PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS XI MA AL HIDAYAH MUARA TELANG KABUPATEN BANYUASIN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat dan motivasi siswa untuk belajar akuntansi masih rendah, baik motivasi internal maupun motivasi eksternal. Berdasarkan masalah yang ada, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI MA Al Hidayah Muara Telang Kabupaten Banyu Asin. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS yang terdiri dari 37 siswa. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analsis data deskriptif komparatif, dan analsis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan penerapan model Problem Based Learning telah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti dari pencapaian nilai rata-rata siswa dan jumlah siswa yang mencapai batas ketuntasan.
Full Text:
PDFReferences
Anies. 2003. Problem Based Learning. Artikel. Tersedia pada http://www.suaramerdeka.com/harian/0304/28/kha2.ht Diunduh tanggal 11 Januari 2015.
Boud, David & Feletti, Grahame I. 1997. The Challenge of Problem Based Learning. London: Kogan Page Limited.
Oemar Hamalik. 2008. Belajar dan Teori Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.
Yona Abidin. (2011). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.
Nurhadi dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Anonim. 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Departemen Pendidikan Kebudayaan.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v1i1.4858
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.