Strategi Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Kartu Bergambar bagi Anak Usia Dini dalam Bingkai Islam dan Perspektif Pakar Pendidikan
Abstract
ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi peningkatan kemampuan membaca permulaan anak usia dini dalam bingkai Islam dan pandangan pakar pendidikan. Penelitian ini merupakan library research, dengan mengambil objek penelitian dari buku-buku yang memperkuat teori bahwa media kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan usia dini. Analisis data adalah analisis kualitatif, menggunakan sistematika grand concept yaitu model teori yang berangkat dari proposisi universal untuk melandasi semua konstruksi lebih lanjut. Penelitian menunjukkan bahwa strategi peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini dalam bingkai Islam menekankan pentingnya menyampaikan kata atau ucapan-ucapan yang sesuai dengan akal pikiran anak sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman (H.R. Bukhari). Strategi peningkatan kemampuan membaca pada anak usia dini dapat dilakukan dengan berbagai metode yakni pendidik membawa suasana pembelajaran aktif dan menyenangkan; mendesain suasana belajar (rileks); ada musik; mengonsentrasikan berbagai pendekatan sesuai VAK (visual, audio visual, kinestetik); dan memperhatikan kondisi dan perbedaan individual anak di saat mengadakan aktivitas membaca.
Kata Kunci: membaca permulaan, Islam, pakar pendidikan
ABSTRACT. This study aims to determine strategies to improve early childhood reading skills within the framework of Islam and the views of educational experts. This research is a literature research (library research) by taking the object of research from books which reinforces the theory that picture card media can improve reading ability at an early age. Data analysis is a qualitative analysis using a systematic grand concept, which is a theoretical model that departs from universal propositions to underlie all further constructs. Research shows that: strategies to improve early reading skills in early childhood in an Islamic framework emphasize the importance of conveying words or utterances that are in accordance with the child's mind so as not to cause misunderstandings (H.R. Bukhari). Strategies to improve reading skills in early childhood can be carried out using various methods: Educators bring an atmosphere of active and fun learning; designing a learning atmosphere (relax); there is music; concentrate various approaches according to VAK (visual, audio visual, kinesthetic); and pay attention to the child's condition (individual differences) when carrying out reading activities.
Keywords: beginning reading, Islam, education expert
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini.Jakarta: Prenada Media Group.
Al-Madkhal ila al-Sunan al-Kubra al-Baihaqi, Mauqi’ al-Jami’ al-Hadits, (Hadis No. 498), Juz. 2, (Maktabah Syamilah).
Ana Widyastuti. 2017. Kiat Jitu Anak Gemar Baca Tulis. Jakarta: Gramedia.
Aning Sri Wahyuni. 2016. Pengaruh Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini (Studi Eksperiment pada Anak Kelompok B di Kecamatan Pace Kabupaten Ngajuk). Kediri: Skripsi.
Arif Hidayat. 2016. Nilai-Nilai dalam Pendidikan Karakter. Purwokerto: Institut Agama Islam Negeri.
Aulia. 2011. Mengajarkan Balita Anda Membaca. Yogyakarta: Intan Media.
Azhar Arsyad. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Bobi DePorter & Mike Hernacki.2000. Quantum Learning. Bandung: Mizan.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Jogjakarta: Gaya Media.
Departemen Agama RI. 1992. Al-Qur’an dan Terjemah. Jakarta: Departemen Agama RI.
Dina Indriana. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.
Dwi Sunar Prasetyono. 2008. Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca pada Anak Sejak Dini. Yogyakarta: Think.
Fadillah. 2017. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia.
Farida Rahim. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hana Lestiana. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5 – 6 Tahun di TK Darma Wanita Hanura. Bandar Lampung: Skripsi.
Hasnida.2014. Media Pembelajaran Kreatif. Jakarta Timur: Luxima Metro Media.
Hesti Januarini, dkk. 2016. Penerapan Model Berbantuan Media Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak.Indonesia:Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.Volume 4. No. 1.
Jo Lioe Tjoe. 2013. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pemanfaatan Multimedia. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 7, No 01.
Lilis madyawati. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa. Jakarta: Kencana.
Lilis Madyawati. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.
Ramli. 2015. Media Pembelaran dalam Perfektif al–Quran dan Hadist. Kalimantan: Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan. Volume 13.
Muazar Habibi. 2018. Analisis Kebutuhan Anak usia Dini. Yogyakarta: Depublish.
Muhammad bin Futuh al-Hamidi. 2002. Al-Jam’u baina al-Shahihain Bukhari wa al-Muslim, Bairut: Dar al-Nasyr.
Mujiddin Abus Sa’adat al-Mubarak bin al-Muhammadi al-Zuzuri ibn al-Atsir. 1969. Jami’ al-Ushul fi Ahadits al-Rasul, Maktabah Dar al-Bayan.
Mursid. 2013. Membangun Soft Skills Anak-anak Hebat. Bandung: Alfabeta.
Noeng Muhadjir. 1996. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo.
Noeng Muhadjir. 1998. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rakesarasin.
Nurbiana Dhieni, dkk. 2012.Metode Pengembangan Bahasa. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Putu Jessica Dewi Anggraeni. 2019. Media Kartu Bergambar sebagai Media Pengajaran dalam Keterampilan Membaca pada Kelompok Belajar B anak usia 5 – 6 Tahun di TK Bali Kiddy. Vol 5, No 2.
Sadiman.2006. Media Pendidikan.Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiono. 2008. Memahami Penelitian Kulaitatif. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 1998. Prosedur Penelitian:Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Undang – Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasioal Bab 1 ayat 14.
Wina Sanjaya. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Zuhairansyah Arifin. 2011. Quantum Learning and Teaching Menuju Pembelajaran Bermakna. Pekanbaru: Program Pasca Sarjana UIN Suska Riau, Volume 10, Nomor 1.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.12245
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.