Desain dan Uji Coba E-Handout Berbasis Literasi Sains Siswa pada Materi Laju Reaksi

Janurlia Haryanti, Yuni Fatisa

Abstract


This research was instigated by the lack of available android application as the interactive learning media and the development of information and communication technology that students tended to open the gadget rather than open the textbooks.  This research aimed at developing students’ science literacy-based E-Handout on Reaction Rate lesson and knowing the validity and practicality of media developed.  Android studio software was used for students’ science literacy-based E-Handout to support the learning on Reaction Rate lesson, especially on the factors influencing the reaction rate.  It was Research and Development (R&D) with Borg and Gall research model—(1) researching and collecting information, (2) planning, (3) developing the product, (4) small scale testing, and (5) revising the product.  The techniques of collecting the data were observation, interview, and questionnaire. Students’ science literacy-based E-Handout on Reaction Rate lesson based on the validator assessment by Chemistry subject lecturer on the material expert validation was tested valid with 84.61% percentage (very valid), on media expert validation it was tested valid with 80% percentage (valid), the practicality assessment of Chemistry subject teachers was tested practical with 91.07% percentage (very practical), and it got student good responses with 85.74% percentage (very practical).  Based on these findings, it could be concluded that students’ science literacy-based E-Handout on Reaction Rate lesson was proper to be used as a learning media for students at school.

Keywords: e-handout, science literacy, factors influencing reaction rate

                ABSTRAK

Penelitian dan desain ini dilatarbelakangi oleh kurangnya ketersediaan aplikasi android sebagai media pembelajaran interaktif dan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan peserta didik cenderung membuka gadjet ketimbang buku pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan desain E-Handout  berbasis literasi sains siswa pada materi laju reaksi dan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas media yang telah dikembangkan. E-Handout berbasis literasi sains siswa ini menggunakan Software Android Studio untuk mendukung pembelajaran pada materi laju reaksi khususnya faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model penelitian Borg dan Gall meliputi (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan produk (4) uji coba skala kecil (5) revisi produk. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan angket. E-Handout berbasis literasi sains siswa pada materi laju reaksi berdasarkan penilaian validator oleh dosen kimia pada validasi ahli materi teruji valid dengan persentase 84,61% (sangat valid) dan validasi ahli media teruji valid dengan persentase 80% (valid), penilaian praktikalitas guru kimia teruji praktis dengan persentase 91,07% (sangat praktis) serta mendapat respon baik dari peserta didik  dengan persentase 85,74% (sangat praktis). Berdasarkan dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa E-Handout berbasis literasi sains siswa pada materi laju reaksi  layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi peserta didik di sekolah.

Kata kunci: e-handout, android, literasi sains, faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi


Full Text:

PDF

References


Asmiyunda, A., Guspatni, G., & Azra, F. (2018). Pengembangan E-Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Kelas XI SMA/ MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(2), 155-161. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/202

Habibati, H., Nazar, M., & Septiani, P. D. (2019). Pengembangan Handout Berbasis Literas Sains Pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 3(1), 43–48. https://doi.org/10.24815/jipi.v3i1.13824

Irmita, L. U. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran Science Technology Society Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 1(2), 33. https://doi.org/10.19109/ojpk.v1i2.2322

Mayangsari, C. D., Iswanto, B. H., & Susanti, D. (2018). Handout Berbasis Android Untuk Pembelajaran Usaha Dan Energi Di Sma Dengan Model Problem Based Learning. VII, SNF2018-PE-70-SNF2018-PE-77. https://doi.org/10.21009/03.snf2018.01.pe.09

Muhammad Syaifudin. (2012). Pengantar Ilmu Pendidikan Islam. Writing Revolutions.

Nasution. (2010). Teknologi Pendidikan. Bumi Aksara.

Nirwana, R. R., & Hakim, F. (2018). the Development of Chemistry Handout Based on Unity of Sciences Principles for the Chapter of Acid and Base Materials. Unnes Science Education Journal, 7(1), 69–75. https://doi.org/10.15294/usej.v7i1.23833

Nisa, B. C., Suryati, S., & Dewi, C. A. (2015). Pengembangan Bahan Ajar KAPRA Berbasis Literasi Sains Pada Materi Laju Reaksi Untuk Kelas XI SMA / MA. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 3(1), 228. https://doi.org/10.33394/hjkk.v3i1.663

Nunu Mahnun. (2014). Pembelajaran dan Sumber Berbasis Teknologi dan Informasi. Aswaja Pressindo.

Nurhasnawati. (2011). Media Pembelajaran Teori dan Aplikasi Pengembangan. Yayasan Pusaka Riau.

Punaji Setyosari. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Kencana.

Raharjo, M. W. C., Suryati, S., & Khery, Y. (2017). Pengembangan E-Modul Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Materi Ikatan Kimia Untuk Mendorong Literasi Sains Siswa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 5(1), 8. https://doi.org/10.33394/hjkk.v5i1.102

Riduwan. (2007). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.

Roidjokkers. (2003). Mengajar dengan Sukses. Gramedia.

Samsul Hadi & Endang Mulyatiningsih. (2009). E. Model Trend Prestasi Siswa Berdasarkan Data PISA Tahun 2002, 2003, dan 2006. Laporan Penelitian Pusat Penilaian Pendidikan Badan dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional.

Ulya, R., Sari, S. A., & Ismayani, A. (2016). Pengembangan Handout Berbasis Guided Note Taking pada Materi Koloid Kelas XI MAN Banda Aceh 1 Tahun Pelajaran 2015 / 2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 1(4), 115–124.

Uus Toharudin. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Humaniora.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v4i1.11030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Natural Science and Integration

E-ISSN: 2620-5092  | P-ISSN: 2620-4967

Published By:

Department of Natural Sciences Educations, Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: jnsi.tadrisipa@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                     

 

 Creative Commons License

Journal of Natural Science and Integration is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.