Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru
Abstract
References
Anderson, D.W., Vault, V.D. & Dickson, C.E. 1999. Astika, Y. W., Fitriyani, F., & Burhanuddin, B. (2020). IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 13 TAHUN 2007 TENTANG STANDAR KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH. CERMIN: Jurnal Penelitian, 4(2). https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v4i2.769
Badarwan, B., & Rustang, R. (2021). Strategi Pengembangan dalam Pengelolaan Sekolah. Shautut Tarbiyah, 27(1). https://doi.org/10.31332/str.v27i1.2941
BPK. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007. Combustion Science and Technology, 21(5–6).
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1). https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Fattah, N. (2017). INDIKATOR KEMANDIRIAN PEMBIAYAAN SEKOLAH. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 5(1). https://doi.org/10.32729/edukasi.v5i1.273
Fauzi, A. (2021). MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH. JIEM (Journal of Islamic Education Management), 5(2). https://doi.org/10.24235/jiem.v5i2.9107
Gallegas, A. (2018). Penelitian Deskriptif Kuantitatif. Penelitian Deskriptif Kuantitatif.
Habibullah, N. (2023). Manajemen pendidikan karakter pada kurikulum merdeka belajar. At-Ta’lim, 5(1).
Hafsah M. Nur, & Nurul Fatonah. (2023). Paradigma Kompetensi Guru. Jurnal PGSD UNIGA, 2(1).
Handoko. (2021). MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DI ERA 5.0 Handoko. Prosiding Fakultas Agama Islam; Universitas Dharmawangsa.
Jannah, S. N., & Sontani, U. T. (2018). SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN SEBAGAI FAKTOR DETERMINAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1). https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9457
Julaiha, S. (2019). Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3). https://doi.org/10.21093/twt.v6i3.1734
Mamonto, I., Rivai, B., & Ardianto. (2019). Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Man 1 Kotamobagu. Journal of Islamic Eductaion Policy, 4(2).
Melina, A. (2021). PENGARUH MANAJEMEN KEUANGAN MAHASISWA DAN SARANA PRASARANA PEMBELAJARAN TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN DI STKIP YPM …. Ekopendia.
Mohtar, M., & Manan, B. (2014). Leadership Characteristics of Excellent Headmaster. Journal of Education and Practice, 5(23).
Moleong, J. L. (2020). metodologi penelitian kualitatif J lexy Moleong. Jurnal Ilmiah.
Nurchaeni, S., Wuryandini, E., & Miyono, N. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1381
Nursaid. (2020). THE LEADERSHIP OF HEADMASTER IN IMPROVING THE QUALITY OF MADRASA EDUCATION. Jurnal Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.15575/jpi.v6i1.3410
Olivia. (2011). Landasan Teori Minat Belajar. MinallBelajar, 2(1).
Putra, J., & Hendriani, S. (2023). Manajemen Kepemimpinan dalam Berbagai Kegiatan Managerial dan Keterampilan Kependidikan. DIRASAH, 6(2).
Rifki Solana, M., & Mustika, D. (2023). Peran Kepala Sekolah Sebagai Leader dalam Pendidikan. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.231
Rijali, A. (2019). ANALISIS DATA KUALITATIF. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33). https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Rosadi, T. (2021). MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SEKOLAH. Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Sosial, 5(1). https://doi.org/10.33507/cakrawala.v5i1.287
Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1). https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Selvi, K. (2010). Teachers’ competencies. Cultura. International Journal of Philosophy of Culture and Axiology, Vol. 7. https://doi.org/10.5840/cultura20107133
Sirait, J. (2020). The Commitment of a Headmaster Leadership of Learning to Improve the Quality of Education. Jurnal Mantik, 4(2).
Sitompul, B. (2022). Kompetensi Guru dalam Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3). https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4823
Somantri, F. I., & Endaryono, B. T. (2021). Implementasi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru untuk Meningkatkan Kualitas Hasil Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 1(2). https://doi.org/10.47467/dawatuna.v1i2.489
Taofik, A. (2021). LEMBAGA PENDIDIKAN DI INDONESIA. Indonesian Journal of Adult and Community Education, 2(2). https://doi.org/10.17509/ijace.v2i2.30874
Toom, A., Pyhältö, K., Pietarinen, J., & Soini, T. (2021). Professional agency for learning as a key for developing teachers’ competencies? Education Sciences, 11(7). https://doi.org/10.3390/educsci11070324
Yudhiati, T., Nyoman Murniati, N. A., & Miyono, N. (2022). EFEKTIVITAS KETERAMPILAN MANAGERIAL KEPALA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 13(1). https://doi.org/10.31942/mgs.v13i1.6523
Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. JOURNAL OF SCIENTIFIC COMMUNICATION (JSC), 1(1). https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i3.32879
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.