Manajemen Peserta Didik berbasis Ketarunaan di Madrasah Aliyah Taruna Teknik Al-Jabbar

Indra Sakti Siagian, Muhammad Fadhli, Nurika Khalila Daulay

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem pengelompokan siswa dan pembinaan kedisiplinan di MA Taruna Teknik Al-Jabbar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap rekrutmen, MA Taruna Teknik Al-Jabbar menerapkan beberapa cara untuk menarik calon siswa, seperti sosialisasi melalui seminar, kunjungan ke sekolah, dan penyebaran informasi melalui media sosial. Proses seleksi dilakukan melalui seleksi administrasi, tes akademik, tes fisik dan mental, serta wawancara dengan orang tua dan calon siswa. Sistem pengelompokan siswa di MA Taruna Teknik Al-Jabbar didasarkan pada prestasi akademik, kemampuan teknis, karakter siswa, dan sikap disiplin. Namun, sistem ini menghadapi beberapa tantangan, seperti perbedaan latar belakang pendidikan siswa, dinamika kelompok yang sulit diprediksi, dan kesulitan dalam menjaga keseimbangan antara standar disiplin dan kebutuhan individu. Pembinaan kedisiplinan di MA Taruna Teknik Al-Jabbar dilakukan melalui berbagai program, yaitu program semi-militer, pembinaan karakter, program keagamaan, kegiatan ekstrakurikuler, Character Building Camp, dan Leadership Training Camp. Semua program ini bertujuan untuk membentuk kedisiplinan yang melibatkan aspek fisik, mental, dan pengembangan karakter siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang penerapan sistem pengelompokan siswa dan pembinaan kedisiplinan yang dapat diterapkan di lembaga pendidikan Islam lainnya.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v8i1.36757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.