Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SDN 025 Rambah Hilir

Joko Wahono

Abstract


Penelitian ini membahas dua variabel, yaitu bimbingan belajar dan kemandirian belajar siswa. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri 025 Rambah Hilir Tahun Pelajaran 2013/2014, berjumlah 31 siswa. Karena jumlah populasi kurang dari 100, maka pada penelitian ini jumlah siswa diambil dari kelas IV di SD Negeri 025 Rambah Hilir Tahun Pelajaran 2013/2014, berjumlah 31 siswa yang diambil sebagai sampel dalam penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah pre experiment (eksperiment tidak sebenarnya) atau quasi experiment. Peneliti menggunakan one group pre-test and  post-test design. Berdasarkan hasil penelitian bahwa bahwa bimbingan belajar memiliki rata-rata 49,68 sedangkan variabel kemandirian belajar siswa memiliki rata-rata 59,03.  Selain itu, diketahui besarnya nilai t tes adalah 4,733 sedangkan besarnya signifikansi 0,007 lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, H0 ditolak yang berarti ada pengaruh bimbingan belajar terhadap kemandirian belajar siswa SD Negeri 025 Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Sedangkan besar koefisien determinasi adalah 0,324 mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bimbingan belajar terhadap kemandirian belajar siswa adalah 32,4%. Sedangkan 67,6% dipengaruh oleh variabel lain.

Keywords


Bimbingan Belajar, Kemandirian Belajar, Bimbingan Konseling

Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono. 2004. Pskologi Belajar (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Anas Sudjiono. 1986. Teknik Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: UD Rama.

Badudu dan Zain Sutan Mohammad. 2001. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Bimbingan Belajar Simbol Ketidakpercayaan terhadap Sekolah, 31 juli 2006, www.primagama.co.id/profile/profilekini.php

Burhan Bungin. 2005. Metodelogi penelitian kualitatif. Jakarta: Kencana

Dewa Ketut Sukardi. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Muhammad Buchori. 1983. Teknik-teknik Evaluasi Dalam Pendidikan. Bandung: Jemmars.

Muhibbin Syah. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nana Sudjana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nana Syaodih Sukmadinata. 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik. 1990. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Soelastri. 2002. Menjelang Ujian Masuk PTN Perlukah Ikut Bimbingan Belajar.

Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutrisno Hadi, 1998, Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v2i1.7870

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.