Strategi Pelaksanaan Belajar dari Rumah (BDR) pada Jenjang Taman Kanak-kanak di Masa Pandemi Covid-19

Aisyah Nurul Hurriyah Sani, Melvi Lesmana Alim, Naimah Naimah

Abstract


ABSTRAK. Berdasarkan surat edaran Mendikbud nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan pendidikan dalam masa tanggap darurat coronavirus disease untuk melindungi dan mencegah warga satuan pendidikan dari dampak buruk Covid-19, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berupaya memberi pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan layanan pendidikan dengan pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR). Berkembangnya teknologi dan faktor globalisasi mendorong sekolah khususnya pendidikan anak usia dini untuk menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi. Pembelajaran berlangsung secara daring atau menggunakan e-learning, namun beberapa anak didik masih membutuhkan pertemuan tatap muka untuk melengkapi proses belajar agar dapat tumbuh secara optimal. Penelitian ini membahas mengenai program kegiatan pendidikan anak usia dini di TK Masjid Syuhada Yogyakarta dengan penggunaan metode bleanded learning. Jenis penelitian menggunakan field research dengan pengumpulan data dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa program kegiatan yang dilakukan di TK Masjid Syuhada Yogyakarta menggunakan metode bleanded learning untuk meminimalisir kekurangan yang didapat dari sistem BDR, guru mendapatkan timbal balik atas pencapaian yang mereka lakukan dan peserta didik lebih termotivasi dalam kegiatan belajar.

Kata Kunci:  BDR, anak usia dini, program pendidikan

ABSTRACT. The development based on the Minister of Education and Culture circular number 4 of 2020 concerning the Implementation of Education in the Coronavirus Disease Emergency response period to protect and prevent education unit residents from the adverse effects of Covid-19, the Ministry of Education and Culture seeks to fulfill the rights of students to get educational services by implementing Belajar Dari Rumah (BDR). The development of technology and factors of globalization encourage schools, especially early childhood education to adapt to the changes that occur. Learning takes place online or using e-learning, but some students still need face-to-face meetings to complete the learning process in order to grow optimally. This study discusses the early childhood education activity program at the Syuhada Mosque Kindergarten Yogyakarta using the bleanded learning method. This type of research uses field research with data collection from observation, interviews and documentation. Data analysis in research is data reduction, data presentation, and verification. The results showed that the program of activities carried out at the TK Masjid Syuhada Yogyakarta using bleanded learning minimizes the shortcomings obtained from the BDR system, teachers get feedback on their achievements and students are more motivated in learning activities.

Keyword: BDR, early childhood, educational programs  


Full Text:

PDF

References


Albi Anggito, Johan Setiawan. 2018. “Metodologi Penelitian Kualitatif.” Jawa Barat: Jejak.

Alim, Melvi Lesmana. 2018. “Pengembangan Motorik Halus Anak dengan Penerapan Metode Drill dalam Kegiatan Mewarnai Gambar Media Krayon Di Pos Paud Aqila Kids Rimbo Panjang.” 1(1):55–66.

Asian, United Nations. 2014. “Open and Distance Learning in Asia and the Pacific.” (May):3–74.

Febrialismanto, Febrialismanto, and Hidayatun Nur. 2020. “Kemampuan Guru Menggunakan TIK Untuk Pengembangan Di Taman Kanak-Kanak.” KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education 2(2):101. doi: 10.24014/kjiece.v2i2.8296.

Fitriana, N. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning pada Mata Kuliah Pemisahan Kimia Materi Kromatografi Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar.” Journal of Educational Inovation 4(1):46–54.

Handayani, Oktarina Dwi. 2021. “Persepsi Orangtua terhadap Pelaksanaan Belajar dari Rumah pada Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(2):1754–63. doi: 10.31004/obsesi.v5i2.975.

Hukmana, Siti Yona. 2020. “Kemendikbud Diminta Sosialisasikan Surat Edaran Soal Belajar dari Rumah.” Medcom.Ic, November 16.

Kemendikbud. 2020. “Surat Edaran Sekretaris Jenderal No.15 Tahun 2020 Pedoman Pelaksanaan Belajar dari Rumah Selama Darurat Bencana COVID-19 Di Indonesia.” Sekretariat Nasional SPAB (Satuan Pendidikan Aman Bencana) (15):1–16.

Lee, I. Fang. 2020. “Crisis of Care and Education in the Early Years: Paradoxical Moments in the Global Pandemic.” Global Studies of Childhood 10(4):385–94. doi: 10.1177/2043610620978491.

Pannen, Paulina. 2021a. Quality Assurance in Online Learning at Scale at the Indonesia Cyber Education Institute.

Pannen, Paulina. 2021b. “The Lecturers And Students Satisfaction In Conducting Online Learning During Covid-19 Pandemic.” Jurnal Kesehatan 8(2):131–37. doi: 10.35913/jk.v8i2.204.

Pramana, Cipta. 2020. “Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dimasa Pandemi Covid-19.” Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini 2(2):116–24. doi: 10.35473/ijec.v2i2.557.

Simarmata, Janner, Choms Gary Ganda Tua Sibarani, and Tauada Silalahi. 2019. Pengembangan Media Animasi Berbasis Hybrid Learning. edited by T. Limbong. Yayasan Kita Menulis.

Suhendro, Eko. 2020. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di.” Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 5(September):133–40.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.12936

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.