wonorejo, Kabupaten Tulungagung selama 3 bulan Oktober-Desember 2018. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa karakter menghargai dapat ditingkatkan melalui penggunaan media wayang godong. Hasil penelitian menunjukan peningkatan dari pra tindakan pengembangan konsep menghargai diperoleh hasil yang kurang maksimal yaitu dari 16 anak terbukti bahwa dalam berperilaku menghargai yang baik belum muncul sebanyak 50%, Mulai Muncul 30%, berkembang sesuai harapan 15% dan berkembang sangat baik 5%. Contohnya dari perilaku menghargai yang kurang ditunjukan dengan adanya anak yang masih merebut mainan, ada anak yang mendorong temannya, tidak mau berbagi makanan, dan juga perilaku mengejek temannya  , hasil tindakan siklus I meningkatkan rata-rata kelas menjadi sebesar 25%  dan pada siklus II meningkat 62,5% serta siklus III sebesar 75%.  Implikasi dari penelitian ini adalah penggunaan media wayang godong sebagai alternatif media pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan sekitar serta menyenangkan bagi anak dapat mengeksplorasi berbagai macam pengetahuan baru yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari serta mengembangkan semua aspek potensial sesuai dengan tahapan perkembangannya.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Solo: Rajawali Pers.

Andini. Pupung., P. dan Lestariningrum. Anik. (2017). Bermain & Permainan Anak Usia Dini. Nganjuk: Adjie Media Nusantara.

Cahyaningrum.E.S., Nurtanio. S, Purwanto. N. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui pembiasaan Dan Keteladanan. Artikel penelitian dipublikasikan oleh FIP, UNY, (diakses tanggal 2 Februari 2019).

Najib. M., Wiyani. Novan Ardy., Sholichin. (2016). Strategi Pendidikan karakter Bagi Anak Usia Dini. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Retnowati. Dwi., Ali, Muhamad., dan Lestari Sri. (2017). Peningkatan Sikap Saling Menghargai Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Aisyah Melawi. Artikel penelitian dipublikasikan oleh PG-PAUD, FKIP UNTAN-Pontianak, (diakses tanggal 2 Februari 2019).

Thobroni, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Zafira. Hera., Artharina. F. P. (2017). Pengembangan Media Wayang Tematik Pada Tema Indahnya Negeriku Sebagai Pendukung Scientific Appoach Kelas IV Sekolah Dasar. (diakses tanggal 2 Februari 2019).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v2i1.8112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.