Field Trips as Science Learning In Early Children

Maulidya Ulfah, Saifuddin Saifuddin, Khoirunnisa Khoirunnisa

Abstract


ABSTRAK. Field trip merupakan salah satu metode pembelajaran yang memberi kesempatan kepada anak-anak untuk mengamati atau mengobservasi dan memperoleh informasi secara langsung dengan berbagai benda di sekitar anak. TK Nara Islamic School Kota Cirebon menerapkan metode field trip dalam mengembangkan kemampuan sains. Jenis peneliti ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Pemerolehan data berasal dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa field trip sangat efektif digunakan pada anak Taman Kanak-kanak karena anak dapat belajar secara langsung berbagai kejadian yang terjadi dan dapat merangsang anak untuk bertanya. Filedtrip diterapkan sesuai dengan perencanaan yang sudah dibuat. Pelaksanaan pembelajaran sains melalui kegiatan field trip diantaranya dengan memperkenalkan langsung anak ke alam. Anak dapat melihat, mendengar, merasakan, rasa dan menyentuh sesuai dengan yang distimulasi Pendidik. Anak juga dapat belajar secara langsung sehingga lebih mudah memahami. Keberhasilan penggunaan metode dalam pembelajaran sains melalui kegiatan field trip anak usia dini dapat teramati dengan hasil penilaian anak berkembang sesuai harapan dalam aspek memecahkan masalah dan berpikir logis.

Kata Kunci:  Anak usia dini, metode field trip, pembelajaran sains

ABSTRACT. Field trips are one of the learning methods that provide opportunities for children to observe or observe and obtain information directly with various objects around the child. TK Nara Islamic School Cirebon City applies the field trip method in developing scientific skills. This type of research uses descriptive qualitative research. Data acquisition comes from observation, interviews, and documentation. The results show that field trips are very effective for Kindergarten children because children can learn directly about various events that occur and can stimulate children to ask questions. Filedtrip is applied according to the plan that has been made. Implementation of science learning through field trip activities, including by introducing children directly to nature. Children can see, hear, feel, taste and touch according to what is stimulated by the educator. Children can also learn directly so that it is easier to understand. The success of using the method in learning science through field trip activities for early childhood can be observed with the results of the assessment that children develop according to expectations in the aspect of solving problems and thinking logically.

Keyword: early childhood, field trip methods, learning science

 


Full Text:

PDF

References


Adnyani, N. W. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini “Merdeka Belajar” di Era Belajar di Rumah. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1).

Asmani J. M. (2010). Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, dan Inovatif. DIVA Press.

Barrouillet, P. (2015). Theories of cognitive development: From Piaget to today. In Developmental Review (Vol. 38). https://doi.org/10.1016/j.dr.2015.07.004

Bungin, B. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Kencana Prenada Media Group.

Colburn, A. (2009). Brain-Based Education. Science Teacher, 76(2).

Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan. PT Remaja Rosdakarya.

Dharma, S. (2008). Pendekatan, Jenis, dan Metode Penelitian Pendidikan. Direktorat Tenaga Kependidikan Ditjen PMPTK.

Djamarah, Bahri, S., & Zain, A. (2012). Strategi Belajar Mengajar Edisi Revisi. PT Rineka Cipta.

Erneling, C. E. (2014). The Importance of Jean Piaget. In Philosophy of the Social Sciences (Vol. 44, Issue 4). https://doi.org/10.1177/0048393112454994

Fadlillah, M. (2016). Edutainment PAUD. Kencana.

Fathurrohman, M. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media.

Hamzah, & Mohammad. (2015). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Bumi Aksara.

Khaeriyah, E., Saripudin, A., & Kartiyawati, R. (2018). Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 4.

Maemonah, M. U., Purnama, S., Hamzah, N., & Fatwa, E. F. (2022). Pengembangan Buku Ajar Digital Parenting : Strategi Perlindungan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3).

Maulidya Ulfah, Ery Khaeriyah, N. B. S. (2018). Implementasi Program Parenting dalam Menanamkan Nilai Moral Anak Unisa Dini. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(2).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137, (2014).

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Rosdakarya.

Mursid. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Rosda Karya.

Undang-Undang No. 20, (2003).

Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, & Karya Ilmiah. Kencana Prenada Media Group.

Nurhayati, E. (2011). Psikologi Pendidikan Inovatif. Pustaka Pelajar.

Sefrina, A. (2013). Deteksi Minat Bakat Anak. Media Pressindo.

Siti Fathonah, & Prasetyo. (2014). Pembelajaran Sains. Ombak.

Sreenidhi, S. K., Tay, M. S., & Helena, C. (2017). Multiple Intelligence Assessment Based On Howard Gardner’s Research. International Journal of Scientific and Research Publications, 7(4).

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan “Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.” Alfabeta.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Suyadi & Ulfah, M. (2013). Konsep Dasar PAUD. PT Remaja Rosdakarya.

Suyadi, & Ulfah, M. (2015). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Rosda Karya.

Uhar Suharsaputra. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. PT. Refika Aditama.

Ulfah, M. (2014). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) DI SEKOLAH TAMAN KANAK-KANAK FULLDAY. In PAWIYATAN (Vol. 20, Issue 2). http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/40

Ulfah, M., & Khoerunnisa, Y. (2018). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Inquiry Terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini di Kabupaten Majalengka. AL-ATHFAL : JURNAL PENDIDIKAN ANAK, 4(1). https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.41-03

Xu, F. (2019). Towards a Rational Constructivist Theory of Cognitive Development. Psychological Review. https://doi.org/10.1037/rev0000153

Yenti Julianti. (2015). Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Metode Kunjungan Lapangan (Field trip). Pendidikan Anak Usia Dini, 9.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v5i2.19061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.