Penggunaan Media Animasi dalam Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini

Asyiful Munar, Suyadi Suyadi

Abstract


ABSTRAK. Tujuan penelitian agar mengetahui tindakan pendidik dalam memanfaatkan media animasi untuk peningkatkan kemampuan menyimak anak usia dini dan mengetahui dampak lanjut dari memanfaatkan media animasi untuk peningkatan kemampuan menyimak anak selama pembelajaran berlangsung. Teknik yang digunakan berupa penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah TK IT Baitusshalihin yang terletak di Kecamatan Ulee Kareng Banda Aceh angkatan B2. Setelah dilakukan eksplorasi, peneliti menarik kesimpulan bahwa latihan instruktur dalam meningkatkan kemampuan menyimak anak melalui media animasi, berdasarkan persepsi dari Siklus I, tidak semuanya terlaksana. Perlu adanya tidakan lanjutan di Siklus II. Siklus I mendapat skor 3,22 dikategorikan kepada “Baik”, selanjutnya di Siklus II terjadi peningkatan yang mengagumkan, khususnya mendapatkan skor 3,66 dengan klasifikasi “sangat baik”. Media animasi yang dipilih sebagai media untuk meningkatkan kemampuan menyimak diharapkan dapat terus berkembang. Berdasarkan pada Siklus I nilai skor kriteria 52,08% dean keterangannya mulai berkembang (MB), Sehingga perlu adanya upaya pada Siklus II. Pada siklus II maka skor kriteria mengalami peningkatan sebesar 78,75% dengan keterangan berkembang sangat baik (BSB) dan sudah kepada kriteria penggunaan media animasi untuk meningkatkan kemampuan menyimak pada anak diketogorikan berhasil.

 Kata Kunci: kemampuan menyimak, media animasi, anak usia dini.

 

 ABSTRACT. Given the importance of listening skills for children, thus the task of educators in schools in creating / improving listening skills should use more interesting techniques or media. The purpose of the study was to find out the actions of educators in utilizing animation media to improve early childhood listening skills and to find out the further impact of using animated media to improve children's listening skills during learning. The subject is IT Baitusshalihin Kindergarten located in Ulee Kareng District, Banda Aceh, batch B2. After exploration, the researcher concluded that the instructor's training in improving children's listening skills through animation media, based on the perception of Cycle I, was not all implemented. Further action is needed in Cycle II. Cycle I got a score of 3.22 which was categorized as "Good", then in Cycle II there was an amazing increase, especially getting a score of 3.66 with the classification of "Very good". The animation media chosen as a medium to improve listening skills is expected to continue to grow. Based on Cycle I, the criteria score is 52.08% and the description is starting to grow (MB), so there needs to be an effort in Cycle II. In the second cycle, the criterion score increased by 78.75% with a very good description (BSB) and the criteria for using animation media to improve listening skills in children were categorized as successful.

Keywords: Listening Ability, Animation Media, Early Childhood.


Full Text:

PDF

References


Amini, Nur, dan Suyadi Suyadi. 2020. “Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini.” PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini 9(2):119–29. doi: 10.26877/paudia.v9i2.6702.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi aksara.

Ariska, Karin, dan Suyadi. 2020. “Penggunaan Metode Show and Tell Melalui Media Magic Box untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa dalam Pendidikan Anak Usia Dini.” SELING: Jurnal Program Studi PGRA I:137–45.

Awliyah, Rizka Febriyani, Fina Raudlatul Jannah , Suyadi, dan Arif Mustofa. 2019. “Aspek Perkembangan Bahasa Anak pada Tingkat Sekolah Dasar.” JPE (Jurnal Pendidikan Edutama) 6(1):59–64.

Chabib Syafrudin, Wahyu Pujiono. 2013. “Pembuatan Film Animasi Pendek ‘Dahsyatnya Sedekah’ Berbasis Multimedia Menggunakan Teknik 2d Hybrid Animation dengan Pemamfaatan Graphic.” 1(1):387.

Dhieni, Nurbiana. 2015. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: universitas terbuka.

Djamarah. 1991. Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar :Pers.

Fatimah, Enung. 2006. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia.

Hayati, Nur. 2014. “Penggunaan Media Film Animasi dalam Meningkatkan Kosakata Anak Usia 4-5 Tahun di Taman Kanak-kanak Islamiyah Pontianak dalam Meningkatkan Kosakata Anak Usia 4-5 Tahun di Taman Kanak- Kanak Islamiyah.” http://repository.unmuhpnk.ac.id/222/1/JURNAL%20NURHAYATI.pdf.

Isjoni. 2014. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.

Maghfi, Ulfah Nabilla, Suyadi. 2020. “Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak melalui Media Papan Pintar (smart board).” SELING-Jurnal Program Studi PGRA 6(2):157–70.

Otto, Beverly. 2015. Perkembnagan Bahasa pada Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Patilima, Hamid. 2015. Resilensi Anak Usia Dini. Jakarta: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Media Group.

Siregar, Hapsinah. 2013. Penggunaan Media AnimasiuUntuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun di Ra Al-Muttaqin 2017/2018. Vol. 53.

Sofia, Hartati. 2005. Hartati, Sofia. (2005). Perkembangan Belajar pada Anak Usia Dini. Jakarta: Dikti Depdiknas.

Sujiono, Anas. 2006. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali.

Susanto, Ahmad. 2001. Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: Prenada Media Group.

Suyadi, Maulidya Ulfa. 2013. Konsep Dasar Paud. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tarigan, Henry Guntur. 1994. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Ulfadhilah, Khairunnisa, dan Suyadi Suyadi. 2021. “Penggunaan Media Box of Number and Alfabeth untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitf, Bahasa dalam Mengenal Angka, dan Abjad.” Aulad: Journal on Early Childhood 4(1):67–77. doi: 10.31004/aulad.v4i1.93.

Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wiyani, Novan Ardy. 2012. Bina Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.13207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.