Optimalisasi Nava Dhammasekha: Strategi Pemberdayaan di Desa Beting, Kecamatan Rangsang Pesisir

Hosan Hosan, Sonika Sonika, Rida Jelita, Irawati Irawati, Rohani Rohani

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan potensi dan strategi pengembangan Dhammasekha dalam membentuk sumber daya manusia yang sesuai dengan nilai- nilai keagamaan Buddha. Sekolah Dhammasekha sebagai implementasi Peraturan Menteri Agama Nomor 39 Tahun 2014 tentang Pendidikan Keagamaan Buddha. Mulai jenjang Nava Dhammasekha(PAUD) sampai Uttama Dhammasekha(SMA/SMK), dengan desain penelitian gabungan kuantitatif dan kualitatif studi kasus, narasumber responden dari unsur Kemenag, tokoh masyarakat, kepala, guru Nava Dhammasekha,orangtua murid dipilih berdasarkan purposive sampling. Analisis data dengan interactive model (Miles and Huberman,1994), keabsahan data dengan validasi triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nava Dhammasekha Kasih Maitreya berpotensi untuk pengemabangan pendidikan keagamaan dengan strategi pengelolaan Sekolah dengan baik, ditemui keterbatasan dari aspek sarana prasarana, guru, dana, dan sumber lainnya, karena sekolah pada dasarnya adalah sebuah pengabdian kepada masyarakat, melayani para pembelajar dan anak bangsa. Dalam pelaksanaan strategis jangka pendek dan panjang dirumuskan dengan baik melalui Visi, misi, tujuan, dan sasaran(VMTS) Dhammasekha, karena Nava Dhammasekha terletak di daerah 3 T, daerah terpencil, dengan transportasi terbatas perlu kerjasama dengan pihak pemerintah setempat untuk pengembangannya

Full Text:

PDF

References


Akdon. (2009). Strategic Management for Educational Management. Alfabeta.

Arikunto, S. (1993). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (edisi revisi II, Cetakan Kesembilan). Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Burhan Bungin. (2012). Penelitian Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Kencana Prenada Media Group.

Butuner, H. (2016a). Case studies in strategic planning. CRC Press.

Butuner, H. (2016b). Systematic strategic planning : a comprehensive framework for implementation, control, and evaluation. CRC Press,.

Creswell, J. W. (n.d.). QUALITATIVE Choosing Among Five Approaches.

Dewi, M. P. (2020). Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Dhammasekha Saddhapala Jaya Kabupaten Temanggung. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 6(1), 105–116. https://doi.org/10.53565/pssa.v6i1.159

Dewi, M. P. (2021). Budaya Organisasi Dhammasekha Saddhapala Jaya sebagai Lembaga Pendidikan Nonformal Agama Buddha. Dewi, Metta Puspita, 15(1), 145–161. https://doi.org/10.30957/cendekia.v15i1.669.agar

Henry Mintzberg. (2007). Tracking Strategies, Toward A General Theory. Oxford University Press.

L.Wheelen., D. H. & T. (2003). Strategic management (5th ed.). Andi Yogyakarta.

Miles, M., & Huberman, M. (1994). Qualitative data analysis : an expanded sourcebook / Matthew B. Miles, A. Michael Huberman. (p. 338).

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja. Nawawi, H. (2005). Manajemen Strategi. Gadjah Mada Pers.

Nourlette, R. R., & Hati, S. W. (2017). Determination of Strategy with Analysis Approach in Business Competition. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 5(1), 82.

Radjab, H. A. R. R. & E. (2017). Manajemen Strategi. Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (mixed Methods)

(edisi 3). Alfabeta.

Sulani, P., Amiro, T., Waluyo, Warsito, & Weni, S. K. (2019). Panduan Penyelenggaraan Pendidikan Agama Berbasis Desa. Kementerian Agama Republik Indonesia Badan Penelitian Dan Pengembangan, Pendidikan Dan Pelatihan Balai Penelitian Dan Pengembangan Agama Jakarta.

Tantra, M. W., Setiawan, E., Isyanto, I., & ... (2022). Potensi Pemberdayaan Ekonomi Umat Buddha di Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. … Buddha Dan Ilmu …, 08(2), 75–86. https://doi.org/10.53565/abip.v8i2.526

Tzu Kuang, W. (2015). The Survival Path Of Humanity. Tzu Kuang Publisher.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i1.31487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.