ANALISIS HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KONSEP MOL FASE F

Refni Juwita Amanda, Yerimadesi Yerimadesi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar peserta didik pada materi konsep mol dan menganalisis faktor – faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu peserta didik fase F2 kelas XI SMAN 12 Padang pada semester Juli-Desember 2024. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal, angket dan wawancara. Data yang didapatkan dari analisis hasil belajar peserta didik pada materi konsep mol didapatkan sebesar 38,2% peserta didik belum mencapai KKTP di mana terdapat beberapa tujuan pembelajaran yang belum dicapai oleh peserta didik yaitu menentukan hubungan antara mol, jumlah, partikel, massa molar dan volume molar. Selanjutnya pada tujuan pembelajaran menentukan konsep mol dalam menentukan rumus kimia, serta menentukan pereaksi pembatas pada sebuah reaksi. Untuk penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik yaitu disebabkan oleh faktor internal dan eksternal, namun faktor eksternal lebih mendominasi dalam menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Andri, & Rismawati, M. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengarhi Rendahnya Hasil Belajar Konsep Dasar Matematika SD pada Mahasiswa PGSD. VOX EDUKASI : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.

Aprelianda dan Yerimadesi. (2019). Pengembangan Modul Stoikiometri Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas X SMA/MA. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(4), 1129–1138.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Chang, Raymond. 2004. Kimia Dasar Jilid II edisi ketiga. Jakarta : Erlangga.

Emda, A. (2019). Motivasi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Kimia. Lantanida Journal, 7(1), 1. https://doi.org/10.22373/lj.v7i1.3712

Huda, A. I. N., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1594–1601. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.629

Maria, A., & Maulana, R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Masagi, 2(1), 61–68. https://doi.org/10.37968/masagi.v2i1.457

Maulidya, N. S., & Nugraheni, E. A. (2021). Analisis Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Ditinjau dari Self Confidence. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2584–2593. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.903

Nur, M., Bialangi, N., Tangio, J. S., Mohamad, E., Kurniawati, E., Lukum, A., dan Ilmu Pengetahuan Alam, M., Kimia, P., Kampus, A., Ing Habibie, J. B., & Bolango, B. (2024). Analisis Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Stoikiometri Menggunakan Tes Diagnostik Lima Tingkat di SMA Negeri 4 Gorontalo. Konstanta : Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(4), 242–255.

Pikoli, M. (2020). Using Guided Inquiry Learning with Multiple Representations to Reduce Misconceptions of Candidates on Chemistry Acid-Base Teacher Concept. International Journal of Active Learning, 5(1), 1–10.

Polamolo, A. N., & Lukum, A. (2022). Analisis Miskonsepsi Materi Pereaksi Pembatas Menggunakan Tes Three Tier Multiple Choice. Jambura Journal of Educational Chemistry, 4(1), 51–56. https://doi.org/10.34312/jjec.v4i1.13180

Rafid, R. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Universitas Muhammadiyah Malang, 5(259), 1–2. https://psikologi.uma.ac.id/wp-content/uploads/201

Ristiyani, E., & Bahriah, E. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Di SMAN X Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(1), 18. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i1.431

Shadreck, M., & Enunuwe, O. C. (2018). Recurrent Difficulties: Stoichiometry problem-solving. African Journal of Educational Studies in Mathematics and Sciences, 14(0), 25-31–31.

Sihaloho, M., Latief, S. A., Pikoli, M., Laliyo, L. A. R., Isa, I., & Thayban, T. (2023). Analisis penguasaan konsep siswa kelas XI IPA dalam menyelesaikan soal kimia pada materi Konsep Mol. Jambura Journal of Educational Chemistry, 5(1), 60–66. https://doi.org/10.34312/jjec.v5i1.16672

Slameto, (2010), Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Suratman, A., Rakhmasari, R., & Apyaman, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis TIK Terhadap Hasil Belajar Matematika dan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Analisa.

Susanty, H. (2022). Problematika Pembelajaran Kimia Peserta Didik Pada Pemahaman Konsep Dan Penyelesaian Soal Soal Hitungan. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(6), 1929. https://doi.org/10.35931/aq.v16i6.1278

Syukri. (1999). Kimia Dasar. Bandung: ITB

Yerimadesi & Kristalia, A. (2021). Efektivitas E-Modul Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Berbasis Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(2), 54–59. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPK




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jcei.v4i2.37889

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Chemistry Education and Integration

 E-ISSN: 2829-1921  P-ISSN: 2829-2774                

Published By:

Department of Chemistry Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Sultan Syarif Kasim State Islamic University, Riau 

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau

email: jceipka@uin-suska.ac.id

Indexed By:

            

 

 Creative Commons License

Journal of Chemistry Education and Integration is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.