DESAIN DAN UJI COBA APLIKASI PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN APPYPIE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI TATA NAMA SENYAWAwa

Ria Wulandari, Fitri Refelita, Lisa Utami

Abstract


Abstract

This research aimed at developing a product in the form of Android Based Chemistry learning application using Appypie as an instructional media on Compound Nomenclature lesson.  This research was administered at State Senior High School 1 Siak Hulu.  Designing Android based Chemistry instructional media was done by using development model adapting five early stages of Borg and Gall model.  The subjects of this research were learning material experts, media design experts, Chemistry subject teachers, and the students.  The object was Android based instructional media using Appypie.  Instruments of this research were validity and practicality test questionnaires.  Research findings showed that Android based instructional media using Appypie was stated valid with 78% percentage (valid) by material experts and 89% by the experts of Android based instructional media using Appypie.  The designed media was stated practical by Chemistry subject teachers and students, 82 % percentage (very practical) was by Chemistry subject teachers and 87 % percentage (very practical) was by students.  Based on these results, it could be concluded that Android based Chemistry learning application using Appypie as an instructional media on Compound Nomenclature lesson was valid and practical to be an instructional media at a school.

 

Keywords: Instructional Media, Android, Appypie, Compound Nomenclature 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa aplikasi pembelajaran kimia berbasis android menggunakan “Appypie” sebagai media pembelajaran pada materi tata nama senyawa, penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Siak Hulu. Desain media pembelajaran kimia berbasis android dilakukan dengan menggunakan model pengembangan yang mengadaptasi lima tahap awal model Borg dan Gall. Subjek penelitian adalah ahli meteri pembelajaran, ahli desain media, guru kimia dan peserta didik di SMA Negeri 1 Siak Hulu dan objek penelitian adalah media pembelajaran berbasis android menggunakan “Appypie”. Instrumen penelitian yang di gunakan berupa data angket uji validitas dan angket uji praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis android menggunakan “Appypie” dinyatakan valid dengan persentase 78% (valid) 


Full Text:

PDF

References


Sukmana, F., & Rozi, F. (2017). Decision support system on computer maintenance management system using association rule and Fisher exact test one side P-value. Telkomnika, 15(4), 1841–1851.

Sukmana, F., & Rozi, F. (2017). Rekomendasi solusi pada sistem computer maintenance management system menggunakan association rule, Fisher exact test one side P-value dan double one side P-value. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 4(4), 213– 220.

Rozi, F., & Sukmana, F. (2017). Document grouping by using meronyms and type-2 fuzzy association rule mining. Jurnal ICT Research and Applications, 11(3), 268–283.

Rozi, F., Fatichah, C., & Purwitasari, D. (2015). Ekstraksi kata kunci berdasarkan hipernim menggunakan fuzzy association rule mining untuk pengelompokan dokumen. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 13(2), 190–197.

Harahap, S. H. (2015). Pemanfaatan e-learning berbasis LCMS Moodle sebagai media pembelajaran untuk mata kuliah sistem informasi akuntansi. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 15(1), 14.

Setiawan, D., & Darmawan, D. (2016). Media pembelajaran berbasis Android untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(2), 112–123.

Rusman. (2010). Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Astuti, I. A., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan media pembelajaran fisika mobile learning berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57–62.

Saidah, I. N., & Nugroho, M. A. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbentuk permainan edukasi akuntansi cari kata (acak) menggunakan Adobe Flash CS5. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 13(1), 66.

Susilo, J., Anitah, S., & Yamtinah, S. (2017). Pengembangan media pembelajaran virtual dan interaktif untuk mensimulasikan instalasi jaringan listrik di SMK 2 Surakarta. Prosiding Seminar Pendidikan Nasional, 104–117.

Sadiman, A. S., dkk. (2012). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya (hlm. 17–18). Jakarta: Rajawali.

Pratama, Y. (2018). Mobile learning dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 12(3), 210–218.

Heryanto, D. (2018). Pemanfaatan mobile learning berbasis Android dalam pembelajaran. Jurnal Teknodik, 22(2), 101–112.

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media pembelajaran berbasis Android pada mata pelajaran sistem operasi jaringan kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1), 15–20.

Slamet, F., & Hidayah, R. (2016). Media permainan berbasis Android Catch The Erlenmeyer pada materi tatanama senyawa kimia untuk kelas X SMA. Prosiding Seminar Nasional Kimia dan Pembelajarannya, 136. ISBN: 978-602-0951-12-6.

Fitriyani, N. (2018). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi tata nama senyawa kimia. Jurnal Pendidikan Kimia, 10(2), 115–122.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wibowo, E. A. (2016). Aplikasi mobile learning berbasis Android pada SMAN 5 Semarang. Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(2), 133–142.

Triyanti, M. (2015). Pengembangan multimedia interaktif berbasis Android pada materi sistem saraf. Jurnal Biologi Edukasi, 7(1), 45–54.

Setyosari, P. (2013). Metode penelitian pendidikan dan pengembangan. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jcei.v4i2.38063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Chemistry Education and Integration

 E-ISSN: 2829-1921  P-ISSN: 2829-2774                

Published By:

Department of Chemistry Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Sultan Syarif Kasim State Islamic University, Riau 

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau

email: jceipka@uin-suska.ac.id

Indexed By:

            

 

 Creative Commons License

Journal of Chemistry Education and Integration is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.