Hubungan Antara Keterampilan Bernyanyi Dengan Kemampuan Berbahasa AUD
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) keterampilan bernyanyi di kelompok A2 RA Al-Muhajir Bandung, (2) kemampuan berbahasa anak usia dini di kelompok A2 RA Al-Muhajir Bandung, (3) hubungan antara keterampilan bernyanyi dengan kemampuan berbahasa anak usia dini di kelompok A2 RA Al-Muhajir Bandung. Kemampuan berbahasa anak usia dini, dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu dengan bernyanyi. Bernyanyi adalah suatu kegiatan yang disukai serta dapat merangsang kemampuan berbahasa anak, dengan bernyanyi dapat membantu anak dalam mempelajari, menguasai dan mempraktikan suatu materi yang disampaikan oleh pendidik. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik A2 RA Al-Muhajir Bandung. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dengan jumlah peserta didik 12 siswa. Kemudian untuk melihat keabsahan data dianalisis secara deskriptif, dengan analisis parsial dan analisis korelasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan beryanyi di kelompok A2 RA Al-Muhajir Bandung tergolong pada kualifikasi cukup dengan nilai 63 berada pada interval 60 – 69 , maka perkembangan anak berada pada kategori mulai berkembang (MB), kemampuan berbahasa anak usia dini di kelompok A2 RA Al-Muhajir Bandung tergolong pada kualifikasi cukup dengan nilai 65 berada pada interval 60 – 69, maka perkembangan anak berada pada kategori mulai berkembang (MB). Terdapat pula hubungan yang signifikan antara keterampilan bernyanyi dengan kemampuan berbahasa anak usia dini di kelompok A2 RA Al-Muhajir Bandung dengan hubungan yang tinggi yaitu sebesar 0,71 yang berada pada interval 0,600 – 0,799. Kontribusi yang diberikan keterampilan bernyanyi terhadap kemampuan berbahasa anak usia dini yaitu sebesar 29% dan 71% dipengaruhi oleh faktor lain. Jadi kesimpulannya dari penelitian ini adalah keterampilan bernyanyi memiliki hubungan yang kuat dengan kemampuan berbahasa anak usia dini, karena mampu meningkat 29%.
Full Text:
PDFReferences
Aisyah Siti dan Heri Hidayat. (2015). Aktivitas Mengajar TK/RA dan PAUD. Bandung: CV Arvino Raya
Diah Ayuningsih. (2010). Psikologi Perkembangan Anak. Yogyakarta: Pustaka Lestari
Dyansah, Mora. (2020). Meningkatkan Perkembangan Seni Anak Usia Dini 4 – 5 Tahun di TK Pinang Masak [Skripsi]. Jambi: Universitas Jambi
Emzir. (2014). Metodelogi Penelitian; Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Raja Pers
Fauziddin. (2016). Penerapan Belajar Melalui Bermain Balok Unit Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Curicula. 1(3)
Hasan, Maimunah. (2010). Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press
Hayati, Tuti. (2014). Pengantar Statistika Pendidikan. Bandung: CV Insan Mandiri
Isnaningsih Anti. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Bahasa Melalui Bernyanyi dan Bercerita Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak TK ABA Seropandlingo Bantul Yogyakarta [Skripsi]. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Jamaris, M. (2005). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo
Kountur, R. (2009). Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: PPM
Nana, S.S. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda Karya
Nurul Husna. (2018). Hubungan Kemampuan Guru Bercerita dengan Kemampuan Anak Usia 5-6 Tahun dalam Menyimak Di RA Al-Kamal Lau Dendang [Skripsi]. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatra Utara
Rika Nur’aeni. (2016). Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Anak usia Dini Melalui Metode Bernyanyi Bebas Gerak dan Lagu (Penelitian Tindakan Kelas pada Anak kelompok A TK Tunas Ceria Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung) [Skripsi]. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Rizka Rahmadhani J. S. (2018). Pengaruh Kegiatan Bernyanyi Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK Hikmatul Fadhilah Kota Medan [Skripsi]. Medan: Universitas Negeri Medan
Sukardi. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Syah, M. (2017). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Rosdakarya
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i1.12074
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.