SWOT Analysis: Implementation of Integrative Holistic PAUD Programs in Early Childhood Education Institutions

Ruliana Fajriati, Utia Virli Susanti, Basori Basori

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi program layanan PAUD holistik integratif yang ditinjau dari kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan atau analisis SWOT pada lembaga PAUD di KB Nasyithatun Nisa Teluk Kiambang sehingga lembaga dapat menentukan langkah-langkah dalam upaya memaksimalkan kekuatan dan peluang, sekaligus meminimalisir kelemahan dan mengatasi ancaman dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data bentuk induktif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa layanan PAUD HI ditinjau dari strenght berupa kurikulum yang menyesuaikan perkembangan zaman, SDM yang berlatar pendidikan sarjana. Weakness berupa kurangnya sarana dan prasarana serta lemahnya kerjasama dengan pihak terkait. Opportunities berupa dukungan penuh dari bunda PAUD kecamatan serta kemudahan mempromosikan lembaga melalui sosial media. Threats berupa  terbaginya peserta didik dengan PAUD lain. Melalui program PAUD HI diharapkan dapat mengoptimalkan potensi pertumbuhan dan perkembangan anak agar terbentuk anak yang berkualitas dan memiliki daya saing di masa yang akan datang dengan memenuhi kebutuhan essensialnya berupa layanan kesehatan, gizi, perawatan, pendidikan, pengasuhan, perlindungan dan kesejahteraan. 

Kata Kunci :  SWOT, Holistik Integratif, PAUD

ABSTRACT. This study aims to analyze the implementation of holistic integrative ECCE service programs in terms of strengths, weaknesses, opportunities, and challenges or SWOT analysis at ECCE institutions in KB Nasyithatun Nisa Teluk Kiambang so that institutions can determine steps to maximize strengths and opportunities, while minimizing weaknesses and overcoming threats in their implementation. This study used a qualitative approach, and data collection techniques using observation, interviews, and documentation. Inductive form data analysis techniques. The results of the study can conclude that PAUD HI services are viewed from the strength in the form of a curriculum that adapts to the times, and human resources with undergraduate education backgrounds. Weakness in the form of a lack of facilities and infrastructure and weak cooperation with related parties. Opportunities in the form of full support from sub-district PAUD mothers and ease of promoting institutions through social media. Threats in the form of sharing students with other ECCE. Through the PAUD HI program, it is expected to optimize the growth and development potential of children to form quality and competitive children in the future by meeting their essential needs in the form of health, nutrition, care, education, care, protection, and welfare services.

Keyword : SWOT, Holistic Integratif, PAUD


Full Text:

PDF

References


Fatimah, Fajar Nur’aini Dwi. 2020. Teknik Analisis SWOT : Pedoman Menyusun Strategi Yang Efektif & Efisien Serta Cara Kekuatan & Ancaman. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Helmawati. 2015. Mengenal Dan Memahami PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan. n.d. “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI Nomor 146 Tahun 2014.”

Kemal, Isthifa, and Rahmatullah. 2015. “Analisis SWOT Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh.” Visipena 6(1):1–23.

Kemendikbud. 2015. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif Di Satuan PAUD 2015.

Lina, Lina, Dadan Suryana, and Nurhafizah Nurhafizah. 2019. “Penerapan Model Evaluasi CIPP Dalam Mengevaluasi Program Layanan PAUD Holistik Integratif.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(2):346–55. doi: 10.31004/obsesi.v3i2.200.

Moleong, Lexy J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Oktaviani, Dewi Ayu, and Dimyati Dimyati. 2021. “Penerapan PAUD Holistik Integratif Pada Masa PandemiCovid 19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(2):1870–82. doi: 10.31004/obsesi.v5i2.995.

Perpres Nomor 60 Tahun 2013. n.d. Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2013 Tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif. Indonesia.

Rohmadheny, Prima Suci, and Wahyu Nanda Eka Saputra. 2018. “Integrtive-Holistic Program: A Manifestation of CFS (Child-Friendly School) Implementation in Early Childhood Education Institution.” Pp. 533–37 in Proceeding of International Conference On Child-Friendly Education.

Sofiaty, Aty, Suherman, and Luluk Asmawati. 2020. “Penerapan Program Parenting Paud Holistik Integratif (HI) Dalam Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Dan Perlindungan Anak Usia Dini.” Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran 7(2):192–204.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, RnD. Bandung: Alfabeta.

Suprapto, Edi. 2020. “Kendala Satuan PAUD Dalam Penerapan PAUD Holistik Integratif (PAUD HI) Di Kecamatan Salahutu Dan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah.” Jurnal Ilmiah PATITA 7(60):41–53.

Wulandari, Heny, Yetti Supriyati, and Fasli Jalal. 2018. “Evaluation of Holistic Integrative Program in Early Childhood Education and Development ( PAUD HI ).” International Journal of Multidisciplinary and Current Research Evaluation of Holistic Integrative Program in Early Childhood Education and Development 6. doi: 10.14741/ijmcr/v.6.3.2.

Yeni Lestari, Ni Gusti Ayu Made. 2019. “Program Parenting Untuk Menumbuhkan Kesadaran Pentingnya Keterlibatan Orang Tua Di Paud.” Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1):8. doi: 10.25078/pw.v4i1.1064.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v6i1.22321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.