Identifikasi Literasi Sains Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa STISIP Amal Ilmiah Yapis Wamena)

Silviana Hendri, Hasriani M

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi profil literasi sains mahasiswa STISIP Amal Ilmiah Yapis Wamena. Dengan menggunakan pertanyaan yang bertemakan isu sosial ilmiah dari contoh soal PISA 2009,  jawaban mahasiswa kemudian dideskripsikan dalam lima tingkatan literasi, yaitu tidak menjawab soal atau menuliskan kembali wacana pada soal, nominal, fungsional, konseptual dan prosedural, dan multidimensional. Kemudian, jawaban tersebut dianalisis dan diklasifikasikan dalam lima kualifikasi literasi sains. Sebanyak 138 orang mahasiswa yang dilibatkan dalam penelitian ini, sebanyak 53% memberikan jawaban soal dengan menuliskan kambali wacana pada soal atau bahkan kosong. Persentase mahasiswa dengan kategori jawaban nominal, fungsional, dan konseptual prosedural, masing-masing berada dibawah 10%. Sedangkan, jawaban mahasiswa dengan kategori multi dimensional sebanyak 26%. Rerata kategori jawaban soal literasi sains mahasiswa hanya 0,5 dengan kategori jawaban nominal. Artinya, mahasiswa tidak memiliki konsep yang benar dalam menjelaskan sebuah fenomena. Sedangkan rerata nilai literasi sains mahasiswa hanya sebesar 2,5 dengan kualifikasi sangat kurang. Tidak terdapat perbedaan mencolok antara kualifikasi literasi sains mahasiswa angkatan tahun pertama dan mahasiswa tahun ketiga. Skor rerata pada mahasiswa semester 2 sebesar 2,39 (Sangat Kurang) dan mahasiswa semester 6 memiliki rerata skor 3,02 (Kurang). Akan tetapi, terdapat perbedaan nilai rerata literasi sains mahasiswa yang berasal dari orang asli Papua (OAP) dan bukan orang asli Papua, masing-masing sebesar 1,01 dan 6,18. Nilai rerata ini  bukan tujuan penelitian, namuan sebagai rekomendasi untuk melanjutkan penelitian tentang sebab rendahnya literasi sains orang asli Papua (OAP).


Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI.

Deboer, G. E. (2000). Scientific Literacy: Another Look at Its Historical and Contemporary Meanings and Its Relationshi to Science Education Reform. Journal of Research in Science Teaching, Vol. 37, No. 6, pp. 582-601.

Dewson, V. (2007). An Exploration of High School (12-17 Year Old) Students' Understanding of, and Attitudes Toward Biotechnology Processes. Research Science Education, Vol 37: 59-73.

Hernani. (2013). Pendekatan Penelitian dan Caranya. Bahan Ajar Metodologi Penelitian SPS UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.

NSTA. (1971). NSTA Position Statement on School Sciece Education for the 70's. The Science Teacher, 46-51.

OECD. (2009). PISA 2009 Remsult. Dipetik 12 16, 2013, dari OECD Programme for International Student Assesment: http://browse.oecdbookshop.org/oecd/pdfs/browseit/9810071E.PDF

Rustaman, N. (2013). Literasi Sains Anak Indonesia 2000 & 2003. Bahan Perkuliahan Asesmen dalam Pembelajaran IPA SPS UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.

Shofiyah, N. (2015). Deskripsi Literasi Sains Awal Mahasiswa Pendidikan IPA pada Konsep IPA. Jurnal Pedagogia, Vo. 4, No.2, 113-120.

Thomson, S., Hillman, K., & Bortoli, L. (2013). A Teacher's Guide to PISA Scientific Literacy. Australia: ACER.

Widyosiswoyo, S., Soewandi, H., & Nizamuddin. (1999). Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Galia Indonesia.

Wu, Y., & Tsai, C. (2007). High School Students' Informal Reasoning on a Socio-scientific Issue: Qualitative and quantitative analyses. International Journal of Science Education, Vol 29 no 9: 1163-1187.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v2i1.7117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Natural Science and Integration

E-ISSN: 2620-5092  | P-ISSN: 2620-4967

Published By:

Department of Natural Sciences Educations, Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: jnsi.tadrisipa@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                     

 

 Creative Commons License

Journal of Natural Science and Integration is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.