Pembelajaran IPA Berbasis Integrasi Islam-Sains pada Pokok Bahasan Penciptaan Alam Semesta dan Tata Surya

Richa Dwi Rahmawati, Nurhasanah Bakhtiar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor pembelajaran IPA berbasis integrasi Islam-Sains pada pokok bahasan penciptaan alam semesta dan tata surya. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Sumber data yang digunakan adalah literatur yang terkait penciptaan alam semesta dan tata surya dan dikaitkan dengan ayat-ayat al-Qur‟an dan hadis Rasul yang membicarakan tentang penciptaan alam semesta. Untuk itu analisis data yang dipakai adalah content analisys dengan pendekatan kualitatif. Data-data yang diperoleh melalui bacaan berbagai sumber  diseleksi terlebih dahulu, kemudian dikategorisasi dan dianalisis selanjutnya diambil kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah Pembelajaran sains pada materi penciptaan alam dan tata surya memiliki hubungan dengan studi Islam. Dinyatakan bahwa alam diciptakan oleh satu unit sampai sebuah ledakan terjadi (Teori Bigbang), sementara apa yang telah disebutkan di dalam Al-Qur'an adalah sifat sekali sebagai suatu entitiy yang dipisahkan oleh Allah. Dengan demikian pembelajaran sain yang terintegrasi dengan Islam dapat menambah wawasan keilmuwan sekaligus memperkuat keyakinan keberagamaan.

Full Text:

PDF

References


Abu Ja'far Muhammad bin Jarir Ath-Thabari. (2009). Jami' Al Bayan an Ta'wil Ayi AlQuran. Jakarta: Pustaka azzam.

Ahmad Khalid Allam. (2005). Al-Quran dalam Keseimbangan Alam dan Kehidupan. Jakarta: Gema Insani.

Amril. (2016). Epistimologi Integratif-Interkonektif Agama dan Sains. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Badan Litbang. Lajnah Pentasihan Mushaf Qur'an. & LIPI. (2010). Penciptaan Bumi dalam Perspektif Al-Quran dan Sains. Jakarta : Lajnah Pentasihan Mushaf Quran.

Badan Litbang. Lajnah Pentasihan Mushaf Qur'an. & LIPI. (2010). Penciptaan Jagat Raya dalam Perspektif Al-Quran dan Sains. Jakarta : Lajnah Pentasihan Mushaf Quran

Badan Litbang. Lajnah Pentasihan Mushaf Qur'an. & LIPI. (2010). Manfaat Benda-benda Langit dalam Perspektif Al-Quran dan Sains. Jakarta : Lajnah Pentasihan Mushaf Quran.

Caner Taslaman. (2006). Miracle Of The Quran: Keajaiban Al-Quran Mengungkap Penemuan-Penemuan Ilmiah Modern. Bandung: Mizan.

Departemen Agama RI, al-Qur’an dan Tafsirnya, Jilid 1 Juz 1,2,3,

Departemen Agama Republik Indonesia. (2004).Al-Qur’an dan Terjemahannya, (Jakarta: CV. Karya Insan Indonesia.

Hayat. (2013). Pengembangan KurikulumBaru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhammad Miftah. (2017). Model Integrasi Sain dan Agama.jurnal penelitian vol. 14, No. 2.

Saikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa‟di. (2012). Tafsir al-Quran (3). Surat: Al-A‟raf-Yusuf. Jakarta: DARUL HAQ

Saikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa‟di. (2012). Tafsir al-Quran (5). Surat:Al-Mu‟minunSaba‟. Jakarta: DARUL HAQ

Saikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa‟di. (2012). Tafsir al-Quran (6). Surat:Fathir-qaf. Jakarta: DARUL HAQ

Shihab, M. Quraish, (1997). Membumikan al-Qur’an, Cet. ke-16, Bandung: Penerbit Mizan.

Yuli sectio.____. Pendidikan: Hakekat, Tujuan & Proses.

Syaamil Al-Qur‟an Terjemahan Per-Kata Type Hijaz.

Taifikurrahman. (2012). Kajian Tafsir di Indonesia, Mutawatir: Jurnal Keilmuan Tafsir hadis Volume 2, Nomor 1.

Quraish Shihab. (2000) Tafsir al-Misbah.Jakarta: Lentera Hati.

Zaghlul An-Najjar. (2011). Sains Dalam Hadis (Mengungkap Fakta Ilmiah Dari Kemukjizatan Hadis Nabi. Jakarta: AMZA




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v1i2.6599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Natural Science and Integration

E-ISSN: 2620-5092  | P-ISSN: 2620-4967

Published By:

Department of Natural Sciences Educations, Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: jnsi.tadrisipa@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                     

 

 Creative Commons License

Journal of Natural Science and Integration is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.