Literatur Review: Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Kemampuan Berbahasa Anak di Taman Kanak-Kanak
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Allan, C., & Buckridge, M. (1993). Curriculum: Foundations, principles, and issues. New Jersey: Prentice Hall, Englewood Cliffs.
Beverly, S. G., Clancy, M. M., Huang, J., & Sherraden, M. (2015). The SEED for Oklahoma Kids Child Development Account experiment: Accounts, assets, earnings, and savings.
Chaeruman, U.A. (2002). “Teknologi Belajar dalam Pendidikan Anak Dini Usia”. (Makalah pada ”Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran”, Hotel Indonesia, Jakarta, 18 – 19 Juli 2002.
Clark, H. H., & Clark, E. V. (1977). Psychology and language: An Introduction to Psycholinguistics. San Diego: Harcourt Brace Jovanovich Publishers.
Depdiknas. (2001a). Program Kegiatan Belajar Taman Kanak–kanak (PKBTK) Kurikulum 1994. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. (2001b). Kurikulum TK 1994. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. (2004). Kurikulum TK dan RA: Standar Kompetensi. Jakarta: Direktorat Pendidikan TK dan SD, Dirjen Dikdasmen, Depdiknas.
Depdiknas. (2006a). Pedoman Teknis Penyelenggaraan Kelompok Bermain. Jakarta: Dirjen PLS Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Depdiknas.
Depdiknas. (2006b). Pedoman Teknis Penyelenggaraan Tamasn Penitipan Anak. Jakarta: Depdiknas, Dirjen PLS Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.
Dryden, G., & Vos, J. (1999). The learning revolution: To change the way the world learn. Wahington DC: The Learning Web. http://www. thelearningweb. net.
Febriani, A. S., Mulyana, E. H., & Rahman, T. (2020). Pengembangan Educative Game Berbasis Aplikasi Android untuk Memfasilitasi Keterampilan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 2(2), 187-196.
Febrianti, S. D. A. (2021). Menstimulasi Tingkat Kepercayaan Diri Pada Anak Dengan Metode Bermain Peran. Albanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1-18.
Hakim, L. (2017). Integrated Learning dalam Perspektif Pendidikan Islam. AT-TURAS: Jurnal Studi Keislaman, 4(2), 227-255.
Huliyah, M. (2017). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01), 60-71.
Jalal, F. (2002). Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan yang Mendasar. Jurnal Ilmiah Anak Dini Usia, 3, 4-8.
Mahdalena, M. (2012). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Mengurutkan Pola Warna Di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Batang Anai. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(2).
McInerney, D. M. & McInerey, V. (1998). Educational Psychology: Constructing Learning. (Second Edition). Sydney: Prentice Hall.
Monks, F.J. & A.M.P. Knoers. 2004. Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. (Terjemahan oleh Siti Rahayu Haditono). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Noname, N. (2018). Pemahaman Teoritik Teori Konstruksi Sosial. Jurnal Inovasi, 12(2), 1-25.
Pokja Pengembangan Peta Keilmuan Pendidikan. (2005). Peta Keilmuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Prayitno. (2005). Hubungan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas, Dirjen Dikdasmen Direktorat SLTP.
Rosnawati, R., Syukri, A. S. A., Badarussyamsi, B., & Rizki, A. F. R. A. F. (2021). Aksiologi Ilmu Pengetahuan dan Manfaatnya bagi Manusia. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(2), 186-194.
Saihu, S. (2019). Konsep Manusia dan Implementasinya dalam Perumusan Tujuan Pendidikan Islam Menurut Murtadha Muthahhari. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 197-217.
Semiawan, C., Yufiarti, & Setiawan, T. I. (2002). Belajar dan pembelajaran dalam taraf pendidikan usia dini: Pendidikan prasekolah dan sekolah dasar. Jakarta: PT. Prenhallindo.
Suharnis, S. (2021). PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DALAM PERSFEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Musawa: Journal for Gender Studies, 13(2), 170-202.
Suryaman, M. (2010). Penggunaan Bahasa di Dalam Penulisan Buku Nonteks Pelajaran. Yogyakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Udiani, N. K. I., & Kristiantari, M. R. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Pengenalan Lambang Bilangan 1 Sampai Dengan 10 Berbasis Teori Bruner Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1).
Zais, R. S. (1976). Curriculum: Principles and foundations. New York: Thomas Y. Crowell, Harper & Row Publishers.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v3i2.17495
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.