The Effect of Pop-Up Book Media On Children's Speech Ability
Abstract
ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media pop up book terhadap kemampuan berbicara anak. Penelitian dilakukan pada kelompok B dengan usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Baros, Kabupaten Serang-Banten khususnya di TK Kasih Bunda dan TK Mangga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian quasi eksperimen dengan desain non-equevalent control group design dengan sampel 30 anak, kelas B1 pada TK Kasih Bunda sebanyak 15 anak sebagai kelas eksperimen dan kelas B1 pada TK Mangga sebanyak 15 anak sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan selama 2 minggu, instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa pedoman observasi dengan analisis data menggunakan SPSS 22. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berbicara anak kelompok eksperimen saat pretest sebesar 38,47 dan untuk kelompok kontrol rata-ratanya sebesar 40,33. Sementara itu hasil posttest pada kelompok eksperimen rata-ratanya sebesar 42,93 % dan kelompok kontrol rata-ratanya menjadi 40,73%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pop up book terhadap kemampuan berbicara anak.
Kata Kunci : Media Pop Up Book, Kemampuan Berbicara, Anak Usia 5-6 Tahun
ABSTRACT. This study aims to determine whether or not influence of pop up book media on children’s speaking ability. The study was conducted on group B aged 5-6 years in Kindergarten, Baros District, Serang-Banten Regency, especially in Kasih Bunda Kindergarten and Mangga Kindergarten. The method used in this study is a quasy-experimental study with a non-equevalent control group design with a sample of 30 children, class B1 at Kasih Bunda Kindergarten as many as 15 children as the experimental class and class B1at Mangga Kindergarten as many as 15 children as control class. The research was conducted for 2 weeks, instrument used in this study showed that the average speaking ability of the experimental group children t the pretest was 38,47 and for the control group the average was 40,33. Meanwhile, the posttest results in the experimental group average 42,93% and the control group average 40,73%. This shows that the there is an influence of pop up book media on children’s speaking ability of children 5-6 years.
Keywords: Pop Up Book Media, Speaking ability, Children 5-6 years.
Full Text:
PDFReferences
Anies Solichah, L., Mariana, & Neni. (2018). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas Iv Sdn Wonoplintahan Ii Kecamatan Prambon. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(9), 1537–1547.
Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33
Fatimah A, Rosidah L, Kusumawardani R, Maryani K, Rosmilawati I, Kurniawati Y. Seminar Digital Pgpaud Untirta. 2019;
Hanifah, T. U. (2014). Pemanfaatan Media Pop-Up Book Berbasis Tematik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak Usia 4-5 Tahun (Studi Eksperimen Di Tk Negeri Pembina Bulu Temanggung). BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(2), 46–54.
Istasfi, N. E. (2016). Keefektifan Media Pop Up Book Terhadap Pemahaman Konsep Hewan Dalam Pembelajaran IPA Pada Siswa Tunagrahita Kategori Sedang Kelas IV SDLB Di SLB N 1 Sleman. 2016.
Khadijah. (2015). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.
Kurniawati, N., & Sartinah, E. (2016). Pengaruh Metode Bercakap-Cakap Berbasis Media Pop Up Book Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok a. PAUD Teratai, 5(3), 1–5.
MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 13.
Pentiernitasari, E. (2017). Pengaruh Metode Bercerita Dengan Media Gambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Di RA Raudhatul Islamiyah Kecamatan Bram Itam Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Jurnal Penelitian Universitas Jambi, 1–69. https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2130%0A
Putri, I. Y. (2013). Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Putri Aisyah Kebon IX Kecamatan Sungai Gelam. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Rahmawati, & Nila. (2013). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Penguasaan Kosakata Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Putera Harapan Surabaya. PAUD Teratai, 3(1), 5–6.
Rosidah, L. (2016). Pendidikan Dan Perkembangan Anak Usia Dini. Serang: FKIP UNTIRTA PUBLISHING.
Rully Indrawan, P. Y. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Menejemen, Pembangunan, dan Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.
Safri, M., & Sari, S. A. (2017). Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book Pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 107–113.
Setiyanigrum, R. (2020). Media Pop-Up Book sebagai Media Pembelajaran Pascapandemi. 2016, 2016–2020.
Sidabutar, D. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Kecerdasan Linguistik Anak Usia 5-6 Tahun Di Raudhatul Athfal (RA) Nurhayati Kecamatan Medan Tembung. 8(5), 55.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: ALFABETA CV.
Sunaryanto, M. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Dengan Media Poster Di Tk Aba Wonotingal Poncosari Srandakan Bantul Yogyakarta. Http://Journal.Student.Uny.Ac.Id/Ojs/Index.Php/Pgpaud/Article/View/320.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v5i2.14404
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.