Pengaruh Penggunaan Metode Discovery Learning dengan Teknik Buzz Group terhadap Keterampilan Berpikir Rasional Siswa

Syaiful Arif, Imam Muchlash

Abstract


ABSTRACT

The buzz group discussion technique is a structured, effective, and requires students to be active in learning. This study is aimed at learning how the use of the discovery learning method with a buzz group technique has affected students' rational thinking skills. The research used experimental quasi methods for noninvasive control group design. Sample retrieval techniques using sample control techniques, classroom VIIII SMPN 1 Jenangan is taken in two classes the VIII C class (control) and the VIII D (experiment), the instrument of his research is a series of observations and tests to measure the reliability of rational thinking skills. The study uses only a post test as an instrument in data collection. Based on analysis of the independent test data analysis using minitab 16, the calculated t value of 8.68, the df value of 61 and the P Value of 0.000, then the P Value 0.000 <0.05. Based on the results of the research and discussion, it can be stated that there is an influence of the use of discovery learning methods with the buzz group technique on students' rational thinking skills.

Keywords: discovery learning, buzz group, discussion, skills, rational thinking

ABSTRAK

Teknik diskusi Buzz Group adalah teknik diskusi yang terstruktur, efektif, dan menuntut siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode discovery learning dengan teknik Buzz group terhadap keterampilan berpikir rasional siswa. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimental jenis Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik menentukan sampel, kelas VIII di SMPN 1 Jenangan diambil dua kelas yaitu kelas VIII C (kontrol) dan VIII D (eksperimen). Instrumen penelitiannya lembar observasi dan tes untuk mengukur kemammpuan keterampilan berpikir rasional. Penelitian ini hanya menggunakan post test sebagai instrumen dalam pengumpulan data. Berdasarkan hasil pembahasan analisis data uji independent T test dengan menggunakan minitab 16, nilai t hitung sebesar 8,68, nilai df sebesar 61 dan P Value sebesar 0,000, maka P Value 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tersebut, maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode discovery learning dengan teknik buzz group terhadap keterampilan berpikir rasional siswa.

Kata kunci: discovery learning, buzz group, diskusi, keterampilan, berpikir rasional.


Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Konteksual. Prenada Media.

Ariani, P., & Wachidi, W. (2019). The Implementation of Discovery Learning Model to Improve Student Activities And Learning Achievement Of Pancasila And Civic Education (PPKN) Of 7th Grade Students in SMPN 8 Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 8(1), 78–87.

Astuti, R., Sunarno, W., & Sudarisman, S. (2012). Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Menggunakan Metode Eksperimen Bebas Termodifikasi dan Eksperimen Terbimbing Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Inkuiri, 1(1), 51–59.

Azis, M. S., Tandililing, E., & Oktavianty, E. (n.d.). Penerapan Metode Buzz Group untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(6).

Dewi, C., & Agustina, C. (2013). Penerapan Strategi SQ3R Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–10.

Ekawati, Y., Sunarno, W., & Cari, C. (2017). Pembelajaran Fisika Melalui Discovery Learning dengan Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreativitas Siswa SMK Kelas X pada Materi Sifat Mekanik Bahan. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 6(3), 17–28.

Haeruman, L. D., Rahayu, W., & Ambarwati, L. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self-Confidence Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa SMA di Bogor Timur. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 10(2).

Jamaris, M. (2014). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Ghalia Indonesia.

Kumara, A. (2004). Model Pembelajaran “Active Learning” Mata Pelajaran Sains Tingkat SD Kota Yogyakarta Sebagai Upaya Peningkatan “Life Skills.” Jurnal Psikologi, 31(2), 63–91.

Kusmaryono, H., & Setiawati, R. (2013). Penerapan Inquiry Based Learning untuk Mengetahui Respon Belajar Siswa pada Materi Konsep dan Pengelolaan Koperasi. Dinamika Pendidikan, 8(2).

Lieung, K. W. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 1(2), 73–82.

Maghfiroh, L. (2013). Penggunaan Media Flashcard untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–13.

Muchit, S., & Krisbiyanto. (2010). Cooperative Learning. Rasail Media Group.

Muchlash, I. (2019). Laporan Pelaksanaan Magang.

Mujis, D. (2008). Effective Teaching: Teori dan Aplikasi. Pustaka Pelajar.

Nurhalimah, S., Salim, I., & Imran, I. (n.d.). Keterampilan Guru Sosiologi Dalam Membuka dan Menutup Pelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(5).

Puspitasari, R. (2016). Kontribusi Empirisme Terhadap Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 1(1).

Rasyid, M. R. (2008). Optimalisasi Peran Guru dalam Proses Transformasi Pengetahuan dengan Menggunakan Media Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(1), 55–68.

Retnosari, N., Susilo, H., & Suwono, H. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Multimedia Interaktif terhadap Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri di Bojonegoro. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(8), 1529–1535.

Rosidah, C. T. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Menumbuh Kembangkan Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 62–71.

Samad, L. A. (2011). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Pesawat Sederhana dengan Menggunakan Metode Diskusi Kelompok Kecil (Buzz Gruops) Pada Siswa Kelas 5 MIN Model Sesele Kecamatan Gunung Sari Lombok Barat Tahun Pelajaran 2010/2011 [PhD Thesis]. UIN Mataram.

Suarjana, G., Garminah, N. N., Hum, M., & Mahadewi, L. P. P. (2014). Pengaruh Teknik BUZZ GROUP terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suryati, S. (2014). The Effect of LC Learning Model Combined with Flow Chart to the Quality Process, Results Learning and Metacognitive Ability of Students. Jurnal Pendidikan Sains, 1(1), 1–13.

Taufiq, M., & Nurmaulia, N. (2015). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division terhadap Keterampilan Berpikir Rasional Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Dewantara Pada Materi Pesawat Sederhana. Jurnal Pendidikan Almuslim, 1.

Widiyati, E. (2014). Peningkatan Minat dan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Buku Cerita Binatang dan Permainan Bahasa Siswa Kelas II SD Plus Al-Anwar Pacul Gowang Jombang. Jurnal Pendidikan Humaniora (JPH), 1(4), 405–413.

Yupita, I. A. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–10.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v4i2.12252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


slot

Journal of Natural Science and Integration

E-ISSN: 2620-5092  | P-ISSN: 2620-4967

Published By:

Department of Natural Sciences Educations, Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: jnsi.tadrisipa@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                     

 

 Creative Commons License

Journal of Natural Science and Integration is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.