Redesain Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Bercerita

Dini Anggraeni, Hibana Hibana

Abstract


Kreativitas membangun pengetahuan yang bermanfaat untuk masa depan anak. Sesuatu hal  yang keterampilan maupun kemampuan dalam menciptakan maupun mengembangkan sesuatu yang baru, menemukan cara dalam pemecahan masalah, mengembangkan potensi dan kualitas dirinya, mengekpresikan diri, serta menuangkan ide-ide baru merupakan definisi dari kretivitas anak usia dini. Bercerita membangun relasi diri anak, membuka lebar imajinasi anak dan sangat baik dalam mengembangkan jiwa kreatif anak. Kreativitas anak sangat diperlukan dalam membangun pengetahuannya. Maka penulis melakukan penelitian ini dengan tujuan mengembangkan kemampuan anak terkhususnya anak usia dini dibidang  kreativitas dengan cara melalui kegiatan bercerita. Dalam penelitian ini yang digunakan yaitu jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode library research atau yang lebih dikenal studi pustaka. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan cara menelaah  jurnal, buku, sumber-sumber data dan informasi lainnya yang relavan dengan kajian. Pada penelitian ini menggunakan anlisis data deskriptif  yang dengan metode rereduksi data dan analisis data serta penarik kesimpulan. Sedangkan, hasil penelitian ini menunjukan  bahwa kreativitas secara alamiah dimiliki oleh setiap anak, akan tetapi kreativitas dapat meningkat apabila adanya dukungan yang baik dari lingkungan. Lingkungan anak yang mencakup lingkungan keluarga, sosial maupun sekolah berperan penting dalam mengoptimalkan perkembangan anak khususnya perkembangan kreativitas anak. Kurangnya dukungan dan suasana yang tepat dari lingkungan dapat menghambat kreativitas anak. Pengembangan kreativits anak bisa dikembangkan melalui kegiatan bercerita. Dengan bercerita anak dapat terstimulasi perkembangnnya menjadi lebih maksimal.


Full Text:

PDF

References


Adhani, D. N., Hanifah, N., & Hasanah, I. (2017). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain Warna. Pg-Paud Trunojoyo, 4(1), 64–75. https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/3569/2628

Asmawati, L. (2017). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Terpadu Berbasis Kecerdasan Jamak. Pendidikan Anak Usia Dini, 4. https://doi.org/10.21009/JPUD.111%0A

Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99

Azizah, A. (2017). Studi kepustakaan mengenai landasan teori dan praktik konseling naratif. Jurnal BK UNESA, 7(2), 1–7. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/18935/17288

Bachri, S. (2005). Pengembangan Kegiatan Bercerita di Taman Kanak-Kanak, Teknik dan Prosedurnya. Departeman Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Penguruan Tinggi.

Daskolia, M., & Kampylis, P. G. (2012). Secondary teachers ’ conceptions of creative thinking within the context of environmental education. 7(2), 269–290. http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ990520.pdf

Dere, Z. (2019). Investigating the creativity of children in early childhood education institutions. Universal Journal of Educational Research, 7(3), 652–658. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.070302

Ghufron, M, N., & S, Rini, R. (2014). Teori-Teori Psikologi. Ar Ruzz Media.

Hasanah, U., & Priyantoro, D. E. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Origami. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 61. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i1.1340

Heldanita. (2018). Pengembangan Kreativitas Melalui Eksplorasi. Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini ISSN Online 2502-3519, 3(1), 53–64. https://doi.org/10.14421/jga.2018.53-64

Leggett, N. (2017). Early Childhood Creativity: Challenging Educators in Their Role to Intentionally Develop Creative Thinking in Children. Early Childhood Education Journal, 45(6), 845–853. https://doi.org/10.1007/s10643-016-0836-4

Mardhiyana, D., Octaningrum, E., & Sejati, W. (n.d.). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. 672–688. http://journal.ummes.ac.id/sju/index.php/prisam/articel/view/21686

Masnipal. (2018). Menjadi Guru PAUD Profesional. Remaja Rosdakarya.

Miranda, D. (2016). Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini di Kota Pontianak. Jurnal of Prospective Learning, 1(1), 60–67. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/lp3m

Mirzaqon, A., & Purwoko, B. (2018). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing Library. Jurnal BK UNESA, 1, 1–8. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/22037/20201

Montessori, M., & Utami, P. (2020). Dr. Montessori’s own Handbook. Bentang Pustaka.

Mulyani, N. (2018). Perkembangan Dasar Anak Usia Dini. Penerbit Gaya Media.

Mulyani, N. (2019). Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2017). Manajemen PAUD. Remaja Rosdakarya.

Nisa, T. F., & Fajar, Y. W. (2016). Strategi pengembangan kreativitas pendidikan anak usia dini dalam pembelajaran. Pg Paud, 2(2), 118–127. https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/3497

Purnama, S., Hijriyani, Y. S., & Heldanita. (2019). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini. Remaja Rosdakarya.

santrock, John, W. (2011). Educational Pychology. Mc Graw Hill Education.

Sari, R. P. (2017). Kreativitas Bermain Anak Usia Dini. Jurnal Pusaka, 1(9), 1–27. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i1.499

Sit, M., Khadijah, Wahyuni, S., Rohani, Nurhayani, Sitorus, Ahmad, S.,

Armayanti, R., & Lubis, H. Z. lubis. (2016). Pengambangan Kreativitas Anak Usia Dini Teori dan Praktik. perdana publishing.

Susanto, A. (2018). Pendidikan Anak usia Dini (Kosep Dan Teori) (p. 77). Bumi Aksara.

Wandi, Z. N., & Farida, M. (2019). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 363. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347

Wojcihowski, M., & Ernst, J. (2018). International Journal of Early Childhood. 6(1).https://naturalstart.org/sites/default/files/journal/ijecee_fall_2018_full_journal.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i1.12196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.