Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa pada Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan
Abstract
This study aims to determine the increase in scientific attitudes and cognitive learning outcomes of students in plant ecology courses through the application of problem-based learning models. This research was conducted on 4D grade students of the Biology Education Study Program, FKIP Riau Islamic University. This research is a classroom action research conducted in two cycles, each cycle consisting of four stages, namely planning, implementing, observing, and reflecting. Data were collected through observation sheets and cognitive learning outcomes tests. The results of data analysis in the first and second cycles showed an increase in students' scientific attitudes by 12.03% and an increase in student absorption from the first cycle to the second cycle by 5.5% and classical completeness increased by 20% from the first cycle to the second cycle. In general, it can be concluded that the application of problem-based learning models can improve scientific attitudes and cognitive learning outcomes of 4D grade students of the Biology Education Study Program, FKIP Riau Islamic University in plant ecology courses.
Keywords: cognitive learning outcomes, scientific attitude, problem based learning model
ABSTRAK.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif mahasiswa pada mata kuliah ekologi tumbuhan melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa kelas 4D Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Islam Riau. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes hasil belajar kognitif. Hasil analisis data siklus pertama dan kedua menunjukkan adanya peningkatan sikap ilmiah mahasiswa sebesar 12,03% dan daya serap mahasiswa mengalami peningkatan dari siklus pertama ke siklus kedua sebesar 5,5% serta ketuntasan klasikal meningkat sebesar 20% dari siklus pertama ke siklus kedua. Secara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif mahasiswa kelas 4D Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Islam Riau pada mata kuliah ekologi tumbuhan.
Kata kunci: Hasil belajar kognitif, sikap ilmiah, model pembelajaran berbasis masalah
Full Text:
PDFReferences
Aprilianti, L., Irawati, S., & Kasrina, K. (2018). Peningkatan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa dengan Model Problem Based Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 58–67.
Arikunto, S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sumiati & Asra. (2007). Model Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Handayani, I., & Suardana, M. (2015). Komparasi Peningkatan Pemahaman Konsep dan Sikap Ilmiah Siswa SMA yang Dibelajarkan Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 5(1), 1–12.
Mulyasa, E. (2006). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rosmarita. (2010). Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X4 SMAN 2 Siak Hulu Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi – FKIP-UIR. Pekanbaru.
Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Rustaman, N. (2007). Strategi Pembelajaran Biologi. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Selamet. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas X3 SMA Negeri 14 Pekanbaru 2015/2016. Jurnal Pendidikan Matematika Tambusai, 5(3), 1–14.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Israfiddin, I., Gani, A., & Saminan, S. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Gerak Di SMP Negeri 2 Delima. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 4(1).
Sobur. (2003). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Ismiani, S., Syukri, S., & Wahyudiati, D. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Problem Based Learning Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII MTs NW 01 Kembang Kerang. Biota, 10(1), 104-113.
Susanti, P. D. A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah ( Problem Based Learning ) Pada Siswa Kelas V SDN Purwasari III Kabupaten Karawang. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 495–500.
Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progresif. Jakarta: Kencana.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.
Usman, U. (2010). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9355
Refbacks
- There are currently no refbacks.