Penerapan Model Pembelajaran Interactive Lecture Demontration (ILD) Menggunakan Simulasi terhadap Conceptual Change (CC) pada Materi Momentum dan Impuls
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana model pembelajaran Interactive Lecture Demonstration (ILD) menggunakan simulasi untuk Conceptual Change (CC) pada materi momentum dan impuls, dapat mengurangi kuantitas miskonsepsi siswa pada pembelajaran momentum dan impuls. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Eksperimental desain “kelas eksperimen dan kelas kontrol”. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X di SMAN 5 Kota Serang dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu (purposive sampling). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 4 (Kelas Kontrol) dan X MIPA 5 (Kelas Eksperimen) yang berjumlah 36 siswa. Data penelitian diperoleh melalui three tier test pada materi momentum dan impuls serta hasil wawancara dengan guru SMAN 5 Kota Serang yang siswanya mengalami miskonsepsi. Tes yang digunakan berbentuk pilihan ganda sebanyak 15 butir soal. Rata-rata kemampuan siswa kemampuan siswa pada saat pre test di awal pembelajaran siswa memiliki paham konsep sebesar 7% setelah dilakukannya pembelajaran persentase paham konsep siswa meningkat menjadi 62%. Sedangkan, pada kategori miskonsepsi dari pretest sebesr 39% menurun menjadi 10%. Pada kategori Lack of Knowledge, siswa mengalamirata-rata kenaikan, karena dari banyaknya siswa yang mengalami tingkatan miskonsepsi dan error masuk pada kenaikan tingkatan yaitu menjadi Lack of Knowledge sebesar 21% menjadi 44%. Sehingga pada persentase rata-rata kategori error persentase ini kembali menurun pada saat pretest sebesar 10% dan turun pada posttest menjadi 7%. Sehingga dari nilai penurunan persentase ini dapat dikatakan bahwa miskonsepsi siswa dapat meminimalisir setelah dilakukannya pembelajaran dengan model pembelajaran Interactive Lecture Demonstration (ILD) menggunakan simulasi untuk Conceptual Change (CC) pada materi momentum dan impuls. Hasil Uji N-Gain sebesar -0,6 dan dikategorikan sebagai G-Sedang. Sehingga model pembelajaran ini dapat efektif untuk digunakan dalam meminimalisir miskonsepsi siswa pada konsep momentum dan impuls.
Full Text:
PDFReferences
Alawiyah, N. S. (2017, April). Identifikasi Miskonsepsi Siswa dengan Menggunakan Metode Indeks Respon Kepastian (IRK) Pada Materi Impuls dan Momentum Linear. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2 (2), 272-276.
Darman, D. R., Wibowo, F. C., Suhandi, A., Setiawan, W., Abizar, H., Nurhaji, S. (2019). Virtual media simulation technology on mathematical representation of sound waves. Journal of Physics: Conference Series 1188 (1), 012092
Mazzolini, A., Edward, Thomas, peter, & Nopparatjamjomras. (2010). Using Interactive Lecture Demonstration Student Learning in Electronics. Proceeding AaeE Conference.
Miadi, O., Kaniawati, I., & Ramalis, T. R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran LC 7E Dengan Pendekatan TBCT dan CT untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Siswa. Journal of Natural Science and Integration, 2(1), 85-94
Permana, N. D. (2018). Penerapan Model Pebelajaran Learning Cycle 7E Berbantuan Website Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Kinematika Gerak Lurus. Journal of Natural Science and Integration, 1(1), 11-41
Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Wibowo, F. C., Darman, D. R., Abizar, H., Leksono, S. M., Hodijah, S. R. N. (2019).Virtual simulation instructional training for students’ drop out of mathematical science digital entrepreneurs. Journal of Physics: Conference Series 1188 (1), 012085
Wibowo, F. C., Nurhaji, S., Setiawan, A., Sugiyarto, W. A., Noor, M., Darman, D. R., Faizin, Samsudin, A., Suhandi, A., Coştu, B. (2018). The Influences Virtual Physics Laboratory (VPL) For Assessment the Millennial Character Education through System Recording Students Character (SRSC). Journal of Education and Learning (EduLearn) 12 (4), 709-716
Wibowo, F. C., Suhandi, A., Rusdiana, D., Darman, D. R., Ruhiat, Y., Denny, Y. R. (2016). Microscopic virtual media (MVM) in physics learning: Case study on students understanding of heat transfer. Journal of Physics: Conference Series 739 (1), 012044
Wibowo, F. C., Suhandi, A., Rusdiana, D., Ruhiyat, Y., Darman, D. R. (2017). Effectiveness of Microscopic Virtual Simulation (MVS) for Conceptualizing Students’ Conceptions on Phase Transitions. Advanced Science Letters 23 (2), 839-843
Wibowo, F. C., Suhandi, A., Rusdiana, D., Ruhiyat, Y., Darman, D. R. (2015). Microscopic Virtual Media (MVM) in physics learning to build a scientific conception and reduce misconceptions: a case study on students' understanding of the thermal expansion. International Conference on Innovation in Engineering and Vocational Education. Atlantis Press
Wibowo, F. C., Suhandi, A., Rusdiana, D., Samsudin, A., Darman, D.R. (2017). Effectiveness of Dry Cell Microscopic Simulation (DCMS) to Promote Conceptual Understanding about Battery. Journal of Physics: Conference Series 877 (1),012009
Wibowo, F. C., Suhandi, A., Samsudin, A., Darman, D. R., Suherli, Z., Hasani, A. (2017) Virtual Microscopic Simulation (VMS) to promote students' conceptual change: A case study of heat transfer. Asia-Pacific Forum on Science Learning & Teaching 18 (2)
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.7976
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal of Natural Science and Integration
E-ISSN: 2620-5092 | P-ISSN: 2620-4967
Published By:
Department of Natural Sciences Educations, Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
Mailing Address:
Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia
email: jnsi.tadrisipa@uin-suska.ac.id
Indexed By:
Journal of Natural Science and Integration is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.