OPTIMALISASI PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DALAM PEMBELAJARAN AREA SENI MELALUI KEGIATAN MERONCE

Wulan Sofia Fitri, Sariah Sariah, Nurhasanah Bakhtiar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun dalam pembelajaran area seni melalui kegiatan meronce. Kegiatan meronce merupakan salah satu kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuan sosial anak. Pertanyaan yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah optimalisasi perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun dalam pembelajaran area seni melalui kegiatan meronce. Penelitian ini merupakan penelitian literer dengan mengambil objek penelitian dari buku-buku yang memperkuat teori bahwa model pembelajaran area seni melalui kegiatan meronce dapat meningkatkan perkembangan sosial sehingga tujuan dari pembelajaran mampu tercapai. Kepustakaan baik berupa buku, catatan, maupun laporan hasil penelitian terdahulu. Untuk memperoleh data dengan topik permasalahan tersebut penulis menggunakan penelitian (library research), yaitu metode untuk memperoleh data dari buku-buku yang relevan dengan masalah-masalah tersebut. Analisis data dilakukan dengan deduktif yaitu, pemikiran yang bertolak pada fakta-fakta yang umum kemudian ditarik pada suatu kesimpulan yang bersifat khusus dan induktif, yaitu dengan cara mengambil suatu kesimpulan dari situasi yang konkret menuju pada hal-hal yang abstrak atau dari pengertian yang khusus menuju pengertian yang bersifat umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seni berhubungan dengan etika, dari kegiatan meronce anak dapat mengembangkan kemampuan sosial, di dalam kegiatan tersebut anak dapat menaati peraturan yang diberikan oleh guru dengan berinteraksi langsung sesama teman sebayanya akan menjalin persahabatan dan komunikasi yang baik antar anak pada saat melakukan kegiatan, hingga terjalin kerjasama yang baik di dalam satu kelompok belajar antar anak dalam menyelesaikan kegiatan di area seni dan anak mampu menghargai hasil karya orang lain.

 

Kata Kunci: Perkembangan Sosial, Pembelajaran Area Seni, Meronce

 


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. 2006. Sosiologi Pendidikan. Surabaya: Bina Ilmu Dinas-Direktorat PAUD.

Bagus, Lorens. 2002. Kamus Filsafat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Bungin.2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fidesrinur. 2018. Pedoman Penanaman Sikap pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Hijriati. 2017, Pengembangan Model Pembelajaran Anak Usia Dini, Jurnal Tarbiyah dan Keguruan Uin Ar-Raniry. Vol. 3(1), 78.

Isjoni. 2011. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabet.

Leaman, Oliver. 2005. Estetika Islam: Menafsir Seni dan Keindahan, terj. Irfan Abubakar. Bandung: Mizan.

Lita. 2017. Tesis: Pendidikan Seni Rupa dan Implikasinya Terhadap Imajinasi Kreatif dan Sosial Emosional Anak Usia Dini di TK Mekarraharja Telaga Majalengka Jawa Barat. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Mursid. 2015. Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosda karya.

Nasr, Seyyed Hossein. 2001. Islam Antara Cita dan Fakta, terj. Abdurrahman Wahid dan Hasyim Wahid. Yogyakarta: Pusaka.

Nugraha, Ali, dkk. 2006. Metode Pengembangan Sosial Emosional. Jakarta: Universitas Terbuka

Pamadhi, Hajar dkk. 2012 Seni Keterampilan Anak. Tanggerang Selatan: Universita Terbuka.

Sachari, Agus. 2006. Estetika. Bandung: Penerbit ITB.

Sugiyono. 20008. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabet.

Sumarto. 2016, Pengaruh Meronce Manik-manik Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 7-8 Tahun, Jurnal PG-PAUD Trunojoyo. 3(2), 156.

Suyana, Dadan. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana.

Syamsuddin, Abin. 2002. Psikologi Kependidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zulkifli, Dewi. Nurhayati. 2018 Pembelajaran terpadu Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Pekanbaru: Kreasi Edukasi.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v3i2.10973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.