PENGARUH PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN TERHADAP ASPEK PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap aspek perkembangan sosial emosional anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak (TK) Pondok Pesantren Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan one-group pretest-posttest design untuk mengetahui perbandingan sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik usia 5-6 tahun kelompok B, dan objek penelitian adalah pengaruh metode bermain peran terhadap aspek perkembangan sosial emosional. Populasi penelitian ini adalah anak didik di TK Pondok Pesantren Babussalam Pekanbaru berjumlah 60 anak, dengan sampel berjumlah 20 anak yang terdiri dari kelas B1 yaitu kelas kontrol sebanyak 10 anak, dan B2 yaitu kelas eksperimen sebanyak 10 anak. Sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, yaitu dengan penentuan sampel melalui pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi.Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan menggunakan program SPSS Windows ver. 15. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung =56,236 dengan Sig = 0,000. Karena nilai sig < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah pemberian perlakuan dalam metode bermain peran. Jadi Ho ditolak Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh sebelum dan sesudah diberi perlakuan terhadap perkembangan sosial emosional anak. Pengaruh metode bermain peran terhadap aspek perkembangan sosial emosional anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak (TK) Pondok Pesantren Babussalam Pekanbaru sebesar 92,17%.
Full Text:
PDFReferences
Al-Qur’an dan Terjemah. Syaamil Qur’an. Bandung: Departemen Agama RI
Coughlin,Pamela.A.(2000).Menciptakan Kelas Yang Berpusat Pada Anak.Children’s Resources International: INC
Dimyati, Johni. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan & Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Fitri, Ahyani Radhiani,dkk.(2013).Emosi Aplikasi Psikologi Dalam Kehidupan Pribadi Muslim. Pekanbaru:Suska Press
Jaedun, Amat. (2011). Metodologi Penelitian Eksperimen. Jogjakarta: Puslit Dikdasmen. Lemlit UNY
Latan, Hengky. (2014). Aplikasi Analisis Data Statistik Untuk Ilmu Sosial Sains dengan IBM SPPS. Bandung: Alfabet
Latif, Mukhtar,dkk.(2013).Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Implikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Martani, Wisjnu.(2012). Metode Stimulasi dan Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Jogjakarta: Universitas Gadjah Mada. Jurnal
Mayar,Farida.(2013).Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Sebagai Bibit Untuk Masa Depan Bangsa.Padang:UNP
Moeslichatoen R.(2004).Metode Bermain Anak TK.Jakarta: PT Rineka Cipta
Muliawan,Jasa Ungguh.(2009).Tips jitu Memilih Mainan positif & Kreatif Untuk Anak Anda.Jogjakarta: Diva Press
Mulyasa.(2012).Manajemen PAUD.Bandung:Remaja Rosdakarya
Mutiah,Diana.(2010).Psikologi Bermain Anak Usia Dini.Jakarta:Kencana Prenada Media Group
Noor, Juliansyah. (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Nugraha,Ali.Yeni Rachmawati.(2006). Metode Pengembangan Sosial Emosional. Jakarta: Universitas Terbuka
Nurmalitasari, Femmi. (2015). Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal
Nursyahidah,Farida.Penelitian Eksperimen, dalam Jurnal
Santrock,John W.(2007).Perkembangan Anak.Erlangga
Soetjiningsih,Christiana Hari.(2012).Perkembangan Anak.Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet
Suharto. (2013). Pendekatan dan Teknik Belajar dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito
Suyadi & Ulfah,Maulidya.(2013).Konsep Dasar PAUD.Bandung:PT Remaja Rosdakarya
Tirtayani,Luh Ayu,dkk.(2014).Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini.Jogjakarta:Graha Ilmu
Umama. (2007). Checklist Indikator Anak 0-6 Tahun: Pusat Kurikulum Diknas
Widiatmoko,Hani.(2014).Ketika Anakku Siap Menikah. Jakarta:PT Elex Media Komputindo
Wiyani, Novan Ardy.(2014).Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Gava Media
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v1i2.6670
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.