Strategi Guru Tahfidz dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur'an di SD Islam Terpadu Al Fikri Kampung Pajak
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui strategi guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al Qur'an peserta didik SDIT Al Fikri kampung pajak Labuhanbatu Utara Tahun Ajaran 2023/2024 (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat strategi guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al Qur'an peserta didik SDIT Al Fikri kampung pajak Labuhanbatu Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan. Hasil dari penelitian yang dilakukan; (1) strategi guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al Qur'an peserta didik yaitu menggunakan metode tiqror, metode talaqqi dan metode tasmi '. (2) Faktor pendukung dalam penerapan strategi guru tahfidz terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari diri peserta didik itu sendiri berupa minat, bakat dan kecerdasan dalam menghafal Al Qur'an. Faktor eksternal berasal dari luar diri peserta didik yaitu lingkungan sosial di sekitar peserta didik, motivasi guru, dorongan dari orang tua dan tempat menghafal. Faktor penghambat dalam penerapan strategi guru tahfidz adalah kurangnya minat peserta didik dalam menghafal Al Qur'an, peserta didik yang belum bisa membaca Al Qur'an, dan pengaruh teman atau kelompok dalam menghafal Al Qur'an.
Keywords
References
Aprison, W. R. & W. (2022). Urgensi Pembelajaran Tahfidz Al- Qur ’ an di Era 4.0. Jurnal Pendidikan Tambusa, 6(2), 13163–13171.
Aziz, M & Nasution, Z. (2020). Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an: Memaksimalkan Pendidikan Islam Melalui Al-Qur’an. Cv. Pusdikra MJ.
Aziz, M at al. (2024). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL- QUR ’ AN TELUK PULAI DALAM KUALUH LEIDONG. GENERASI EMASJurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(1), 103–115.
Astutik, P., & Hariyati, N. (2021). Peran Guru dan Strategi Pembelajaran Dalam Penerapan Keterampilan Abad 21 Pada Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(3), 621.
Badruzaman, D. (2019). Metode Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Miftahul Huda II Kabupaten Ciamis. Jurnal Kaca Jurusan Ushuluddin STAI AL FITHRAH, 9(2), 80–97.
Basri, H. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 1 Yogyakarta. Jurnal Murobbi Ilmu Pendidikan, Vol. 7(1), 44. https://doi.org/https://doi.org/10.52431/murobbi.v7i1.1486
Basri, H., dkk. (2023). Implementation of 21st Century Learning in the Independent Learning Curriculum at SD IT Islamic Center Deli Serdang. Education: Jurnal Ilmaih Pendidikan, 1(2), 12.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab I Pasal 1. Zitteliana, 18(2).
Hidayatulloh, M. D. (2023). Makna Al-Qurán Secara Umum dan Kedudukannya sebagai Sumber Ilmu Pengetahuan. SETYAKI : Jurnal Studi Keagamaan Islam, 1(1), 18–28. https://doi.org/10.59966/setyaki.v1i1.5
Jaedi, M. (2019). Pentingnya Memahami Al-Qur’an dan Ilmu Pengetahuan. Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(1), 62–70. https://doi.org/10.5281/zenodo.2618950
Matthew B. Miles, A. M. H. dan J. S. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. Sage Publication, Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press,.
Napitupulu, D. S. (2019). Tanggung Jawab Pendidikan Menurut Alquran. TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 5(1), 25–38. https://doi.org/10.24952/tazkir.v5i1.1509
Napitupulu, D. S. (2021). Modernisasi Pendidikan Islam: Pengalaman Lembaga Pendidikan Al-Ittihadiyah. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 3(3), 41–56. https://doi.org/10.51178/jetl.v3i3.275
NMD Kristanyani et al. (2020). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA SMA NEGERI 4 DENPASAR. Jurnal Pendidikan IPS Indonesi, 4(2), 53. https://doi.org/10.23887/pips.v4i2.3379
Nasution, M. K. (2019). Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 1(9), 9–16.
Qur’ani, M. N., Basri, H., & Hasibuan, H. R. (2023). Problematics of Implementing the Independent Learning Curriculum in Learning Islamic Religious Education At SMA Negeri 12 Medan. Jurnal Ilmiah Didaktika, 24(1), 1–23.
Robbani, A. S & AHaqqy, A. M. (2021). MENGHAFAL AL-QUR’AN (Metode, Problematika, dan Solusinya, Sembari Belajar Bahasa Arab). Mujahid Press.
Romdhoni, M. A., dkk. (2023). Challenges of implementing the independent curriculum in Islamic Religious Education learning at SMP Negeri 24 Medan. Tarbawy: Indonesian Journal of Islamic Education, Vol. 10(2), 115.
Sholeh. (2016). Konsep Pendidikan Islam yang Ideal: Upaya Pembentukan Keperibadian Muslim. Jurnal Al-Hikmah, 13(1), 52.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Tamlekha, T. (2021). Al Qur’an Sebagai Sumber Ilmu Pengetahuan. Basha’Ir: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Tafsir, 1(2), 105–115. https://doi.org/10.47498/bashair.v1i2.844
Tolani, S., Ritonga, M., & Rahmi, R. (2021). Strategi Guru Tahfiz Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Quran Peserta Didik Sekolah Dasar Islam Terpadu Cahaya Madani Kecamatan Lubuk Sikaping. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 11(2), 99–107.
Ulfa, M., & Saifuddin. (2018). Terampil Memilih Dan Menggunakan Metode Pembelajaran. Suhuf, 30(1), 35–56. https://r.search.yahoo.com/_ylt=Awr1QbhxdwpkzDIAWfDLQwx.;_ylu=Y29sbwNzZzMEcG9zAzEEdnRpZAMEc2VjA3Ny/RV=2/RE=1678436337/RO=10/RU=https%3A%2F%2Fjournals.ums.ac.id%2Findex.php%2Fsuhuf%2Farticle%2Fdownload%2F6721%2F4066/RK=2/RS=HZL9IIqfERa8J__i5dlmiKx0ieg-
Urfa, C. I & Muflich, M. F. (2024). Strategi Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Pada Peserta Didik di MTs Ihyaul Ulum Dukun Gresik. Akademika, 18(1), 23.
Yanggo, H. T. (2016). Al-Qur’an Sebagai Mukjizat Terbesar. Waratsah, Vol. 1(2), 2.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i3.32149
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.