Inovasi Pembelajaran Matematika: Modul Berbasis Etnomatematika Budaya Melayu Riau untuk Penalaran Matematis Siswa

Serly Okta Ria, Erdawati Nurdin, Zulkifli M Nuh

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul ajar matematika berbasis budaya Melayu Riau untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa SMP. Desain penggembangan ADDIE digunakan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket dan tes. Hasil menunjukkan bahwa modul ajar valis, praktis dan efektif. Siswa lebih mudah memahami materi tabung karena dihubungkan dengan budaya mereka dan pembelajaran menjadi lebih bermakna. Integrasi budaya Melayu Riau dalam modul ajar yang dikembangkan terbukti meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Disarankan pengembangan modul ajar terintegrasi budaya untuk materi lainnya, digitalisasi modul juga bianjurkan agar lebih mudah diakses dan sesuai kebutuhan pembelajaran masa kini

Keywords


Etnomatematika; kurikulum merdeka; modul ajar; penalaran matematis; tabung

Full Text:

PDF

References


Abi, A. M. (2016). Integrasi Etnomatematika Dalam Kurikulum Matematika Sekolah. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(1), 1–6.

Ajmain, Herna, & Masrura, S. I. (2020). Implementasi Pendekatan Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 12(1), 45–54.

Akbar, G. A. M., Diniyah, A. N., Akbar, P., Nurjaman, A., & Bernard, M. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran dan Self Confidence Siswa SMA dalam Materi Peluang. Journal On Education, 1(1), 14–21.

Aprilianti, Y., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMP pada Materi Segiempat dan Segitiga. Journal On Education, 01(02), 524–532.

Cimen, O. A. (2014). Discussing ethnomathematics : Is mathematics culturally dependent ? Procedia - Social and Behavioral Sciences, 152, 523–528. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.09.215

Dardiri, & Nuh, Z. M. (2016). Etnomatematika dalam sistem pembilangan pada masyarakat Melayu Riau. Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 220–238.

Fathonah, I. A., Mariani, S., & Sukestiyarno, Y. (2018). Kajian Konseptual Pembelajaran Berbasis Proyek Bernuansa Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Berbantuan Media Modul. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 356–364.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Jati, S. P., Mastur, Z., & Asikin, M. (2019). Potensi Etnomatematika untuk Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 277–286.

Mardiah, S., Widyastuti, R., & Rinaldi, A. (2018). Pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika menggunakan metode inkuiri. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 119–126.

Marsigit, Condromukti, R., Setiana, D. S., & Hardiarti, S. (2018). Pengembangan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 20–38. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138.

Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan & Teknik. Yogyakarta: UNY Press.

Nuh, Z. M., Hasanah, N., & Hanafi, I. (2021). Kontruksi Matematika Berbasis Budaya Melayu : Sebuah Pendekatan Etnomatematika. NUSANTARA: Journal for Southeast Asian Islamic Studies, 17(2), 76–82.

Nurdin, E., Muhandaz, R., Fitri, I., Kurniati, A., & Irma, A. (2018). Aplikasi refleksi dalam motif tenun Melayu Riau. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 107–117. Pekanbaru: Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Riau.

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I) (Vol. 1). Paris: OECD Publishing.

Rahayu, R., Setyawan, A. A., & Wahyuni, P. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Kuliner Melayu Riau di Sekolah Dasar. AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 7(3), 18–24.

Ramadhan, I., & Warneri. (2023). Migrasi Kurikulum: Kurikulum 2013 Menuju Kurikulum Merdeka pada SMA Swasta Kapuas Pontianak. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume, 5(2), 751–758.

Ramadhani, Y. G., & Dewi, N. R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa Kelas VIII Materi SPLDV dengan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR). Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 500–506.

Rosa, M., & Orey, D. C. (2021). An Ethnomathematical Perspective of STEM Education in a Glocalized World Uma Perspectiva Etnomatemática para a Educação STEM em um Mundo Glocalizado. 840–876.

Sari, A., & Revita, R. (2022). LKS Matematika Berbasis Kontekstual Terintegrasi Budaya Melayu Riau untuk Siswa SMP/MTs di Pekanbaru. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3387–3401. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1869

Sofyana, U. M., & Kusuma, A. B. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pembelajaran Generative pada Kelas VII SMP Muhammadiyah Kaliwiro. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 2(2), 11–23. https://doi.org/10.30659/kontinu.2.1.14-29

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sunzuma, G., Maharaj, A., & Sunzuma, G. (2021). International Journal of Mathematical Education in Zimbabwean in-service teachers ’ views of geometry : an ethnomathematics perspective ethnomathematics perspective. (May). https://doi.org/10.1080/0020739X.2021.1919770

Ulya, H., & Rahayu, R. (2017). Pembelajaran Etnomatematika untuk Menurunkan Kecemasan Matematika. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 16–23. https://doi.org/10.26486/jm.v2i2.295

Ulya, H., & Rahayu, R. (2018). Uji Kelayakan Perangkat Pembelajaran Open-Ended Berbasis Etnomatematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 183–194. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.645

Utami, R. E., Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Sukarno, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 268–283. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.1458

Yolanda, Y. (2021). Pengembangan Modul Ajar Fisika Termodinamika Berbasis Kontekstual. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(03), 80–95. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i03.12




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v8i1.37319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.