Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasis Sains teknologi masyarakat pada mata pelajaran IPA di sekolah dasar pada tema panas dan perpindahannya yang valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yaitu define, design, develop dan disseminate yang dimodifikasi menjadi tiga 3-D yaitu define, design, develop (pendefenisian, perancangan, dan pengembangan). Data penelitian diperoleh dari uji validitas yang diperoleh melalui lembar validasi dari lembar kerja peserta didik yang diberikan kepada tiga orang validator ahli. Berdasarkan hasil analisis data validasi diperoleh rata-rata persentase untuk aspek isi 76,67% (layak), aspek model sains teknologi masyarakat 80% (layak), aspek format 82% (sangat layak), aspek bahasa 93% (sangat layak) dan aspek penyajian 82% (sangat layak). Persentase validitas rata-rata adalah 82,73% dengan kategori sangat layak, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis sains teknologi masyarakat pada mata pelajaran IPA di sekolah dasar pada tema panas dan perpindahannya dapat digunakan untuk pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Asmirani, U. (2013). Pengaruh LKS Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Kompetensi Siswa dalam Pembelajaran IPA Fisika Di Kelas VIII SMPN 1 Kubung Kabupaten Solok. Pillar of Physics Education, 1(1).
Fitri, R., Helma, & Syarifuddin, H. 2014. Penerapan Strategi The Firing Line pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batipuluh. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 18–22.
Gunarto, W. 2014. Upaya Meningkatkan Minat Belajar dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pembelajaran Alat-Alat Optik Melalui Pendekatan Saians Teknologi Masyarakat Di Kelas VIII SMPN 3 Belitang Madang Raya. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika l, 28-32
Gustiani, I., Widodo, A., & Suwarma, I. R. 2017. Development and validation of science, technology, engineering and mathematics (STEAM) based instructional material. In AIP Conference Proceedings (1–7).
Hamka, D., & Effendi, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo Pada Mata Kuliah Fisika Dasar di Program Studi Pendidikan IPA. Journal of Natural Science and Integration, 2(1), 19-33.
Lestari, H., Ayub, S., dan Hikmawati, 2016) Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(3), 111-115
Novianti, D. A. 2015. Pengembangan Modul Akuntansi Aset Tetap Berbasis Pendekatan Saintifik Sebagai Pendukung Implementasi K-13 di SMKN 2 Buduran. Jurnal Pendidikan, 3 (1), 1-9.
Permendikbud No. 54 th 2013 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah
Permendikbud No. 68 th 2013 Tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah
Poedjiadi, A. 2010. Sains Teknologi Masyarakat Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai. Remaja Rosdakarya: Bandung
Putra, R. W. Y., & Anggraini, R. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Materi Trigonometri Berbantuan Software iMindMap pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 39–47.
Rohaeti, E. E. 2008 Pembelajaran Dengan Pendekatan Eksplorasi Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama. Disertasi. Bandung: UPI
Saparwadi, L. (2016). Efektivitas Metode Pembelajaran Drill dengan Pendekatan Peer Teaching Ditinjau dari Minat dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 39-46.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suherman. 2015. Kreativitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Pola Bilangan dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 81–90.
Thiagarajan Sivasailam, Dorothy S. Semmel dan Melvyn I. Semmel. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Bloomington: Indiana University
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.8151
Refbacks
- There are currently no refbacks.