Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Kualitas Ibadah Puasa Sunnah Siswa di SMK Muhammadiyah Delanggu

Muhammad Tajmudin Sangga Buana, Hafidz Hafidz Hafidz

Abstract


Abstract: This study aims to describe the roles, strategies, and supporting and inhibiting factors faced by Islamic Religious Education teachers in improving the quality of students' sunnah fasting worship at Muhammadiyah Delanggu Vocational School. This study uses a qualitative approach with descriptive methods using purposive sampling techniques. Data collection in this study was carried out through various methods, such as interviews, observation, analysis, and documentation. The results of this study indicate that 1) Islamic Religious Education teachers act as educators, motivators, role models, and as evaluators who assess and provide feedback on the implementation of student worship., 2) The strategies used by Islamic Religious Education teachers are integrating learning materials with the practice of sunnah fasting worship, organizing routine programs of sunnah fasting together at school, giving rewards or appreciation to consistent students, involving the Rohis organization in religious activities, and creating a religious school environment, 3) Factors that support the efforts of Islamic Religious Education teachers are motivation and full support from Islamic Religious Education teachers, parental involvement, a religious school environment, and the existence of the Rohis organization that helps implement the program. The factors that hinder this strategy are the influence of the environment outside the school which does not support the habit of worship, as well as the density of school activities in the form of practical assignments, extracurricular activities, and internships which make it difficult for students to be consistent in carrying out sunnah fasting.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsika, peran, strategi, serta faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru pai dalam meningkatkan kualitas ibadah puasa sunnah siswa di SMK Muhammadiyah Delanggu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui berbagai metode, seperti wawancara, observasi, analisis, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Guru PAI berperan sebagai edukator, motivator, teladan, serta sebagai evaluator yang menilai dan memberikan umpan balik atas pelaksanaan ibadah siswa., 2) Strategi yang digunakan guru PAI yakni mengintegrasikan materi pembelajaran dengan praktik ibadah puasa sunnah, menyelenggarakan program rutin puasa sunnah bersama di sekolah, memberikan reward atau apresiasi kepada siswa yang konsisten, melibatkan organisasi Rohis dalam kegiatan keagamaan, serta menciptakan lingkungan sekolah yang religius, 3) Faktor-faktor yang mendukung upaya guru PAI yakni motivasi dan dukungan penuh dari guru PAI, keterlibatan orang tua, lingkungan sekolah yang religius, serta keberadaan organisasi Rohis yang membantu pelaksanaan program. Adapun faktor yang menghambat strategi ini yakni pengaruh lingkungan luar sekolah yang kurang mendukung kebiasaan beribadah, serta padatnya kegiatan sekolah berupa tugas praktik, ekstrakurikuler, dan magang yang membuat siswa sulit beristiqamah dalam menjalankan puasa sunnah.


Keywords


Peran, Guru PAI, Puasa Sunnah

Full Text:

PDF

References


Adil, A. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori dan Praktik (Issue January). Get Press Indonesia. https://www.researchgate.net/profile/Moh-Rohman-3/publication/377329440_METODE_PENELITIAN_KUANTITATIF_DAN_KUALITATIF_TEORI_DAN_PRAKTIK_GET_PRESS_INDONESIA/links/65a0309740ce1c5902d51bc9/METODE-PENELITIAN-KUANTITATIF-DAN-KUALITATIF-TEORI-DAN-PRAKTIK-GET-PR

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Agustina, H., Alban, & Mulyadi, R. (2024). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Akhlak Mulia Peserta Didik SMK Negeri 2 Binjai. Pendidikan Sosial Humaniora, 2(2), 122–131. https://juridiksiam.unram.ac.id/index.php/juridiksiam%0A

Arham, M., & Muis, A. A. (2019). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Karakter Religius Peserta Didik Di Smk Muhammadiyah Parepare. Jurnal Al-Ibrah, VIII(September). http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/article/view/317%0Ahttp://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/article/download/317/274

Arif, S. (2022). Pembinaan Guru Pai Dalam Membiasakan Siswa Melaksanakan Shalat Berjamaah. Journal of Educational Research (JER), 1(02), 66–78. https://doi.org/10.26618/jtw.v3i01.1381

Asyari, F. (2019). Tantangan Guru Pai Memasuki Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Meningkatkan Akhlaq Siswa Di Smk Pancasila Kubu Raya Kalimantan Barat. Muslim Heritage, 4(2). https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v4i2.1779

Aziz, J., & Putra, R. S. T. (2025). PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN MULTIKULTURAL DALAM MENINGKATKAN INDEKS RELIGIUSITAS DI SMK MUHAMMADIYAH 1 TAMAN. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(03).

