Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer Instruction terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Laju Reaksi
Abstract
This research aimed at knowing the effect of implementing peer instruction integrated guided inquiry model on reaction rate lesson toward student critical thinking ability. it was conducted at the first semester in the academic year of 2018/2019, and it was on reaction rate lesson at the eleventh-grade students of natural science 1 and 2 of state senior high school 2 tapung, kampar regency. it was a quasi-experiment with pretest-posttest group experimental design. 51 students were the samples, and purposive sampling technique was used in this research. instruments were essay test in the form of pretest and posttest and observation sheet. the obtained data showed that there was a significant effect of peer instruction integrated guided inquiry model on reaction rate lesson toward student critical thinking ability, about 8,4%.
Keywords: guided inquiry, peer instruction, critical thinking ability, reaction rate.
ABSTRAK.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing integrasi peer instruction pada materi laju reaksi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada 2 kelas yaitu XI MIA 1 dan XI MIA 2 SMA Negeri 2 Tapung Kabupaten Kampar tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan design pretes-postes. Sampel sebanyak 51 orang siswa dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes essay dan lembar observasi. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing integrasi peer instruction pada materi laju reaksi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 8,4%.
Kata kunci: inquiri terbimbing, berpikir kritis, laju reaksiFull Text:
PDFReferences
Agustin, Y. (2016). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Laju Reaksi Melalui Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan dan Pemelajaran Kimia, 5(3), 98–112.
Arantika, J., Sahputra, R., & Sartika, R. P. (2014). Pengaruh Inkuiri Berbantuan Pictorial Riddle terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Koloid di SMA (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).
Loliwa, I. A. N. (2016). Model Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer Instruction Disertai LKS Berbasis Multirepresentasi Terhadap Kemampuan Representasi Verbal dan Matematika. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(5), 555-563.
Fajariyah, N., Utami, B., & Haryono, H. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas XI SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK)
Fitri, I., & Fatisa, Y. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Mendukung Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Materi Sistem Koloid. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 181–190.
Nur’Azizah, H., Jayadinata, A. K., & Gusrayani, D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Energi Bunyi. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 51–60.
Hendra, S. (2011). Strategi Jitu Mencapai Kesuksesan Belajar. Jakarta: Efek Media Komputindo.
Kartimi. (2013). Alat Ukur Keterampilan Berpikir Kritis Konsep Kimia untk Siswa SMA. Yogyakarta: Deepublish.
Kurniawati, I. D., & Diantoro, M (2014). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer Instruction Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(1), 36–46.
Sulviani, O., Muslimin, M., & Pasaribu, M. (2013). Pengaruh Peer Instruction dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pokok Bahasan Usaha Dan Energi Siswa SMAN 2 Sigi. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 4(4).
Zhou, Q., Ma, L., Huang, N., Liang, Q., Yue, H., & Peng, T. (2012). integrating Webquest Into Chemistry Classroom Teaching to Promote Students’ Critical Thinking. Creative Education, 3(03), 369.
Rahma, A. N. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Berpendekatan SETS Materi Kelarutan dan Hasil Kelarutan Untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Empati Siswa Terhadap Lingkungan. Journal of Education Research and Evaluation, 1(2). 133-138
Sumarni., Santoso, B. B., & Suparman, A. R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik di SMA Negeri 01 Manokwari (Studi Pada Pokok Bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan). Jurnal Nalar Pendidikan, 5(1).21-30
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9100
Refbacks
- There are currently no refbacks.