PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERINTEGRASI AUGMENTED REALITY MATERI FAKTOR - FAKTOR MEMPENGARUHI PERGESERAN KESETIMBANGAN KIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK FASE F SMA/MA

Ulfa Azzahra, Guspatni Guspatni, Nofri Yuhelman

Abstract


Kimia mempunyai karakteristik berupa konsep-konsepnya bersifat abstrak. Akibatnya, kesulitan dalam memahami konsep-konsep kimia sering dialami oleh peserta didik. Faktor-faktor yang memengaruhi pergeseran arah kesetimbangan kimia termasuk bagian dari materi dalam kimia yang memiliki potensi menimbulkan miskonsepsi. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi pengaruh penggunaan media pembelajaran Augmented Reality materi faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran kesetimbangan kimia terhadap hasil belajar peserta didik kelas Xl fase F di MAN 1 Pasaman Barat. Metode quasi eksperimen menggunakan rancangan pretest-posttest non-equivalent group, dengan pemilihan kelas eksperimen dan kontrol melalui purposive sampling. Data primer dikumpulkan melalui hasil pretest dan posttest peserta didik menggunakan instrumen tes two-tier pilihan ganda berbasis HOTS. Data dianalisis dengan menerapkan uji normalitas, uji homogenitas, serta uji-t. Hasil pretest mengindikasikan bahwa kemampuan awal kedua kelas setara, dengan rata-rata 40,67 (eksperimen) dan 39,52 (kontrol). Kelas eksperimen menunjukkan rata-rata nilai 78,52 setelah perlakuan, nilai ini lebih tinggi dari kelas kontrol yang hanya memperoleh 58,42. Pada taraf signifikansi 0,05, hasil uji Independent T-Test diperoleh thitung > ttabel, yang mengindikasikan penolakan terhadap H0. al ini membuktikan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan melalui penggunaan media Augmented Reality pada materi pergeseran kesetimbangan kimia di kelas XI Fase F MAN 1 Pasaman Barat.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, F. A. (2012). Philosophical Underpinnings of Islamic Management Method: Worldview , Epistemology and Ontology. International Journal of Humanities and Social Science, 2(20), 150–161.

Akbar, J. S., & Djakariah, D. (2024). Effektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Dalam Pembelajaran Kimia Di Era Society 5.0. UNESA Journal of Chemical Education, 13(2), 86–99. https://doi.org/10.26740/ujced.v13n2.p86-99

Alfitrah, R., Hartatiana, H., & Pratiwi, R. Y. (2021). Adobe Flash Proffesional Berbasis Multipel Representasi Pada Materi Kimia Larutan. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 67–80. https://doi.org/10.19109/ojpk.v5i1.8373

Alfitriani, N., Maula, W. A., & Hadiapurwa, A. (2021). Penggunaan Media Augmented Reality dalam Pembelajaran Mengenal Bentuk Rupa Bumi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 38(1), 30–38. https://doi.org/10.15294/jpp.v38i1.30698

Carolina, Y. Dela. (2022). Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif 3D untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Digital Native. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 10–16. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.448

Chusna, A., Setiadi, A. D., Amalia, E., & Fajaroh, F. (2021). Implementasi Funing (Fun Learning): Game-Based Learning Platform Dengan Optimalisasi Collaborative Governance Di Era New Normal sebagai Upaya Menyukseskan Merdeka Belajar. Lomba Karya Tulis Ilmiah, 2(1), 57–70.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Research Methods in Education (8th ed.). Routledge.

Dwi, A., Rahayu, P., Nasrudin, H., Kimia, J., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2014). Penerapan Strategi Konstruktivis Untuk Mereduksi Miskonsepsi Level Sub-Mikroskopik Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas Xi Sma Hang Tuah 2 Sidoarjo. Unesa Journal of Chemical Education, 3(02), 88–98.

Effendi, Z., & Andromeda, A. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Two-Tier Higher Order Thinking Skill (HOTS) Berbasis IBT pada Materi Kesetimbangan Kimia untuk Siswa SMA/MA. Entalpi Pendidikan Kimia, 6(1), 31–39.

Erza, F., & Nasrudin, H. (2017). Capaian Keterlaksanaan Strategi Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain (Pdeode) untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas Xi Sman 1 Krembung Sidoarjo. UNESA Journal of Chemical Education, 6(2), 190–195.

Hanapi, M. S. (2013). The Conceptual Elements of the Development Worldview in the Qur’an: A Study of Thematic Exegesis. American International Journal of Social Science, 2(3), 40–55.

Mayasri, A., Reza, M., & Nasir, M. (2023). Identifikasi dan Remediasi Miskonsepsi dengan Pendekatan Perubahan Konseptual pada Materi Kesetimbangan Kimia. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 7(2), 171–186. https://doi.org/10.19109/ojpk.v7i2.19810

Mentari, L., Suardana, N., & Wayan, I. (2014). Analisis Mmiskonsepsi Siswa SMA pada Pembelajaran Kimia untuk Materi Larutan Penyangga. E-Journal Kimia Visvitalis, 2(1), 76–87.

Muderawan, I. W., Wiratma, I. G. L., & Nabila, M. Z. (2019). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(1), 17. https://doi.org/10.23887/jpk.v3i1.20944

Nur, I., Lbs, F., Anugrah, S., & Rahmayanti, E. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMPN 3 Kinali. dor. 5(6), 6655–6662.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Rita, O. O. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Terintegrasi Augmented Reality pada Materi Faktor-Faktor Mempengaruhi Pergeseran Kesetimbangan Kimia Fase F SMA/MA.

Sapulette, V. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal on Teacher Education, 5, 208–213. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/17417

Seliwati, Sidauruk, S., & Damsyik, A. (2020). Kesulitan Memahami Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesetimbangan Kimia pada Siswa SMA Negeri di Kota Palangka Raya. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 11(2), 353–361.

Sudriman, Lembang, S. T., & Kondolayuk, M. L. (2023). Statistika Pendidikan. Penerbit Media Sains Indonesia.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (19th ed.). Bandung : Alfabeta.

Zulkarnain, Z. Y. A. S. H. (2019). Improving students ’ critical thinking learning in chemistry learning using. J. Pijar MIPA, 14(2), 96–100. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i2.1321




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jcei.v4i2.37792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Chemistry Education and Integration

 E-ISSN: 2829-1921  P-ISSN: 2829-2774                

Published By:

Department of Chemistry Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Sultan Syarif Kasim State Islamic University, Riau 

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau

email: jceipka@uin-suska.ac.id

Indexed By:

            

 

 Creative Commons License

Journal of Chemistry Education and Integration is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.