Literatur Review: Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Kemampuan Berbahasa Anak di Taman Kanak-Kanak

Nursalim Nursalim

Abstract


Anak adalah manusia kecil yang memiliki potensi yang masih harus dikembangkan. Ia memiliki kharakteristik yang khas yang tidak sama dengan orang dewasa, yang ritme perkembangan bersifat individual. Oleh sebab itu, proses pengajaran mestilah memperhatikan kharakteristik yang dimiliki setiap anak. Dengan tujuan mengembangkan semua potensi yang dimiliki anak, apakah bahasanya, emosionalnya atau sosialnya, maupun intektualnya. Hal ini akan dicapai bila sekolah terutama pendidikan taman kanak-kanak yang menyediakan kebutuhan anak dalam bentuk rencana pengajaran yang disusun berdasarkan kebutuhan anak dalam hal ini Kurikulum sekolah terutama untuk meningkatkan kemamupuan kognitif dan kemampuan berbahasanya. Sebab, jenjang pendidikan ini merupakan proses fundamental bagi perkembangan anak selanjutnya. 

Full Text:

PDF

References


Allan, C., & Buckridge, M. (1993). Curriculum: Foundations, principles, and issues. New Jersey: Prentice Hall, Englewood Cliffs.

Beverly, S. G., Clancy, M. M., Huang, J., & Sherraden, M. (2015). The SEED for Oklahoma Kids Child Development Account experiment: Accounts, assets, earnings, and savings.

Chaeruman, U.A. (2002). “Teknologi Belajar dalam Pendidikan Anak Dini Usia”. (Makalah pada ”Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran”, Hotel Indonesia, Jakarta, 18 – 19 Juli 2002.

Clark, H. H., & Clark, E. V. (1977). Psychology and language: An Introduction to Psycholinguistics. San Diego: Harcourt Brace Jovanovich Publishers.

Depdiknas. (2001a). Program Kegiatan Belajar Taman Kanak–kanak (PKBTK) Kurikulum 1994. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2001b). Kurikulum TK 1994. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2004). Kurikulum TK dan RA: Standar Kompetensi. Jakarta: Direktorat Pendidikan TK dan SD, Dirjen Dikdasmen, Depdiknas.

Depdiknas. (2006a). Pedoman Teknis Penyelenggaraan Kelompok Bermain. Jakarta: Dirjen PLS Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Depdiknas.

Depdiknas. (2006b). Pedoman Teknis Penyelenggaraan Tamasn Penitipan Anak. Jakarta: Depdiknas, Dirjen PLS Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.

Dryden, G., & Vos, J. (1999). The learning revolution: To change the way the world learn. Wahington DC: The Learning Web. http://www. thelearningweb. net.

Febriani, A. S., Mulyana, E. H., & Rahman, T. (2020). Pengembangan Educative Game Berbasis Aplikasi Android untuk Memfasilitasi Keterampilan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 2(2), 187-196.

Febrianti, S. D. A. (2021). Menstimulasi Tingkat Kepercayaan Diri Pada Anak Dengan Metode Bermain Peran. Albanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1-18.

Hakim, L. (2017). Integrated Learning dalam Perspektif Pendidikan Islam. AT-TURAS: Jurnal Studi Keislaman, 4(2), 227-255.

Huliyah, M. (2017). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01), 60-71.

Jalal, F. (2002). Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan yang Mendasar. Jurnal Ilmiah Anak Dini Usia, 3, 4-8.

Mahdalena, M. (2012). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Mengurutkan Pola Warna Di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Batang Anai. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(2).

McInerney, D. M. & McInerey, V. (1998). Educational Psychology: Constructing Learning. (Second Edition). Sydney: Prentice Hall.

Monks, F.J. & A.M.P. Knoers. 2004. Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. (Terjemahan oleh Siti Rahayu Haditono). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Noname, N. (2018). Pemahaman Teoritik Teori Konstruksi Sosial. Jurnal Inovasi, 12(2), 1-25.

Pokja Pengembangan Peta Keilmuan Pendidikan. (2005). Peta Keilmuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Prayitno. (2005). Hubungan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas, Dirjen Dikdasmen Direktorat SLTP.

Rosnawati, R., Syukri, A. S. A., Badarussyamsi, B., & Rizki, A. F. R. A. F. (2021). Aksiologi Ilmu Pengetahuan dan Manfaatnya bagi Manusia. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(2), 186-194.

Saihu, S. (2019). Konsep Manusia dan Implementasinya dalam Perumusan Tujuan Pendidikan Islam Menurut Murtadha Muthahhari. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 197-217.

Semiawan, C., Yufiarti, & Setiawan, T. I. (2002). Belajar dan pembelajaran dalam taraf pendidikan usia dini: Pendidikan prasekolah dan sekolah dasar. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Suharnis, S. (2021). PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DALAM PERSFEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Musawa: Journal for Gender Studies, 13(2), 170-202.

Suryaman, M. (2010). Penggunaan Bahasa di Dalam Penulisan Buku Nonteks Pelajaran. Yogyakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Udiani, N. K. I., & Kristiantari, M. R. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Pengenalan Lambang Bilangan 1 Sampai Dengan 10 Berbasis Teori Bruner Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1).

Zais, R. S. (1976). Curriculum: Principles and foundations. New York: Thomas Y. Crowell, Harper & Row Publishers.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v3i2.17495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.