Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Hukum Newton Kelas X di MA Darul Muhajirin Praya
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Bahtiar. (2015). Strategi Belajar Mengajar Sains (IPA). Mataram: CV Sanabil.
Bambang prasetyo. (2016). Metode penelitian kuantitatif. Depok: PT Raha Gravindo Persada.
Eris Ratnawulan. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.
Gunawan, I. (2014). Revisi Taksonomi Bloom Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Asesmen, Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran. (1), 98–117.
Ifa, M. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Boyolangu pada Standar Kompetensi Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2), 715-722
Juwaeriah, S., Muhyani, M. and Ikhtiono, G. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika’, Attadib: Journal of Elementary Education, 1(2), 78. doi: 10.32507/attadib.v1i2.24.
Muhammad Nurman. (20115). Evaluasi Pendidikan, Mataram: CV. Sanabil.
Nurhadi, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XII IPA 3 SMA Negeri 3 Bengkalis. Journal of Natural Science and Integration, 2(1), 76-84.
Nurhaeni, Y. (2011). Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Konsep Listrik Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas Ix Smpn 43 Bandung’, Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 77–89.
Oktafiani, Z. (2018). Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Kognitif dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Wedung Tahun Pelajaran 2016/2017. JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik), 3(1)., 59–73.
Pohan, D., & Simamora, P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Hukum-hukum Newton. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 2(3).45-53
Samaela, D. P., Jamhari, M. and Nengah, I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II dan Teknik Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri Poso Pada Mata Pelajaran Biologi’, e-Journal Mitra Sains, 5, 48–57.
Sugiyono. (2010). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Suharsono. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Dan Stad (Student Team Achievement Division) Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan, Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI), 9(3), 1295–1305.
Susilo, F., Sunarno, W. and Suparmi. (2016). Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Jigsaw Dan Gi (Group Investigation) Ditinjau Dari Kreativitas. Jurnal Inkuiri, 5(3), 40–48.
Syarifuddin, A. (2011). Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran, Ta’dib, 16(02), 209–226.
Syofian Siregar. (2010). Statistika Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Trisianawati, E., Djudin, T., & Setiawan, R. (2016). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi vektor di kelas X SMA Negeri 1 Sanggau Ledo. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 6(2), 51-60.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.7673
Refbacks
- There are currently no refbacks.