Pengetahuan Guru Pendidikan Anak Usia Dini tentang Metode Bercakap-Cakap pada Pembelajaran di PAUD

Mohamad Thobi, Riswanti Rini, Ulwan Syafrudin, Ari Sofia, Rizky Drupadi

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan guru PAUD tentang metode bercakap-cakap pada pembelajaran di PAUD. Populasi penelitian ini, yaitu seluruh guru TK di Kecamatan Labuhan Ratu dengan jumlah gurusebanyak 94 guru, sampel penelitian dihitung menggunakan rumus Slovin dengan hasil 48 guru, kemudian peneliti menggunakan teknik sampling area, sebagai teknik pengambilan sampel. Sebanyak 48 guru perwakilan dari masing-masing kelurahan yang ada di Kecamatan Labuhan Ratu, seperti Kelurahan Labuhan Ratu, Kelurahan Labuhan Ratu Raya, Kelurahan Kampung Baru, Kelurahan Kampung Baru Raya, Kelurahan Kota Sepang dan Kelurahan Sepang Jaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes dan dokumen. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 34% guru berada pada tingkatan sangat paham, 39% guru berada pada tingakatan paham, 18% guru kurang paham dan 9% guru yang tidak paham metode bercakap-cakap.

 

Kata kunci : metode bercakap-cakap, PAUD, pengetahuan guru.


Full Text:

PDF

References


Afandi, M. 2013. Model dan Metode Pembelajaran. Semarang: Unissula press.

Afif, M. 2019. Penerapan Metode Sorogan dalam Meningkatkan Baca Kitab di Pondok Pesantren Tarbiyatun Nasyi’in. KABILAH : Journal of Social Community. Dalam https://doi.org/10.35127/kbl.v4i2.3592, diakses tanggal 02 Januari 2021.

Deasyana Putri, F. D. 2019. Peningkatan Kemampuan Berbahasa Pada Anak Melalui Metode Bercakap-Cakap Pada Anak Di Tk Bina Insani. Garuda, 3(1), 20-31.

Dhieni,N., dkk. 2007. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Dewi, Marmawi & Sutarmanto. 2015. Strategi Guru Dalam Pembelajaran Mengembangkan Kemampuan Bercerita Pada Anak 5-6 Tahun Di TK. Jurnal Pendidikan. 4 (11), 1-4.

Hetherington, E.M., & Parke, R.D. 1979. Child Psychology: A contemporary view pint. New york: McGrawHill.

Isjoni. 2011. Model Pembelajaran AnakUsia Dini. Bandung: Alfabeta.

Isnaini, S. N. I. 2019. Pelaksanaan Metode Bercakap-Cakap Dalam Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Kelompok B.1 Di RA Permata Belia Kalipancur Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Dalam https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9802/1/, diakses tanggal 10 Januari 2021.

Khoiriyah, A. U. 2019. Bercakap-Cakap Sebagai Metode Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak. Journal of Early Childhood Care & Education. 2(1), 38-54.

Kovach, M. 2020. Conversation Method in Indigenous Research. First Peoples Child & Family Review. Dalam https://doi.org/10.7202/1069060ar, diakses tanggal 10 Februari 2021.

Latif, Mukhtar, dkk. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Librianty, H. D., & Sumantri, S. 2014. Peningkatan Partisipasi Belajar Melalui Metode Bercakap-Cakap Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Usia Dini. 8(1), 1-8.

Mike Permila. 2012. Peranan Kegiatan Bercakap-Cakap Terhadap Perkembangan Kemampuan Berbahasa Anak Di Taman Kanak-Kanak Angkasa Lanud Padang. Pesona PAUD Jurnal Ilmiah PG-PAUD. 1(1), 2-9.

Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ni Putu Novi Arini, I. N. 2015. Penerapan Metode Bercakap-Cakap Berbantuan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Pada Anak Usia Dini. e-journalPG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1-10.

Nurhikmah, B. E., Antara, P. A., & Magta, M. 2017. Pengaruh Metode Bercakap-cakap Melalui Media Animasi Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 4(2), 1-9.

Nurbiana, Dhieni, dkk. 2008. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Patmonodewo, S. 2000. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Salhah. 2017. Perencanaan Pembelajaran Pada Anak Usia Dini. An-Nahdhah. 10(20), 1-11.

Septanti, H. 2015. Hubungan Penggunaan Metode Bercakap-Cakap Dengan Kemampuan Berbahasa Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak PG-PAUD FKIP Universitas Lampung, 1(5), 1-9.

Sulastri. 2017. Implementasi Variasi Gaya Guru Mengajar Dalam Metode Bercerita di Taman Kanak – Kanak Negeri Pembina Kecamatan Pontianak Selatan. Jurnal Pendidikan. 4(2), 1-11.

Wasilah. 2016. Upaya Mengembangkan Kemampuan Bahasa Dalam Mengulang Kalimat Sederhana Melalui Model Talking Stick Pada Anak Kelompok A Paud Terpadu Darunnajah Martapura Kabupaten Banjar. Jurnal Edukasi AUD. 1(1), 36-53.

Yani. 2018. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercakap-Cakap Dengan Gambar Seri pada Anak Di Kelompok B TK Negeri Pembina Kota Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia, Vol. 2 No. 2 , 139-149.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v5i1.15025

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.