Fatmawati, S., & Jamal, N. A. (2022). Kendala-Kendala Kinerja Guru Era Covid 19 (Studi Analisis pembelajaran daring di SMK Al-Ma’arif Way Kanan). Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman, 8(1), 1–12.

Hadad, N., Qomariyah, S., Sofyan, W. N., & Suryana, T. (2025). Studi Kritis Bahan Ajar PAI Materi Mengenal Ketentuan Puasa Sunnah Kelas VI SD Negeri Riunggunung Kabupaten Sukabumi. Karakter : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(3).

Hafidz, A. (2023). Pemanfaatan Microsoft Powerpoint dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 6 Surakarta. 3, 6979–6986.

Hafidz, H. (2019). Konsep Pendidikan Keluarga Dalam Pemikiran Muhammad Thalib. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 170–196. https://doi.org/10.51468/jpi.v1i2.14

Hafidz, H., Faizatul Maslahah, Nurul Latifatul Inayati, & Wafa, M. C. A. (2023). Implementation of Behaviorism Theory in the Formation of Positive Behavior at Muhammadiyah 1 Middle School Kartasura. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sains Islam Interdisipliner, 2(4), 228–233. https://doi.org/10.59944/jipsi.v2i4.105

Hafidz, Novita Cahyani, M., Zakki Azani, M., & Latifatul Inayati, N. (2022). Implementasi Pendidikan Moral Dalam Membina Perilaku Siswa Di Sekolah. JIPSI: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sains Islam Interdisipiner, 02(1), 95–105. https://journal.amorfati.id/index.php/jipsi

Hasan, M., Warisono, A., Harahap, N., & Hidayati, N. M. (2022). Mustaqim Hasan, Andi Warisno, Nasruddin Harahap, Nurul Hidyati Murtafiah. An Naba: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Islam, 5, 34–54.

Hidayat, N., Wibowo, Y. R., & Salfadilah, F. (2024). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA SEKOLAH DASAR. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(1).

Komaruddin, K., & Majdi, A. L. (2021). Kaderisasi dan Regenerasi dalam Lingkungan Keluarga: Studi Analisis Tematik terhadap Ayat-ayat Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(2), 111–132.

Luthfil Hadi, M. W. H., & Shobahiya, M. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Disiplin Ibadah Siswa Melalui Organisasi Aktivis Markaz Islami (AMI) di SMAIT Nur Hidayah Sukoharjo. Iseedu : Of Islamic Education Thoughts and Practices, 7(2), 223–231.

Muhartini, M., Hitami, M., & Yusuf, K. M. (2022). Peran Guru Pai Dalam Meningkatkan Kualitas Akhlak Mengajar Perspektif Al-Qur’an Di Smp Negeri 4 Peranap. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(2), 341–350. https://doi.org/10.31004/jpion.v1i2.69

Muslih, I. (2018). Membangun Akhlaq Santri Melalui Kajian Kitab Ta’Limul Muta’Allim. Prosiding Seminar Nasional Islam Moderat, 1, 187–195.

Mz, S. R., Kurniawan, M. A., & Malihah, P. K. (2024). Peran Guru Fiqih dalam Pembinaan Ibadah Santri Putri Kelas 2 KMI di Pondok Pesantren Darussalam Bogor. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 10(3), 1125–1131.

Nurmainna, M, N., & Muthahharah, S. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Etika Beragama Siswa Di SMA Negeri 3 Polewali Mandar. Jurnal Kajian Islam Dan Sosial Keagamaan, 2(1), 143–150.

Putra, J., & Arwiba. (2025). Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Puasa Sunnah melalui Pendekatan Kontekstual di SDN 21 V Koto Kampung Dalam. Jurnal Studi Tindakan Edukatif, 1(4), 1082–1087.

Rohmah, N. (2018). Integrasi Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosi (EQ) Dan Kecerdasan Spiritual (SQ) Dalam Meningkatkan Etos Kerja. Tarbiyatuna, 3(2), 77–102.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v8i2.38285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.