Penerapan Permainan Edukatif Puzzle untuk Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19

Ripa Natari, Dadan Suryana

Abstract


ABSTRAK. Pembelajaran yang dilaksanakan secara daring dikarenakan pandemic covid-19 telah berdampak bagi proses belajar di sekolah. Pembelajaran menjadi mengalami hambatan untuk melakukan pertemuan bersama anak-anak dan guru. Adanya hubungan yang baik antar orang tua dan guru akan sangat membantu proses pembelajaran dalam menerapkan permainan edukatif puzzle untuk mengembangkan aspek kognitif (pengetahuan anak). Metode penelitian menggunakan penelitian kepustakaan atau library research. Penelitian ini menggunakan sumber data sekunder dari berbagai macam literatur yang berhubungan dengan objek penelitian (buku-buku, jurnal, majalah, artikel, website). Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui cara penerapan permainan edukatif puzzle untuk mengembangkan aspek kognitif anak usia dini di masa pandemi covid-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan edukatif puzzle dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal dan menyebut lambang bilangan. Dengan batasan covid-19 ini proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan RPPH yang telah dirancang oleh guru, sistem pembelajaran dilaksanakan dengan cara daring seperti whatsapp, zoom dan youtube.

 

Kata Kunci:  permainan edukatif, puzzle, kognitif, covid-19

ABSTRACT. Learning carried out online due to the COVID-19 pandemic has had an impact on the learning process in schools. Learning becomes an obstacle to holding meetings with children and teachers. The existence of a good relationship between parents and teachers will greatly assist the learning process in applying educational puzzle games to develop cognitive aspects. The research method uses library research or library research. This study uses secondary data sources from various kinds of literature related to the object of research (books, journals, articles, websites). The purpose of this study was to find out how to apply puzzle educational games to develop cognitive aspects of early childhood during the COVID-19 pandemic. The results showed that educational puzzle games can improve children's cognitive abilities in recognizing and mentioning number symbols. With this covid-19 limitation, the learning process can run well and in accordance with the objectives of the RPPH that has been designed by the teacher, the learning system is carried out online such as, whatsapp, zoom and youtube.

 

Keyword: educational game, puzzle, cognitive, covid-19


Full Text:

PDF

References


Aisyah, E. N., Iriyanto, T., Astuti, W., & Yafie, E. 2019. “Pengembangan Alat Permainan Ritatoon Tentang Binatang Peliharaan sebagai Media Stimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini”. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 174-180. http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i32019p174

Al Mubarok, A. A. S., & Amini, A. 2019. “Kemampuan Kognitif dalam Mengurutkan Angka melalui Metode Bermain Puzzle Angka.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 77-89. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.221

Baiti, N. 202). “Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak di Masa Covid-19.” Prim Early: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini, 3(2), 113-127.

Fitriana, S. 2018. “Peranan Permainan Edukatif Dalam Menstimulasi Perkembangan Kognitif Anak.” Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 1(2), 131-144. http://dx.doi.org/10.29300/alfitrah.v1i2.1339

Holis, A. 2017. “Belajar melalui Bermain untuk Pengembangan Kreativitas dan Kognitif Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan UNIGA, 10(1), 23-37. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v10i1.84

https://covid19.go.id/

Ismawati, P. 2016. “Penggunaan Alat Permainan Edukatif “Puzzle Jam” Terhadap Kemampuan Kognitif “Mengenal Lambang Bilangan”. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 2(1), 63-71. https://doi.org/10.29062/seling.v2i1.218

Karim, M. B., & Wifroh, S. H. 2014. “Meningkatkan Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif”. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 1(2), 103-113. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v1i2.3554

Kurniawati, M., Tresnawaty, N., & Nuraeni, L. 2019. “Penerapan Metode Bermain Puzzle Stick Es Krim Anak Usia Dini Pada Kelompok B Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik.” Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(5), 263-267. http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p263-267

Minasari, A., Indraswati, D., Purwasito, A., & Setiawan, I. A. 2021. “Perkenalan Dunia Internasional sebagai Pendidikan Multikutural pada Anak Usia Dini melalui Metode Bermain Puzzle.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2124-2133. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.733

Mufarochah, S. 2020. “Pentingnya Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi.” AT-THUFULY: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 80-89.

Mulyaningsih, E., & Palangngan, S. T. 2021. “Pengaruh Permainan Puzzle terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan pada Anak Usia Dini.” Al-Gurfah: Journal of Primary Education, 1(1), 29-40.

Musi, M. A., Sadaruddin, S., & Mulyadi, M. 2018. “Implementasi Permainan Edukatif Berbasis Budaya Lokal Untuk Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak”. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 117-128. https://doi.org/10.24853/yby.1.2.117-128

Nurhidayah, N., & Jabir, M. 2020. “Studi Analisis Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah pada Anak Usia Dini Melalui Bermain Puzzle di Kelompok B T Al-Khairaat Kabonena Kota Palu.” Ana'Bulava: Jurnal Pendidikan Anak, 1(1), 53-62. https://doi.org/10.24239/abulava.Vol1.Iss1.4

Suryana, D. 2013. “Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Peraturan Menteri No. 58 Tahun 2009”. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 13(2), 53-61.

Suryana, D. 2014. Hakikat Anak Usia Dini. Padang: UNP Press Padang.

Suryana, D. 2018. Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak.

Susilowati, E., & Haji, S. 2018, March. “Pengaruh Permainan Puzzle terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di RA Muslimat NU 102 Raden Rahmat Asemkandang Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan.” In PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education (Vol. 3, No. 2, pp. 201-208).

Veronica, N. 2018. “Permainan Edukatif dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49-55. http://dx.doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1939

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. 2020. “Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138-1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740

Zed Mustika. 2004. Metode Penelitian Pustaka. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.13102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.