Integrasi Nilai Moderasi Beragama Pada Kurikulum PAI di Perguruan Tinggi Umum Kota Dumai
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Adolph, R. (2023). Moderasi Beragama Implementasi dalam Pendidikan, Agama dan Budaya Lokal. 1–23.
Dwi, Surya, Atmaja, Wahyu, & Nugroho, M. H. (2022). Diajukan Sebagai Pemenuhan Tugas Individu Mata Kuliah PPMDI Moderasi Beragama dalam Dunia Pendidikan.
Ilyas, I., H. Putera, G., & Muliardi, M. (2020). Nilai Pendidikan Islam Dalam Gurindam Dua Belas Karya Raja Ali Haji. Jurnal Ilmu Budaya, 16(2), 120–140. https://doi.org/10.31849/jib.v16i2.3706
Islam, J. P., Anwar, R. N., & Muhayati, S. (2021). PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MAHASISWA PERGURUAN TINGGI Keanekaragaman Indonesia meliputi agama , bahasa , suku , tradisi , adat budaya , dan warna kulit ( Azizah and Purjatian , 2015 ). Keanekaragaman yakni bersikap adaptif , insklusif dan toleran tersebu. 12(1), 1–15.
Ismail, M., Ushuluddin, F., Iain, D., Ushuluddin, F., & Iain, D. (2022). Pemahaman Moderasi Beragama dan Sikap Mahasiswa terhadap Intoleransi Sosial. 78–87.
Jayinto, J. J. (2023). Moderasi beragama Untuk Pelayanan Pendidikan dan Keagamaan. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah FDIK IAIN Padangsidimpuan, 4(2), 209–222. https://doi.org/10.24952/tadbir.v4i2.4487
Kustati, M., Ritonga, M., Perrodin, D. D., & Junaidi, A. (2022). Religious Education for Schools Within Conflict-Prone Zones : An Inclusive Multicultural Approach. 3(3), 412–421. https://doi.org/10.46843/jiecr.v3i3.127
Kustati, M., Sepriyanti, N., & Kurnia, A. (2024). E-ISSN : 2792-0876 Rekonstruksi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Nilai-Nilai Moderasi Beragama : Tinjauan Literatur. 5(2), 332–350. https://doi.org/10.37274/mauriduna.v5i2.1194
Mardiah, N. I. (2024). Pendidikan Nilai Falsafah Maja Labo Dahu terhadap Penguatan Moderasi Beragama melalui Mata Kuliah Al- Islam dan Kemuhammadiyahan. 5(2), 6143–6162.
Muaz, M., & Ruswandi, U. (2022). Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 3194–3203. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.820
Muliadi. (2022). PERSEPSI MAHASISWA TENTANG MODERASI BERAGAMA (Studi Kuantitatif Persepsi Mahasiswa tentang Moderasi Beragama di Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan). Stain Madina, 1–6. https://www.stain-madina.ac.id/
Muslim, M., Arifin, M., & others. (2024). Pengembangan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 7(1), 74–91.
Muslimah, K., Satibi, I., Sabarudin, S., & Farhati, F. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran Peradaban Islam Fakultas Bisnis Islam Syariah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 2071–2082. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.548
Mustafidah. (2021). Gambara Pemahaman Terhadap Konsep Moderasi Beragama Di Kalangan Mahasiswa PRODI STUDI AGAMA-AGAMA UIN Walisongo Semarang. Pharmacognosy Magazine, 75(17), 399–405.
Naeem, M., Ozuem, W., Howell, K., & Ranfagni, S. (2023). A Step-by-Step Process of Thematic Analysis to Develop a Conceptual Model in Qualitative Research. International Journal of Qualitative Methods, 22(October), 1–18. https://doi.org/10.1177/16094069231205789
Naim, N., & Huda, Q. (2021). Pendekatan Interdisipliner dalam Studi Hukum Islam Perspektif M. Atho Mudzhar. Al-Istinbath: Jurnal Hukum Islam, 6(1), 41–56. https://doi.org/10.29240/jhi.v6i1.2253
Najib, K. H., Hidayatullah, A. S., & Widayat, P. A. (2022). Upaya Membangun Sikap Moderasi Beragama Mahasiswa melalui Pembelajaran Agama Islam Berbasis Masalah. Tarbawiyah : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(2), 107. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v6i2.5492
Nasihin, H., & Setyawati, Y. (2024). Peran kyai dalam pendidikan moderasi beragama pada keluarga beda agama di dusun malatan desa bansari kecamatan bansari. 4.
Nisar. (2022). Pemahaman Moderasi Beragama dan sikap Mahasiswa Sosiologi Agama terhadap Intoleransi Sosial IAIN Parepare. Skripsi IAIN Parepare, 33(1), 114. http://repository.iainpare.ac.id/4713/1/18.3500.023.pdf
Patih, A., Nurulah, A., & Hamdani, F. (2023). Upaya Membangun Sikap Moderasi Beragama Melalui Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Kewarganegaraan Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Umum. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(001 (Special Issue 2023)), 1387–1400. https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.6139
Purwanto, Y., Ma, diyah, Fauzi, R., & Diterima, N. (2019). 16640 3 Pusat Penelitian dan Pengembangan Kementerian Agama RI. Jl. Setu, Leuwimekar, Kec. Leuwiliang, 17(2), 110–124. http://jurnaledukasikemenag.org
Rochmah, U. A. (2023). Studi Analisis Integrasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Buku Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas II Sekolah Dasar Edisi Revisi Tahun 2017 Study of Analysis the Integration of Religious Moderation Values in 2017 Revised Edition Teaching. 6(1), 130–150. https://doi.org/10.22373/jie.v6i1.16386
Sabriadi HR. (2023). Integrasi Moderasi Beragama Sebagai Hidden Curriculum Dalam Pengembangan Kurikulum Di Perguruan Tinggi Agama. Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(4), 42–55.
Saefuddin, A., Sumarna, C., & Rozak, A. (2023). Nilai-Nilai Moderasi Beragama dan Implementasinya Dalam Pendidikan Agama Islamdi Abad 21. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2023(6), 11–17. https://scholar.google.com/citations?user=7WwjyqYAAAAJ&hl=id&oi=sra
Sari, D. I., Darlis, A., Silaen, I. S., Ramadayanti, R., & Tanjung, A. A. A. (2023). Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam di Indonesia. Journal on Education, 5(2), 2202–2221. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.873
Suryadi, R. A., Beragama, M., Islam, P. A., Pembelajaran, I., Islam, P., & Moderat, S. (2022). TAKLIM : Jurnal Pendidikan Agama Islam Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Agama. 20(1), 1–12.
Suryanto, D. (2023). Internalisasi Nilai moderasi beragama pada Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Kota Dumai.Disertasi,161. https://repository.uin-suska.ac.id/71718/%0Ahttp://repository.uin-suska.ac.id/71718/2/Disertasi Deni Suryanto.pdf
Wahid, A. (2024). Moderasi Beragama dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam: Implementasi dalam Pendidikan Multikultural di Indonesia. Scholars, 2(1), 29–36. https://doi.org/10.31959/js.v2i1.2367
Yuliasari, Y., & Syaripudin, E. I. (n.d.). Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi. 941–960.
Zainuddin, M. (2018). Mekanisme Lembaga Adat Melayu Riau dalam Melestarikan Wisata Budaya di Provinsi Riau. Jurnal Agregasi : Aksi Reformasi Government Dalam Demokrasi, 6(1). https://doi.org/10.34010/agregasi.v6i1.613
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i3.35355
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.