Implementasi Tuntas Baca Tulis Al-Qur’An (TBTQ) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’An Hadits Siswa di MTs. Swasta Ira Medan
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi tuntas baca tulis Al-Qur’an, hambatan dan tantangan, dan evaluasi tuntas baca tulis Al-Qur’an siswa dalam meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa di MTs. S. IRA Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data, melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan trianggulasi dan member croscheck. Hasil yang diperoleh dari penelitian di MTs. Swasta IRA Medan ini adalah bahwa 40% siswa belum bisa membaca dan menuliskan Al-Qur’an dengan baik, dan 60 % siswa yang sudah mampu membaca, bahkan di tahap menghafal juz 30 Al-Qur’an dan sudah bisa menuliskan huruf Arab dengan rapi dan indah berbentuk Al-Khot atau Kaligrafi. Dengan demikian, dari perolehan data ditemukan bahwa hasil nilai baca tulis Al-Qur’an ini dapat membantu memperbaiki nilai Al-Qur’an Hadits siswa di MTs. Swasta IRA Medan.
TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBackKeywords
Full Text:
PDFReferences
Adnan Gunawan, & Nan Rahminawati. (2024). Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Quran (BTAQ) dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Quran Siswa Kelas VIII di SMP Al-Falah Dago Bandung. Bandung Conference Series: Islamic Education, 4(1), 160–167. https://doi.org/10.29313/bcsied.v4i1.11486
Aman, M. (2021). Bahasa Arab Dan Bahasa Al-Qur’an. Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan Tadarus Tarbawy, 3(1). https://doi.org/10.31000/jkip.v3i1.4256
Andayani M et al. (2021). Pengaruh Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di MTs. Mathla’ul Anwar Sukaluyu Kecamatan Nanggung. Jurnal Attabituna, 1(1), 12.
Aprilia. (2023). Strategi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur`An Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Al-Qur`an Pada Siswa SMP Swasta PAB 2 Helvetia. Educate: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1).
Azizah, Y. (2022). Efektifitas Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Dalam Peningkatan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Kelas Iv Di Mi Miftahul Jannah Cijantung. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(2), 164. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i2.7202
Dwijayanto, D. (2018). Evaluasi Program Baca Tulis Al-Qur’an Menggunakan Model CIPP Di SMPN 7 Rejang Lebong. 11–16. http://e-theses.iaincurup.ac.id/228/1/EVALUASI PROGRAM BACA TULIS AL-QUR’AN MENGGUNAKAN MODEL CIPP DI SMPN 7 REJANG LEBONG.pdf
Hajijah; Marhan Hasibuan; Usmaidar. (2020). Implementasi Program Baca Tulis Al-Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII MTS Negeri 1 Langkat. Invention: Journal Research and Education Studies, 1(1), 33–43.
Harlina dan Muhammad Effendi. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di Sekolah Menengah Kejuruan Islami Al Fatah. AL JAMI: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan Dan Dakwah, 18(1), 4.
Hidayah, A. R., Hanifiyah, F., & Zahro’, F. (2022). Implementasi Program Bta (Baca Tulis Al Qur’an) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an Santri. FAJAR Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 109–125. http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/FAJ/article/view/1382
Lahmi, A., Rasyid, A., & Jummadillah, J. (2020). Analisis Upaya, Faktor Pendukung dan Penghambat Pembelajaran Alquran dan Hadis di Madrasah Tsanawiyah Kota Padang, Sumatra Barat, Indonesia. DAYAH: Journal of Islamic Education, 3(2), 213. https://doi.org/10.22373/jie.v3i2.7086
Muhammad Nasib Ar Rifai. (1999). Tafsir Ibnu Katsir. Gema Insani.
Nisa, W. T., Dina, L. N. A. B., & Afifulloh, M. (2023). Implementasi Program Tuntas Baca Tulis Al-Qur’an (Tbtq) Plus Dalam Pembelajaran Pai Dan Budi Pekerti Di Sekolah Dasar. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 1–10.
Observasi. (2024). Dilingkungan Sekolah MTs Swasta Ira Medan.
Prasmanita, D., Khamid, A., Zamroni, A., & Nasitoh, O. E. (2020). Attractive : Innovative Education Journal. Attractive : Innovative Education Journal, 2(2), 46.
RI, K. A. (2015). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Al-Hadi Media Kreasi.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
UMar Sidiq. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. CV. Nata Karya.
Wawancara. (2024). dengan Bapak M.E.S. Guru Al-Qur’an Hadits di MTs. IRA Medan.
Wawancara. (2024). dengan S.A. Siswa Kelas VIII di MTs. IRA Medan.
Wawancara. (2024). dengan K.M.D. Siswa kelas VIII di MTs. IRA Medan.
Winata, A., Fajrussalam, H., Syah, M., Erihadiana, M., Islam, U., Sunan, N., & Djati, G. (2020). Peningkatan Kemampuan Peserta Didik Terhadap Baca Tulis Al-Qur ’ an Melalui Guru Pendidikan Agama Islam. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 90–100. https://doi.org/10.18860/jpai.v6i2.8035
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i2.31724
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.