Pengembangan Kurikulum Integratif: Al-Qur’an, Faraidh, dan Ilmu Sains/Teknologi
Abstract
Keywords
References
Adams, R. (2021). Can artificial intelligence be decolonized? Interdisciplinary Science Reviews, 46(1–2), 176–197. https://doi.org/10.1080/03080188.2020.1840225
Adhiguna, B., & Bramastia, B. (2021). Pandangan Al-Qur’an Terhadap Ilmu Pengetahuan Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Sains. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 138. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v10i2.57257
Bahri, W. S. (2025). Integrating Naqli and Aqli Science in Islamic Education : Toward a Comprehensive Learning Model. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 11(2), 82–96. https://doi.org/10.18860/jpai.v11i2.31447
Khozin, Haris, A., & Asrori. (2021). Pengembangan Integrasi Kurikulum. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 56–57. https://doaj.org/article/1e8aebf063e94d09a7eb93f04cf4b8fd
Lubis, M. A. (2015). Effective implementation of the integrated Islamic education. Global Journal Al-Thaqafah, 5(1), 59–68. https://doi.org/10.7187/gjat792015.05.01
Mahabatillah, K., Erhamwilda, & Agustin, M. (2024). Analisis pengembangan kurikulum merdeka dan implementasinya. Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 195–201. https://doi.org/10.29313/ga
Muhsin, M. A. (2022). Korelasi Sains Dan Teknologi Dalam Studi Islam. Risalah, 8(2), 826–837. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.18.4
Mujayyid, A., Tsanawiyah, M., & Sentul, L. (2024). Integrasi Ilmu Faraidh Ke Dalam Matematika Materi Bilangan Pecahan Jenjang Smp / Mts. Golden Age:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 345–355.
Permana, F. C., Sari, M. P., Sylviani, S., Sari, I. P., Firmansyah, F. H., & Rinjani, D. (2023). Pengenalan Computational Thinking Dalam Menghadapi Kurikulum Dengan Pembelajaran Abad XXI Bagi Guru Sekolah Dasar. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 12(2), 1–23.
Pratiwi, W., Hidayat, S., & Suherman, S. (2023). Kurikulum Merdeka Sebagai Kurikulum Masa Kini. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal, 10(1), 80–90. https://doi.org/10.62870/jtppm.v10i1.21407
Pribadi, R. A., Dzambiyah, A., Putri, A. O., & Rahmatin, V. S. (2024). Integrasi Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Persis. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 4(1), 12. https://doi.org/10.30659/jp-sa.v4i1.33821
Rizki, A. M., & Lessy, Z. (2024). Pendidikan Islam dalam Perspektif Hadist Tarbawi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5298–5302. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4476
Rozikin, A. Z., & Asror, A. (2024). Mendamaikan Agama Dan Sains : Telaah Pemikiran Teori Quantum Nidhal Guessoum. Instructional Development Journal (IDJ), 555–567.
Sahed, N., Sumadi, E., & Rangkuti, S. S. (2018). Pendekatan Rasional-Religius Dalam Pendidikan Islam. Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(01), 54. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v15i01.1138
Siregar, A., Haliza, S. N., Ritonga, A. A., & Darlis, A. (2022). Pendidikan Sains Dalam Al-Qur’an. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 6(2), 49. https://doi.org/10.30821/ansiru.v6i2.13974
Siron, Y. (2024). Integrating Islamic Values Into STEM Education: Perspectives From In-Service And Pre-Service Early Childhood Educators. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal.
Sugiyono, S., & Iskandar, I. (2021). Integrasi Sains dan Teknologi dalam Sistem Pendidikan Islam Menurut Pandangan Al-Qur’an. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 4(1), 127–144. https://doi.org/10.21093/sajie.v0i0.4102
Sulistyo, A., Suyadi, S., & Wantini, W. (2021). Problematika Pembelajaran Ilmu Faraidh di Tingkat SLTA Serta Alternatif Solusinya. Cahaya Pendidikan, 7(1), 25–36. https://doi.org/10.33373/chypend.v7i1.3288
Syafiqah Lubis, I., Ritonga, A. A., & Darlis, A. (2023). Kajian Pendidikan Teknologi dalam Perspektif Tafsir Al-Qur’an. Instructional Development Journal (IDJ), 5(3), 179–189. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/IDJ
Yuntawati, Y., Sanapiah, S., & Aziz, L. A. (2021). Analisis Kemampuan Computational Thinking Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Media Pendidikan Matematika, 9(1), 34. https://doi.org/10.33394/mpm.v9i1.3898
Zainiyati, H. S. (2014). Desain Pengembangan Kurikulum Integratif. Nadwa, 8(2). https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Nadwa/article/view/583/530
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v8i1.36340
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:

Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.