OPTIMALISASI PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DALAM PEMBELAJARAN AREA SENI MELALUI METODE BERMAIN PERAN

Hartinah Hartinah, Nurhayati Nurhayati, Nurkamelia Mukhtar

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah metode bermain peran dapat meningkatkan perkembangan sosial dan emosional anak. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research). Penelitian kepustakaan adalah penelitian yang dilakukan di perpustakaan dimana objek penelitian biasanya digali lewat beragam informasi kepustakaan (buku, ensiklopedia, jurnal ilmiah, koran, majalah, dan dokumen). Sumber data pada penelitian kepustakaan yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Teknik pengumpulan data adalah teknik dokumenter. Teknik analisis yang digunakan yaitu deduktif, metode deskriptif dan analisis dokumen. Hasil penelitian yaitu bermain peran dapat meningkatkan aspek perkembangan pada anak, salah satunya yaitu aspek perkembangan sosial emosional anak, dibuktikan dengan anak suka menolong teman dan orang dewasa, anak mau berbagi dengan orang lain, anak terbiasa bersikap ramah, anak terbiasa menghormati yang lebih tua, anak mendengarkan dan memperhatikan saat teman mereka bicara, anak mampu membedakan perbuatan yang benar dan salah, mampu bertanggung jawab, anak mampu bekerjasama, anak mampu mengenal perasaan sendiri serta mengelola secara wajar, dan anak mampu menunjukan sikap empati. 

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Siti. dkk. 2014. Pembelajaran Terpadu. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Amri, Nur Alim. 2017. Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Komunikasi (Bahasa Ekspresif) Anak Taman Kanak-kanak Raudhatul Athfal Alauddin Makassar. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran Volume 1 Nomor 2.

Departemen Agama RI. 2009. Al-Qur’an dan Terjemahan. Bandung: Sygma Examedia Arkanleema.

Dewi, Kadek Novia. 2017. Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanak Gugus VII Kecamatan Buleleng. e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Volume 5. No. 3.

Dimyanti, Johni. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Kencana.

Djaelani, Mustofa. 2010. Metode Penelitian Bagi Pendidik. Jakarta Barat: Multi Kreasi Satu Delapan.

Fitriani, Amallia Putri. dkk. 2019. Peningkatkan Kemampuan Sosial Anak Melalui Permainan Jamuran. Jurnal Pendidikan Modern Volume 4 Nomor 3.

Gunarti, Winda. 2018. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Hamdayama, Jumanta. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah. 2011. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasballah, Fachruddin. 2006. Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. Banda Aceh: Yayasan Pena.

Isjoni. 2014. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.

Kerangka Dasar Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Pusat Kurikulum Derpartemen Pendidikan Nasional 2007.

Khasanah, Sidratul. 2017. Impementasi Bermain Peran dalam Mengoptimalkan Sosial Emosional Anak Kelompok B2 di Play Group-Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (PG-TKIT) Salsabila Al Muthi’in Yogyakarta. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Kurnia, Rita. 2011. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Pekanbaru: Cendikia Insani.

Kurniawan, Asep. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Latif, Mukhtar. dkk. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.

Lestari, Puji. 2018. Efektifitas Metode Bermain Peran dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Taman Kanak-kanak Assalam 2 Sukarame Bandar Lampung. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Maria, Ina dan Eka Rizki Amalia. Perkembangan Aspek Sosial-Emosional dan Kegiatan Pembelajaran yang Sesuai untuk Anak Usia 4-6 Tahun. Institut Pesantren K.H. Abdul Chalim Mojokerto.

Mulyani, Novi. 2018. Perkembangan Dasar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.

Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Musfiroh, Tadkiroatun. 2015. Bermain dan Permainan Anak. Tanggerang Selatan: Univeritas Terbuka.

Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: kencana.

Nugraha, Ali dan Yeni Rachmawati. 2006. Metode Pengembangan Sosial Emosional. Jakarta: Universitas Terbuka.

Noor, Muhammad. 2019. Psikologi Perkembangan PAUD. Tangerang: Loka Aksara.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Rahmah. 2017. Buku Ajar Metode Pengembangan Kognitif Anak. Sekolah Tinggi Ilmu Kependidikan Aisyiyah Riau Pekanbaru.

Roetiah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakatra: Rineka Cipta.

Siswanti, Heny Anita. 2014. Pengembangan Kemampuan Emosional Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-kanak Pertiwi Mlese II Cawas Klaten. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sit, Masganti. 2017. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Sulistyowati, Sri. 2012. Penggunaan Metode Bermain Kooperatif dalam Upaya Peningkatkan Perkembangan Sosial Emosi Pada Kelompok B di TK Aisyiyah Alastuwo Kebakkramat. Program Studi PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Suminar, Dewi Retno. 2019. Psikologi Bermain: Bermain dan Permainan Bagi Perkembangan Anak. Surabaya: Airlangga University Press.

Suriyati, dkk. Peningkatan Sosial Emosional Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK. Progran Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.

Suyadi dan Maulidya. 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wijaya, Widarmi D. dkk. 2014. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Tangeran Selatan: Universitas Terbuka.

Yuniawati, Poppy. 2020. Penelitian Studi Kepustakaan. Bandung: E-learning FKIP Unpas.

Yus, Anita. 2011. Penilaian Pengembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana.

Zed, Meztika. 2014. Metodologi Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2014.

Zakiya, Farida Mayar. 2020. Menstimulasi Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Seni Permainan Tradisional. Universitas Negeri Padang Vol. 2 No.2.

Zulkifli. Dewi Sri Suryanti dan Nurhayati. 2018. Pembelajaran Terpadu Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Pekanbaru: Kreasi Edukasi.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v3i2.10916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.