Model Pembelajaran Tematik Menggunakan Metode Bernyanyi Dengan Gerakan Dalam Perkembangan Motorik Kasar Dan Kognitif AUD
Abstract
ABSTRAK. Pembelajaran tematik merupakan model pembelajaran terpadu berdasarkan tema-tema yang disesuaikan dengan tema pelajaran dan karakter perkembangan anak usia dini. Hal ini relevan dengan cara kerja otak anak, sehingga untuk bisa menstimulasi semangat, mampu mengekspresikan perasaan bahagia, merasa terhibur dibutuhkan metode yang tepat agar anak mampu menyerap informasi dengan lebih mudah, salah satunya metode bernyanyi dengan gerakan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa bagaimana implementasi model pembelajaran tematik menggunakan metode bernyanyi dengan gerakan dalam perkembangan motorik kasar dan kognitif AUD. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus terhadap program pembelajaran tematik menggunakan metode bernyanyi dengan gerakan di KB FUN Islamic School Purwerejo. Temuan hasil penelitian ini: KB FIS Purwerejo dalam proses pembelajaran tematik menggunakan berbagai macam metode salah satunya mengimplementasikan metode bernyanyi dengan gerakan pada sentra seni/kreativitas. Hasil metode bernyanyi dengan gerakan dalam perkembangan motorikc kasar AUD; anak mampu melompat, mampu melangkah, mampu menggerakkan tangan dan kaki, mampu menggerakan kepala dan gerakan tubuh dengan lincah dan luluasa sesuai koordinasi mata dan gerakan tubuh. Pada perkembangan kognitif AUD mampu menerima pesan-pesan positif dan menunjukkan reaksi diri. dan mengenal konsep warna serta bentuk.
Kata Kunci: Tematik, Metode Bernyanyi, Motorik Kasar dan Kognitif
ABSTRACT. Thematic learning is an integrated learning model based on themes adapted from the lesson and the character of early childhood development. This is relevant to the way the child's brain works, thus to enable stimulating the spirit, expressing feelings of happiness, feeling entertained, it is necessary the right method and therefore the children are able to absorb information more easily, one of which is the method of singing with movement. The present study was conducted to analyze how the implementation of the thematic learning model using the singing method with movement in the gross motor skills and cognitive development of Early childhood. Conducted through a qualitative method with a case study approach to the thematic learning program, this research-based paper uses the singing with movement method at KB FUN Islamic School Purwerejo. The findings of the present study: In the thematic learning process, KB FIS Purwerejo employs various methods, one of which is implementing the singing method with movement at the art/creativity center. The results of the singing method with movement in gross motoric development of Early childhood; the children are able to jump, to step, to move the hands and feet, to move the head and they are able to demonstrate body movements agile and flexible according to eyes coordination and body movements. In cognitive development of Early childhood, they are able to receive positive messages and show self-reaction and recognize the concept of color and shape.
Keywords: Thematic Learning Method of Singing, Gross Motoric and Cognitive
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, Siti., dkk, (2008), Pembelajaran Terpadu, Jakarta: Universitas Terbuka.
Creswell, Jhon., (2015), Riset Pendidikan Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Creswell, John W., (2016), Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran, terj. Achmad Fawaid dan Rianayati K, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Daryanto, (2014), Pembelajaran Tematik Terpadu Terintegrasi (Kurikulum 2013), Yogyakarta: Gava Media.
Depag, (2005), Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Tematik, Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.
Dokumentasi Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) KB Fun Islamic School Purworejo, 10 Mei 2019.
Majid, Abdul., (2014), Strategi Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Noor, Juliansyah., (2013), Metode Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah, Jakarta: Kencana.
Nurani, Yuliani., (2014), Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, Bekasi: Yayasan Yebefo.
Sugiyono, (2016), Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2016), Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.
Wawancara dengan Ibu Tri Hadyati, S.Pd selaku Kepala KB Fun Islamic School Purworejo pada Tanggal 10 Mei 2019. Pukul 09.00 WIB.
Wawancara dengan Ibu Ade Ayu Mawarni, S.Pd selaku guru KB Fun Islamic School Purworejo pada Tanggal 10 Mei 2019. Pukul 09.30 WIB.
Wawancara dengan Ibu Ika Nurhidayati, S.Pd selaku guru KB Fun Islamic School Purworejo pada Tanggal 10 Mei 2019. Pukul 10.00 WIB.
Febrialiasmanto. (2017). Gambaran Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar Propinsi Riau. Pesona Dasar (Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora), 5(2), 1–14. https://doi.org/10.24815/pear.v7i2.14753
Filtri, H., & Sembiring, A. K. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tinjau dari Tingkat Pendidikan Ibu Di Paud Kasih Ibu Kecamatan Rumbai. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 186–197. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i2.1179
Hijriati. (2016). Tahapan perkembangan kognitif pada masa early childhood. Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 1–17.
Karim, M. B. (2014). Meningkatkan Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal PG- PAUD Trunojoyo, 1(2), 103–113.
Kartini, K., & Waridah, W. (2018). Implementasi pembelajaran tematik pada pendidikan anak usia dini. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 5(2), 191–201. https://doi.org/10.21831/jppm.v5i2.23132
Khaeriyah, E., Saripudin, A., & Kartiyawati, R. (2018). Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 102. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3155
Kurnia Wijayanti & Luhur Bondan Pangestu, (2017), “Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Pra Sekolah”, paper dipresentasikan dalam Proceeding Unissula Nursing Conference, Fakultas Ilmu Keperawatan UNISSULA Semarang.
Maryati, S., & Mas’udah. (2018). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Tradisional Sunda Manda Modifikasi Di Paud Nur Amin Ridwan Gadingmangu Perak Jombang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Maulidiyah, E. C. (2017). Jurnal Asessment Motorik Anak Umur 4-5 Tahun. In Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak (Vol. 1, Issue 1, p. 20).
Nur, L., Mulyana, E. H., & Perdana, M. A. (2017). Permainan Bola Kecil Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini pada Kelompok B di TK Pertiwi DWP Kota Tasikmalaya. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 53–65. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7161
Sumiyati, S. (2018). Metode Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 78. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i1.2509
Suryaningsih. (2016). Bahasa Anak Usia Dini Di Lembaga Paud Melati Iima Madiun. November 2015, 132–135.
Susilawati. (2014). Penerapan Metoda Bernyanyi Dalam Meningkatkan Kecerdasan Berbahasa Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Deskriptif tentang Penerapan Metoda bernyanyi di PAUD Al Azhar Syfa Budi Parahyangan). Empowerment, 4(2252), 141–151.
Yuhasriati, & Dewi, W. (2016). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Bermain Rancang Bangun Balok Di Paud It Al Fatih Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–10.
Yusuf, Wiwin Fachrudin dan Imatuzzahiro, (2017), “Metode Bernyanyi Arab dengan Menggunakan Media Eraser Walk dalam Meningkatkan Hafalan Kosakata Bahasa Arab”, dalam Jurnal Al-Ghazwah, Fakultas Agama Islam Universitas Yudharta Pasuruan, Vol. 1, No.2, September.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.14600
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.