Efektivitas Pembelajaran Leading by Example pada Mata Kuliah Micro Teaching pada Jurusan Tadris Biologi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran leading by example efektif jika diterapkan dalam mata kuliah micro teaching. Penelitian ini urgent untuk diteliti dikarenakan perlunya peningkatan keterampilan mengajar yang harus dimiliki oleh calon Guru di masa depan. Penelitian ini menggunakan metode pre experimental dengan one group pre-test post-test design. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 7 lokal A yang berjumlah 19 mahasiswa. Jumlah keterampilan mengajar yang dinilai adalah delapan komponen utama dengan tiga puluh lima komponen pendamping. Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa penerapan pembelajaran leading by example efektif diterapkan dalam mata kuliah micro teaching yang ditandai dengan peningkatan keterampilan mengajar mahasiswa setelah diterapkannya pembelajaran tersebut. Peningkatan berada dalam kategori sedang dan tinggi melalui analisis nilai <N-Gain> di setiap indikator keterampilan mengajar.
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Kilic. (2010). Learner-Centered Micro Teaching in Teacher Education. International Journal of Instruction 3(1).
Aslihan, Saban. (2013). Pre-Service Teachers' Opinions about The Micro-Teaching Method in Teaching Practise Classes. The Turkish Online Journal of Educational Technology 12 (2).
Benjamin E. Hermalin. (1997). Toward an Economic Theory of Leadership: Leading by Example. University of California at Berkeley.
Hake, R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Indiana: Indiana University
Fraenkel, J.R and Wallen, N.E. (1993). How To Design And Evaluate Research in Education (second ed.). New York: McGraw-Hill Book Co.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v2i1.7112
Refbacks
- There are currently no refbacks.