Signifikansi Literasi Digital dan Pemanfaatan Perpustakaan terhadap Minat Baca Siswa XI IPS di MAN 1 Dumai

Windayani Windayani, Rizal Akbar, Mutiara Zakia

Abstract


Minat baca di Indonesia masih rendah, dengan peringkat Indonesia ke-70 dari 80 negara dalam survei PISA 2022. Menanggapi masalah tersebut, penelitian ini mengevaluasi pengaruh literasi digital dan pemanfaatan perpustakaan terhadap minat baca siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Dumai. Menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional, penelitian melibatkan 78 siswa yang dipilih secara acak, dengan data dianalisis menggunakan regresi berganda di SPSS 21.0. Hasil menunjukkan bahwa literasi digital dan pemanfaatan perpustakaan berdampak signifikan dan positif terhadap minat baca, menyumbang 71,3% varian, dengan pemanfaatan perpustakaan sebagai faktor dominan (70,3%). Studi ini menyarankan peningkatan kemampuan literasi digital dan akses perpustakaan untuk meningkatkan minat baca siswa

Full Text:

PDF

References


Ama, R. G. T. (2020). Membangun minat baca pada siswa sekolah dasar. In CV : Pena Persada.

Anderson, D.W., Vault, V.D. & Dickson, C.E. 1999. Problems and Prospects for the Decades Ahead: Competency Based Teacher Education. Berkeley: McCutchan Publishing Co.

Ary, D., Jacobs, L.C. & Razavieh, A. 1976. Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. 1982. Surabaya: Usaha Nasional.

Hitchcock, S., Carr:, L. & Hall, W. 1996. A Survey of STM Online Journals, 1990—1995: The Calm before the Storm, (Online), (http://journal.ecs.soton.ac.uk/survey/survey.html, diakses 12 Juni 1996).

Jawa Pos. 22 April, 1995. Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, hlm. 3.

Kansil, C.L. 2002. Orientasi Baru Penyelenggaraan Pendidikan Program Profesional dalam Memenuhi Kebutuhan Dunia Industri. Transpor, XX (4):57—61

kementrian agama republik indonesia. (2022). al-quran kemenag. Layanan Kemenag.

Lestari, I. A., & Harisuna, N. R. (2019). Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran Siswa terhadap Minat Baca Siswa. Literature Review, 8(12).

Makmara. Thontjie. 2009. Tuturan Persuasif Wiraniaga dalam Berbahasa Indonesia: Kajian Etnografi Komunikasi. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

PISA 2022 Results (Volume I). (2023). OECD.

Pitunov, B. 13 Desember, 2002. Sekolah Unggulan ataukah Sekolah Pengunggulan? Majapahit Pos, hlm. 4 & 11.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1978. Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: Depdikbud.

Saukah, A. & Waseso, M.G. (Eds.). 2002. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah (Edisi ke-4, cetakan ke-1). Malang: UM Press.

Setyaningsih, R., & Penerbit Pena Persada, Mp. C. (n.d.). Manajemen Perpustakaan Sekolah.

Simbolon, M. E., Marini, A., Nafiah, M., & Jakarta, U. N. (2022). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2).

Russel, T. 1998. An Alternative Conception: Representing Representation. Dalam P.J. Black & A. Lucas (Eds.), Children’s Informal Ideas in Science (hlm. 62-84). London: Routledge.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2004. Malang: Angkasa.

Waseso, M.G. 2001. Isi dan Format Jurnal Ilmiah. Makalah disajikan dalam Seminar Lokakarya Penulisan Artikel dan Pengelolaan Jurnal llmiah, Universitas Lambungmangkurat, Banjarmasin, 9—11 Agustus.

Widiati, Utami. 2008. PembelajaranMembaca-Menulis melalui Buddy Journals untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris. Jurnal Bahasa dan Seni. (Online), Tahun 36, Nomor 2, Agustus 2008 (http://sastra.um.ac.id, diakses 3 Februari 2010).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i1.31684

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.