Inovasi Pembelajaran Matematika: Modul Berbasis Etnomatematika Budaya Melayu Riau untuk Penalaran Matematis Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abi, A. M. (2016). Integrasi Etnomatematika Dalam Kurikulum Matematika Sekolah. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(1), 1–6.
Ajmain, Herna, & Masrura, S. I. (2020). Implementasi Pendekatan Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 12(1), 45–54.
Akbar, G. A. M., Diniyah, A. N., Akbar, P., Nurjaman, A., & Bernard, M. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran dan Self Confidence Siswa SMA dalam Materi Peluang. Journal On Education, 1(1), 14–21.
Aprilianti, Y., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMP pada Materi Segiempat dan Segitiga. Journal On Education, 01(02), 524–532.
Cimen, O. A. (2014). Discussing ethnomathematics : Is mathematics culturally dependent ? Procedia - Social and Behavioral Sciences, 152, 523–528. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.09.215
Dardiri, & Nuh, Z. M. (2016). Etnomatematika dalam sistem pembilangan pada masyarakat Melayu Riau. Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 220–238.
Fathonah, I. A., Mariani, S., & Sukestiyarno, Y. (2018). Kajian Konseptual Pembelajaran Berbasis Proyek Bernuansa Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Berbantuan Media Modul. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 356–364.
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.
Jati, S. P., Mastur, Z., & Asikin, M. (2019). Potensi Etnomatematika untuk Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 277–286.
Mardiah, S., Widyastuti, R., & Rinaldi, A. (2018). Pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika menggunakan metode inkuiri. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 119–126.
Marsigit, Condromukti, R., Setiana, D. S., & Hardiarti, S. (2018). Pengembangan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 20–38. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138.
Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan & Teknik. Yogyakarta: UNY Press.
Nuh, Z. M., Hasanah, N., & Hanafi, I. (2021). Kontruksi Matematika Berbasis Budaya Melayu : Sebuah Pendekatan Etnomatematika. NUSANTARA: Journal for Southeast Asian Islamic Studies, 17(2), 76–82.
Nurdin, E., Muhandaz, R., Fitri, I., Kurniati, A., & Irma, A. (2018). Aplikasi refleksi dalam motif tenun Melayu Riau. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 107–117. Pekanbaru: Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Riau.
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I) (Vol. 1). Paris: OECD Publishing.
Rahayu, R., Setyawan, A. A., & Wahyuni, P. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Kuliner Melayu Riau di Sekolah Dasar. AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 7(3), 18–24.
Ramadhan, I., & Warneri. (2023). Migrasi Kurikulum: Kurikulum 2013 Menuju Kurikulum Merdeka pada SMA Swasta Kapuas Pontianak. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume, 5(2), 751–758.
Ramadhani, Y. G., & Dewi, N. R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa Kelas VIII Materi SPLDV dengan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR). Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 500–506.
Rosa, M., & Orey, D. C. (2021). An Ethnomathematical Perspective of STEM Education in a Glocalized World Uma Perspectiva Etnomatemática para a Educação STEM em um Mundo Glocalizado. 840–876.
Sari, A., & Revita, R. (2022). LKS Matematika Berbasis Kontekstual Terintegrasi Budaya Melayu Riau untuk Siswa SMP/MTs di Pekanbaru. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3387–3401. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1869
Sofyana, U. M., & Kusuma, A. B. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pembelajaran Generative pada Kelas VII SMP Muhammadiyah Kaliwiro. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 2(2), 11–23. https://doi.org/10.30659/kontinu.2.1.14-29
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sunzuma, G., Maharaj, A., & Sunzuma, G. (2021). International Journal of Mathematical Education in Zimbabwean in-service teachers ’ views of geometry : an ethnomathematics perspective ethnomathematics perspective. (May). https://doi.org/10.1080/0020739X.2021.1919770
Ulya, H., & Rahayu, R. (2017). Pembelajaran Etnomatematika untuk Menurunkan Kecemasan Matematika. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 16–23. https://doi.org/10.26486/jm.v2i2.295
Ulya, H., & Rahayu, R. (2018). Uji Kelayakan Perangkat Pembelajaran Open-Ended Berbasis Etnomatematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 183–194. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.645
Utami, R. E., Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Sukarno, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 268–283. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.1458
Yolanda, Y. (2021). Pengembangan Modul Ajar Fisika Termodinamika Berbasis Kontekstual. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(03), 80–95. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i03.12
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v8i1.37319
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:

Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.